Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Syarat Pasang Listrik Bisnis 2021

Syarat Pasang Listrik Bisnis 2021

Syarat Pasang Listrik Bisnis 2021 – Setiap hunian tentunya membutuhkan listrik sebagai sumber pasokan energi utama sehari-hari terutama bagi rumah yang baru dibangun. Bahkan listrik kerap disebut sebagai kebutuhan pokok keempat setelah sandang, pangan serta papan.

Tidak hanya warga di kota-kota terpencil, warga kota besar juga terkadang membutuhkan pemasangan listrik dari PLN. Biasanya orang-orang tersebut baru saja selesai membangun rumah atau toko serta tempat usaha lainnya sehingga membutuhkan penyambungan energi listrik.

Berbicara mengenai tempat usaha atau bisnis, pemasangan listrik PLN untuk golongan tersebut juga memiliki beberapa ketentuan. Salah satu ketentuan yang harus pelanggan penuhi yaitu melengkapi serta mematuhi semua syarat pemasangan listrik untuk golongan bisnis.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan permohonan pasang listrik baru, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja syarat pengajuannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai syarat pasang listrik bisnis 2021 beserta prosedur pengajuannya.

Apa Itu Listrik Bisnis

Apa Itu Listrik Bisnis

Sebelum membahas syarat pasang listrik bisnis 2021 lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu definisi pelanggan bisnis. Pelanggan yang termasuk ke dalam golongan tarif bisnis yaitu pelanggan yang sebagian atau seluruh tenaga listrik dari PLN dimanfaatkan untuk salah satu atau beberapa kegiatan seperti di bawah ini.

  • Usaha jual beli barang, jasa ataupun perhotelan.
  • Usaha perbankan.
  • Usaha perdagangan ekspor maupun impor.
  • Kantor PT, CV, Firma ataupun badan hukum/perorangan yang bergerak di bidang usaha perdagangan.
  • Usaha badan hukum atau perorangan dalam bidang penjualan barang atau jasa.
  • Usaha-usaha lainnya yang berkecenderungan komersial seperti praktek dokter dan lain sebagainya.

Syarat Pasang Listrik Bisnis 2021

Syarat Pasang Listrik Bisnis

Sebenarnya syarat pemasangan listrik golongan bisnis juga hampir sama seperti golongan-golongan listrik lainnya. Tentunya semua persyaratan tersebut harus dipenuhi semua pemohon pemasangan listrik PLN. Adapun beberapa syarat pasang listrik bisnis 2021 diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Fotokopi kartu identitas pemohon seperti KTP atau SIM.
  • Denah lokasi rumah untuk mempermudah survei lapangan.
  • Nomor HP atau nomor telepon pemohon.
  • Email aktif pemohon.
  • NPWP pribadi.
  • Surat kuasa apabila pengajuan permohonan pasang listrik bari tidak dilakukan oleh pemilik.
  • Melunasi semua tagihan penyambungan listrik bisnis.

Cara Pasang Listrik Bisnis 2021

Setelah memenuhi semua syarat pasang listrik bisnis 2021, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengajukan permohonannya. Saat ini pihak PLN semakin memudahkan pelanggan dalam memasang listrik baru yaitu dengan menghadirkan pendaftaran pengajuan secara online. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik cara pasang listrik bisnis baru berikut ini.

1. Mendaftar Online

Mendaftar Online

Langkah pertama yaitu melakukan pendaftaran pasang listrik bisnis bari secara online melalui website resmi PLN. Pada pada halaman utama website resmi tersebut, silahkan pilihlah menu Pasang Baru.

2. Mengisi Formulir Pemasangan Listrik

Mengisi Formulir Pemasangan Listrik

Setelah setuju dengan semua syarat pasang listrik bisnis 2021, selanjutnya kalian diminta untuk mengisi formulir permohonan pasang baru listrik. Isi semua data pelanggan dengan lengkap mulai dari nama hingga alamat rumah.

3. Mengisi Data Pemohon

Mengisi Data Pemohon

Kemudian kalian juga diharuskan mengisi formulir pada kolom data pemohon. Agar lebih cepat, sebaiknya centang pada bagian Copy berdasarkan data pelanggan sehingga data akan otomatis terisi sesuai data pelanggan sebelumnya.

4. Hitung Biaya Pasang Daya Baru

Hitung Biaya Pasang Daya Baru

Setelah semua data diri terisi dengan lengkap, lalu scroll layar ke bawah untuk menghitung jumlah daya baru. Isilah sesuai kebutuhan bisnis atau usaha kalian seperti produk layanan, keperluan hingga daya kebutuhan daya listriknya. Nantinya secara otomatis akan muncul besar biaya yang harus dibayarkan ke rekening PLN.

5. Membayar Biaya Pasang Listrik Bisnis

Langkah terakhir yaitu membayar biaya pasang listrik bisnis sesuai besaran yang sudah ditetapkan sebelumnya melalui ATM atau loket PLN terdekat. Jangan lupa simpan struk pembayaran tagihan pemasangan listrik sebagai bukti sah transaksi. Tunggu beberapa hari sampai pihak PLN melakukan survei lokasi pelanggan.

Biaya Pasang Listrik Bisnis 2021

Biaya Pasang Listrik Bisnis 2021

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai syarat pasang listrik bisnis 2021 beserta tata cara pengajuannya. Biaya pemasangan juga menjadi faktor penting dalam berhasilnya pengajuan pemasangan listrik baru. Di dalam pemasangan listrik bisnis, terdapat beberapa komponen yang masuk ke dalam perhitungan, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Biaya Penyambungan (BP).
  • Uang Jaminan Langganan (UJL).
  • Pajak Penerangan Jalan (10% x b3).
  • Pembelian token perdana.
  • Rupiah token dikonversi ke kWh.

Setiap jenis meteran serta daya listrik juga akan mempengaruhi besaran biaya penyambungan listrik barunya. Nah, di bawah ini adalah besaran biaya penyambungan untuk semua daya listrik golongan bisnis, entah itu prabayar ataupun pascabayar.

DayaBiaya Penyambungan
450 VARp 421.000
900 VARp 843.000
1300 VARp 1.218.000
2200 VARp 2.062.000
3500 VARp 3.391.500
4400 VARp 4.263.600
5500 VARp 5.329.500
6600 VARp 6.395.400
7700 VARp 7.461.300
10600 VARp 10.271.400
11000 VARp 10.569.000
13200 VARp 12.790.800
16500 VARp 15.988.500
23000 VARp 22.287.000
33000 VARp 31.977.000
41500 VARp 40.213.500

Simulasi Pasang Listrik Bisnis 2021

Perlu diketahui, pihak PLN juga menyediakan layanan berupa simulasi pasang baru bagi para calon pelanggannya. Oleh sebab itu, agar mendapatkan gambaran berapa besar BIAYA PASANG LISTRIK, sebaiknya lakukan simulasi terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

1. Kunjungi Website PLN

Kunjungi Website PLN

Pertama kunjungi website resmi PLN. Kalian bisa melakukan simulasi di semua perangkat, baik itu di smartphone, laptop ataupun komputer.

2. Simulasi Pasang Baru

Simulasi Pasang Baru

Pada halaman utama, akan tersedia beragam pilihan mengenai listrik PLN. Silahkan cari dan pilihlah menu Simulasi Pasang Baru.

3. Memulai Simulasi

Memulai Simulasi Pasang Listrik Bisnis

Setelah itu, masukkan data perhitungan mulai dari produk layanan, kebutuhan listrik serta besaran daya listriknya. Jika sudah terisi semuanya, klik Hitung Biaya. Nantinya secara otomatis akan keluar detail estimasi total biaya yang harus dibayarkan.

Call Center PLN

Call Center PLN

Jika masih bingung dengan syarat pasang listrik bisnis 2021, kalian juga bisa menanyakannya secara langsung dengan cara menghubungi customer service PLN. Berikut adalah beberapa contact center yang bisa dihubungi selama 24 jam oleh pelanggannya.

  • Contact center : 123
  • Telepon (kode area) 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : @cc123pln
  • Twitter : @pln_123

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa syarat mengajukan permohonan pemasangan listrik untuk golongan bisnis tergolong cukup ringan. Meskipun demikian, pastikan kalian memenuhi semua dokumen persyaratan tersebut agar proses pengajuan diterima oleh pihak PLN.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar syarat pasang baru listrik bisnis 2021 beserta tata cara pengajuannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengajukan permohonan listrik baru terutama untuk golongan bisnis.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *