Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu yang Sudah Dibayar 2022

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu yang Sudah Dibayar

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu yang Sudah Dibayar – Setiap pelanggan PLN listrik pascabayar pastinya diharuskan membayar atau melunasi tagihan listrik setiap bulannya. Untungnya saat ini pihak PLN sendiri sudah memudahkan pelanggan ketika hendak melakukan pembayaran tagihan listrik per bulannya, entah itu secara offline maupun online.

Selain menyediakan kemudahan dalam sistem pembayaran tagihannya, mereka juga bahkan memberikan sebuah layanan yang dapat pelanggan gunakan untuk mengecek tagihan bulan lalu. Seperti diketahui, mengecek tagihan listrik pada bulan lalu yang sudah dibayar memang perlu dilakukan oleh semua konsumen.

Dimana salah satu tujuan mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar yaitu untuk membandingkan besaran nominalnya dengan bulan sekarang, khususnya ketika tagihan listrik tiba-tiba membengkak. Selain akan mengetahui besaran nominal tagihan listrik, pengguna juga bisa melihat dengan jelas penggunaan daya atau kWh listrik bulan lalu.

Akan tetapi, masih ada sebagian orang di luar sana belum mengerti bagaimana cara mengecek tagihan listrik bulan sebelumnya yang sudah dilunasi. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar dengan mudah dan cepat.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu yang Sudah Dibayar

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini pelanggan yang hendak mengecek tagihan listrik bulan lalu tidak perlu lagi repot-repot pergi ke kantor PLN terdekat. Pasalnya, pihak PLN sendiri saat ini sudah menyediakan berbagai macam layanan yang dapat konsumen gunakan untuk mengecek tagihan listrik bulan lalu, bahkan 3 bulan terakhir.

Adapun beberapa jenis layanan tersebut diantaranya yaitu seperti aplikasi PLN Mobile, situs resmi, call center, SMS hingga email. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar di bawah ini.

Cek Tagihan Listrik via PLN Mobile

Cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar pertama yaitu melalui aplikasi PLN Mobile. Dimana aplikasi PLN Mobile sendiri saat ini sudah dapat diunduh secara gratis oleh semua orang entah itu di Play Store untuk Android ataupun App Store untuk iOS.

Ketika hendak menggunakan aplikasi ini, pelanggan pertama-tama diharuskan membuat akun terlebih dahulu dengan memasukkan nomor ID pelanggan, email hingga nomor HP. Setelah itu, untuk melakukan pengecekan tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar, ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka Aplikasi PLN Mobile

Buka Aplikasi PLN Mobile

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi PLN Mobile di smartphone kalian. Sebelum melanjutkannya, pastikan kalian sudah mengupdate aplikasinya ke versi terbarunya terlebih dahulu.

2. Masuk Menu Kelistrikan

Masuk Menu Kelistrikan

Setelah berhasil masuk ke menu utama atau beranda aplikasi, nantinya kalian akan disuguhkan berbagai macam jenis layanan. Cara selanjutnya, silahkan masuk ke menu Kelistrikan.

3. Pilih ID Pelanggan PLN

Pilih ID Pelanggan PLN

Kemudian kalian akan diberikan beberapa pilihan ID pelanggan meteran listrik, jika memang mendaftarkannya lebih dari satu. Silahkan pilih salah satu ID pelanggan meteran listrik yang akan dicek tagihan listrik bulan sebelumnya.

4. Ketuk Riwayat Penggunaan

Ketuk Riwayat Penggunaan

Lalu secara otomatis kalian akan dibawa ke halaman rincian ID pelanggan. Cara terakhir untuk melihat tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar, ketuk Riwayat Penggunaan. Maka secara otomatis akan keluar rincian nominal tagihan beserta besaran penggunaan kWh daya listriknya.

Cek Tagihan Listrik via Website PLN

Cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar selanjutnya yaitu melalui situs atau website resmi milik PLN. Situs tersebut pastinya dapat diakses oleh semua orang baik itu melalui smartphone, laptop ataupun komputer/PC, asalkan memiliki koneksi jaringan internet lancar.

Sama seperti halnya pengecekan tagihan listrik via aplikasi, cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar melalui situs resmi juga kalian harus membuat akun terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik cara mengecek tagihan listrik bulan lalu melalui website resmi PLN di bawah ini.

1. Kunjungi Situs Resmi PLN

Kunjungi Situs Resmi PLN

Pertama-tama, silahkan kunjungi situs resmi cek tagihan listrik di https://layanan.pln.co.id/informasi-tagihan-listrik-pembelian-token-pln. Kami ingatkan sekali lagi bahwa situs tersebut dapat diakses entah itu melalui perangkat telepon seluler, laptop maupun komputer asalkan memiliki koneksi jaringan internet.

2. Pilih Daftar Akun

Pilih Daftar Akun

Apabila sudah masuk ke situs tersebut, nantinya kalian diharuskan membuat akun baru. Cara membuatnya yaitu dengan mengetuk tombol Daftar Akun di bagian bawah.

3. Isi Data Diri Pelanggan

Isi Data Diri Pelanggan

Kemudian akan muncul halaman pendaftaran akun baru untuk konsumen PLN. Silahkan isi data diri dengan lengkap seperti nama, alamat email, ID pelanggan atau nomor meteran, nomor HP hingga kata sandi baru.

Kalian bisa membuat kata sandi menggunakan gabungan huruf dan angka maksimal sebanyak 16 karakter. Cara berikutnya, masukkan kata yang sudah disediakan di bawahnya sebagai kode verifikasi dan klik Daftar.

4. Masukkan Kode Aktivasi Akun

Masukkan Kode Aktivasi Akun

Setelah itu, biasanya kalian akan mendapatkan sebuah email berisikan kode aktivasi akun konsumen. Silahkan masukkan kode aktivasi akun tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

5. Login Akun Pelanggan

Login Akun Pelanggan

Tahap selanjutnya, kalian diminta untuk melakukan login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya dengan cara memasukkan email beserta kata sandi. Masukkan kembali kata kode verifikasi dan klik Masuk.

6. Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu

Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu

Jika login berhasil, maka secara otomatis halaman akan menunjukan sejumlah data mulai dari nama pelanggan, nomor meteran hingga riwayat tagihan listrik. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka kalian sudah berhasil mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar.

Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar juga dapat dilakukan melalui panggilan telepon. Pasalnya, pihak PLN sendiri saat ini sudah menyediakan call center atau customer service untuk melayani seluruh pelanggannya selama 24 jam penuh, mulai dari pemasangan listrik baru untuk UMKM hingga pengecekan tagihan listrik bulanan.

Dimana kalian bisa menghubungi pihak PLN untuk menanyakan besaran tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar lewat panggilan telepon ke nomor 123. Namun, ketika hendak menghubunginya, sebaiknya masukkan kode area terlebih dahulu supaya customer service dapat memproses permintaannya.

Sebagai contoh kode area Surabaya adalah 031, maka cara melakukan panggilannya yaitu menekan tombol (031) 123, tunggulah sampai terhubung ke customer service. Perlu diingat, layanan tersebut tentunya tidaklah gratis, pasalnya konsumen nantinya akan dikenai beban pemotongan pulsa sesuai provider yang digunakan.

Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Selain melalui panggilan telepon ke call center, kalian juga bisa mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar melalui SMS. Untuk melakukannya, cukup dengan mengetikkan pesan Rek <spasi> ID pelanggan atau nomor meteran lalu kirim ke 8123.

Silahkan tunggu beberapa saat sampai mendapatkan pesan balasan dari pihak PLN yang berisikan riwayat pembayaran tagihan listrik pelanggan. Layanan ini juga akan membebankan pelanggan biaya berupa pemotongan pulsa sebesar Rp 500 per SMS.

Cek Tagihan Listrik Lewat Email

Cek Tagihan Listrik Lewat Email

Cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar terakhir secara online yaitu melalui email. Melalui layanan ini, pelanggan bisa mendapatkan pemberitahuan terkait tagihan listrik bulan sebelumnya. Akan tetapi, pelanggan sebelumnya harus melakukan pendaftaran e-billing terlebih dahulu melalui akun medial sosialnya, seperti saat ingin mengajukan permohonan pemindahan meteran listrik.

Adapun alamat email yang dapat dihubungi oleh konsumen untuk menanyakan nominal tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar yaitu pln123@pln.co.id. Berbeda dengan layanan telepon atau SMS, layanan email tidak akan dikenai biaya sepeserpun, hanya saja akan memotong kuota internet kalian.

Penyebab Gagal Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar. Meskipun terbilang mudah, masih ada sebagian besar konsumen mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya. Maka dari itu, supaya terhindar dari kegagalan tersebut, sebaiknya cari tahu beberapa penyebabnya berikut ini.

  • Pengguna salah memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik.
  • Koneksi jaringan internet buruk atau tidak stabil.
  • Aplikasi belum diupdate ke versi terbarunya.
  • Aplikasi sedang dalam masa perawatan (maintenance).
  • Salah memasukkan format pesan SMS.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar melalui aplikasi, situs resmi, call center, SMS hingga email. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengecek nominal tagihan listrik bulan sebelumnya.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *