Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Macam Macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik

Macam Macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik

Macam Macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik – Sebagaimana diketahui, energi listrik dari PLN menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Pasalnya energi listrik dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal seperti menjadi energi panas, cahaya, gerak dan lain sebagainya.

Maka dari itu, pekerjaan penyambungan kabel listrik pada suatu rumah ataupun bangunan merupakan sebuah kegiatan yang sangat sering dilakukan. Proses pemasangan instalasi listrik tersebut juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa mengakibatkan arus pendek atau korsleting.

Ketika hendak melakukan pekerjaan penyambungan kabel, penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai pengetahuan dasar tentang penyambungan instalasi listrik. Terdapat beberapa macam sambungan kabel listrik yang umum digunakan di dunia kelistrikan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai macam macam sambungan instalasi kabel listrik beserta tata cara menyambungnya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Kegunaan Sambungan Kabel Listrik

Sebelum membahas macam macam sambungan kabel instalasi listrik, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu fungsi dari sambungan kabel pada instalasi listrik. Sesuai namanya, sambungan kabel listrik berguna untuk menyambung dua atau lebih kabel dengan menggunakan teknik penyambungan yang baik.

Tentunya pekerjaan penyambungan tersebut bertujuan agar bisa membuat kabel pendek menjadi lebih panjang. Selain itu, sambungan kabel listrik juga berfungsi untuk membuat percabangan dari satu buah kabel utama ke beberapa kabel lainnya seperti saat MEMASANG SAKLAR LAMPU.

Manfaat Sambungan Kabel Listrik

Manfaat Sambungan Kabel Listrik

Seperti dijelaskan di atas, proses penyambungan kabel pada instalasi listrik berfungsi untuk membuat kabel pendek menjadi lebih panjang. Selain itu, ada beberapa manfaat lain ketika mengetahui dan mengerti macam macam sambungan kabel listrik, di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mempermudah pekerjaan suatu intalasi listrik.
  • Membuat instalasi menjadi lebih baik serta aman.
  • Membuat rangkaian kabel sesuai standar sehingga lebih aman dan kuat.
  • Terhindar dari sambungan salah sehingga menyebabkan percikan api.

Macam Macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik

Setelah mengetahui fungsi serta manfaat dari penyambungan kabel listrik, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja jenis-jenis sambungannya. Di dalam dunia kelistrikan, terdapat beberapa macam sambungan kabel listrik sesuai standar.

Tentunya setiap jenis sambungan kabel pada instalasi listrik tersebut memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan macam macam sambungan kabel instalasi listrik yang sering digunakan.

1. Sambungan Ekor Babi

Sambungan Kabel Listrik Ekor Babi

Sambungan ekor babi atau pig tail merupakan salah satu jenis sambungan terbilang sederhana. Hal itu dikarenakan rangkaian ekor babi hanya menggabungkan dua kabel saja lalu memelintirkannya. Namun sayangya sambungan jenis ekor babi rentan lepas ketika dilakukan penarikan kabel.

2. Sambungan Puntir

Sambungan Kabel Listrik Puntir

Sambungan puntir memiliki tingkat kekuatan lebih tinggi dibandingkan sambungan ekor babi. Pasalnya kedua kebal dibuat secara lurus atau berlawanan dan kemudian dipuntir sehingga saling mengikat. Sambungan kabel puntir merupakan jenis rangkaian kabel paling banyak digunakan di dunia kelistrikan.

3. Sambungan Bell Hangers

Sambungan Kabel Listrik Bell Hangers

Sambungan kabel instalasi listrik bell hangers termasuk ke dalam macam macam sambungan puntir. Cara penyambungan kabel bell hangers yaitu dengan menggabungkan dua kawat kabel secara berlawanan lalu bengkokkan sekitar 1,3 cm seperti huruf L. Setelah itu, puntir kedua kawat kabel tersebut secara berlawanan.

4. Sambungan Western Union

Sambungan Kabel Listrik Western Union

Sambungan western union juga masih termasuk ke dalam jenis sambungan puntir. Langkah-langkah menyambungnya yaitu pelintir salah satu kawat di kawat lainnya, kemudian jepit pangkal kawat di dekat sambungan pertama. Lanjutkan dengan memelintir kawat satunya secara berlawanan.

5. Sambungan Bolak Balik

Sambungan Kabel Listrik Bolak Balik

Meskipun cara penyambungannya terbilang sulit, namun sambungan bolak-balik memiliki tingkat kekuatan cukup tinggi. Jenis sambungan ini juga terbagi menjadi dua kategori, yaitu sambungan Britania dan sambungan Scarf.

6. Sambungan Britania

Sambungan Kabel Listrik Britania

Sambungan britania masuk ke dalam macam macam sambungan instalasi kabel listrik bolak-balik. Sambungan jenis tersebut cocok ketika digunakan pada kabel berpenampang lebih besar. Oleh sebab itu, sambungan britania membutuhkan bantuan kawat kecil pada saat proses menyambungnya.

7. Sambungan Scarf

Sambungan Kabel Listrik Scarf

Tidak jauh berbeda dengan sambungan britania, sambungan scarf juga lebih dianjurkan untuk penyambungan kabel berpenampang luas. Cara penyambungannya yaitu bengkokkan ujung kabel dan paskan secara berlawanan. Puntir menggunakan kawat kecil lainnya lalu tutup dengan isolasi semua sambungannya.

8. Sambungan Percabangan

Sambungan Percabangan

Macam macam sambungan kabel instalasi listrik selanjutnya yaitu sambungan percabangan. Sesuai namanya, sambungan jenis ini dapat dimanfaatkan untuk menyambungkan lebih dari 2, 3 atau bahkan 4 kabel. Maka dari itu, sambungan percabangan kerap digunakan oleh teknisi listrik pada saat menyambung kabel induk ke kabel lainnya.

9. Sambungan Datar Single Plan Joint

Sambungan Datar Single Plan Joint

Sambungan datar single plan joint termasuk ke dalam jenis sambungan percabangan. Cara menyambungnya yaitu kupas kabel utama dan kabel sambungan secukupnya, kemudian lilitkan kawat ke kabel utama. Terakhir, isolasi rangkaian tersebut sampai menutupi semua kawat.

10. Sambungan Datar Knotted Tab Joint

Sambungan Datar Knotted Tab Joint

Sambungan datar knotted tab join juga masih termasuk ke dalam macam macam sambungan instalasi kabel listrik percabangan. Cara penyambungannya yaitu memuntir kawat kabel sambungan ke kawat kabel utama. Sambungan datar knotted tab joint ini memiliki ikatan simpul yang membuatnya menjadi lebih kuat jika dibandingkan dengan sambungan datar single plan joint.

11. Sambungan Datar Percabangan Ganda Satu Nadi

Sambungan Datar Percabangan Ganda Satu Nadi

Sesuai namanya, jenis sambungan instalasi sambungan kabel listrik ini sangat cocok digunakan untuk percabangan kabel. Proses penyambungannya yaitu sambungkan kabel utama dan kabel lainnya secara tegak lurus dengan cara dipelintir. Jangan lupa tutup semua kawat kabel menggunakan isolasi.

12. Sambungan Single Wrapped Cable Splice

Sambungan Single Wrapped Cable Splice

Mungkin sambungan single wrapped cable splice menjadi salah satu jenis sambungan instalasi kabel listrik paling rumit di antara lainnya. Rangkaian tersebut cocok digunakan untuk penyambungan kabel sarabut. Proses penyambungannya yaitu dengan cara memuntir satu persatu kabel menggunakan teknik bell hangers. Meskipun terbilang rumit, namun penyambungan tersebut dinilai sangat kuat serta tahan lama.

13. Sambungan Kabel Solder

Sambungan Kabel Solder

Khusus untuk jenis kabel serabut berukuran kecil, alangkah baiknya disambung menggunakan solder. Caranya yaitu kedua ujung kabel dipuntir terlebih dahulu lalu sambungkan menggunakan alat solder. Hasil sambungan yang menggunakan jenis ini dijamin akan lebih kuat karena benar-benar menyatu dengan timah solder.

14. Sambungan Mata Itik

Sambungan Mata Itik

Macam macam sambungan kabel instalasi listrik terakhir yaitu sambungan mata itik. Pada dasarnya sambungan mata itik tidak termasuk ke dalam jenis sambungan, melainkan sebuah bentuk yang dibuat secara khusus untuk menempatkan sekrup ataupun baut supaya kabel melekat pada komponen.

Biasanya penyambungan tersebut digunakan untuk pemasangan kabel pada fiting, stop kontak hingga saklar. Jadi, sambungan kabel mata itik cocok diaplikasikan pada jenis kabel yang memiliki inti tunggal. Pada saat proses pemasangannya usahakan penyimpanan sambungan instalasi kabe searah jarum jam.

Akhir Kata

Di atas sudah Epropertyrack jelaskan secara lengkap mengenai macam macam sambungan kabel instalasi listrik beserta tata cara penyambungannya. Saran kami sebaiknya gunakan KABEL LISTRIK TERBAIK meskipun harganya akan sedikit lebih mahal. Hal tersebut bertujuan agar nantinya instalasi tersebut dapat bertahan lama sehingga terhindar dari risiko arus pendek ataupun korsleting.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *