Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Memasang Saklar Lampu

Cara Memasang Saklar Lampu

Cara Memasang Saklar Lampu – Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika hendak membangun hunian yaitu sistem kelistrikan. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya energi listrik ini sebagai sumber utama penerangan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, memelihara dan merawat rangkaian listrik rumah harus dilakukan secara rutin atau berkala. Sebagai contoh jika ada stop kontak atau saklar lampu sudah mulai rusak, maka kalian harus segera menggantinya untuk menghindari terjadinya arus pendek.

Berbicara mengenai saklar lampu, produk tersebut juga dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu saklar lampu tunggal, ganda hingga gantung. Setiap jenis saklar lampu rumah tersebut juga memiliki tata cara pemasangan yang sedikit berbeda.

Namun, sebagian besar orang belum mengerti bagaimana langkah-langkah pemasangan saklar lampu dengan baik dan benar. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara memasang saklar lampu termudah, entah itu tunggal, ganda maupun gantung.

Fungsi Saklar

Fungsi Saklar Lampu

Sebelum pembahasan berlanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu saklar lampu. Saklar atau switch merupakan alat pemutus dan penghubung arus listrik dari sumber listrik ke titik beban di dalam suatu rangkaian tertutup.

Jadi, di dalam suatu kotak kotak saklar (box switch) hanya terdapat kabel arus listrik positif (phase) dan tidak ada arus listrik negatif (netral). Sehingga dapat disimpulkan bahwa cara kerja saklar yaitu menghubungkan atau memutus arus positif tersebut.

Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal

Sebenarnya, cara pemasangan saklar lampu di rumah ini cukup mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, bukan berarti kalian bisa memasangnya secara asal-asalan tanpa memperhatikan setiap rangkaian. Daripada kalian penasaran, langsung saja simak cara memasang saklar lampu tunggal di bawah ini.

1. Buat Lubang Tempat Pemasangan Saklar

Buat Lubang Tempat Pemasangan Saklar Lampu Tunggal

Langkah pertama, yaitu buatlah lubang pada dinding terlebih dahulu sebagai tempat pemasangan saklar tunggal. Agar lubang tidak terlalu besar ataupun kecil, sebaiknya ukur sesuai saklar lampu tunggal tersebut.

2. Buat Jalur Saklar

Buat Jalur Saklar Lampu

Setelah selesai membuat lubang, selanjutnya buat juga jalur untuk pipa di dinding dari plafon menuju lubang saklar tersebut. Jalur ini nantinya akan berguna sebagai jalur KABEL LISTRIK dari saklar menuju fiting lampu.

3. Pasang Kabel

Pasang Kabel

Kemudian pasang kabel phase (positif) dari sumber listrik menuju saklar. Sambungkan juga arus positif keluaran saklar tersebut menuju ke fiting lampu. Ikat dengan kencang kedua ujung kabel arus positif pada baut terminal pada saklar. Pastikan juga bahwa arus netral sudah terpasang pada sumber listrik menuju ke fiting lampu.

4. Pasang Saklar Tunggal

Pasang Saklar Tunggal

Terakhir, pasang saklar lampu tunggal pada lubang dinding yang sudah dibuat sebelumnya dengan rapi.

Cara Memasang Saklar Lampu Ganda

Di atas sudah kami jelaskan bagaimana cara memasang saklar lampu tunggal dalam kondisi baru. Sebenarnya langkah-langkah pemasangan saklar ganda (double) juga hampir sama dengan saklar tunggal. Hanya saja sedikit berbeda pada proses penyambungan kabelnya. Untuk lebih jelasnya, dapat kalian simak tutorialnya di bawah ini.

1. Buat Lubang Tempat Saklar

Buat Lubang Tempat Saklar

Pertama, buatlah lubang di dinding sebaga tempat saklar sesuai dengan ukuran saklar lampu ganda (double).

2. Buat Jalur Pipa

Buat Jalur Pipa

Selanjutnya, buat jalur pipa pembungkus kabel dari plafon menuju ke saklar lampu.

3. Pemasangan Kabel

Pemasangan Kabel

Pasang kabel phase pada sumber listrik menuju ke salah satu kutub saklar lalu dijumper ke kutub saklar sebelahnya. Kemudian hubungkan kabel positif keluaran dari saklar menuju ke masing-masing fiting lampu. Jangan lupa untuk memasangkan kabel netral dari sumber listrik ke fiting atau kap lampu.

4. Pasang Saklar Ganda

Pasang Saklar Lampu Ganda

Terakhir, pasang saklar ganda pada lubang yang sudah kalian buat sebelumnya dengan hati-hati.

Cara Memasang Saklar Lampu Gantung

Setelah mengetahui bagaimana cara memasang saklar lampu yang menempel pada dinding, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara pemasangan saklar gantung. Pada dasarnya cara kerja saklar gantung hampir sama dengan saklar biasa pada rangkaian seri.

Namun, karena memiliki konstruksi lebih sederhana, maka cara pemasangannya tergolong lebih mudah. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana prosedur pemasangan saklar lampu gantung.

1. Hubungkan Kabel Netral

Hubungkan Kabel Netral

Tahap pertama yaitu hubungkan kabel arus listrk negatif (netral) dari sumber listrik ke kap lampu atau fiting lampu.

2. Rangkai Kabel Positif

Rangkai Kabel Positif

Siapkan kebel positif (phase) sesuai kebutuhan ukuran. Sambungkan satu kabel phase dari sumber listrik menuju saklar dan satu kabel lagi dari saklar menuju ke fiting lampu.

3. Cek Lampu

Cek Lampu

Terakhir, pasang lampu pada kap serta cobalah untuk mengeceknya, apakah hidup atau tidak.

Tips Aman Memasang Saklar Lampu

Setiap kali kalian hendak memasang saklar lampu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai faktor keselamatan. Oleh sebab itu, berikut akan kami berikan beberapa tips aman pemasangan saklar lampu di rumah.

  • Selalu gunakan alas kaki pada saat memasang rangkaian saklar lampu.
  • Pastikan kondisi tangan dalam keadaan kering agar terhindar dari sengatan arus listrik.
  • Cek kembali bahwa peralatan dalam keadaan baik dan tidak rusak.
  • Simpanlah kotak sekring dengan baik selama proses instalasi berlangsung.
  • Pastikan juga tidak ada kabel positif yang terkelupas.

Akhir Kata

Ketika hendak memasang saklar lampu di rumah, sebaiknnya gunakan material berkualitas seperti merek Broco ataupun Panasonic. Hal itu bertujuan agar rangkaian saklar lampu tersebut dapat awet dan tahan lama.

Itulah sekiranya yang dapat Epropertyrack sampaikan kali ini mengenai cara memasang saklar lampu di rumah, entah itu tunggal, ganda maupun gantung. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak melakukan pemasangan saklar lampu.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Jihan
2 min read

Cara Memasang Plafon PVC

Jihan
2 min read

Cara Mengusir Tokek di Rumah

Jihan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *