Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

10 Cara Merawat Pagar Stainless Steel Supaya Tetap Mengkilap!

Cara Merawat Pagar Stainless Steel

Cara Merawat Pagar Stainless Steel – Selain berguna sebagai pembatas, pagar juga bermanfaat untuk pengaman sebuah hunian. Di sisi lain, pagar juga mampu menambahkan aspek estetika pada suatu rumah sehingga terlihat atau terkesan menjadi lebih indah dan rapi jika dipandang.

Untuk saat ini, di Indonesia sendiri sudah tersedia sangat banyak sekali material pagar yang digunakan oleh masyarakat, salah satunya yaitu pagar stainless steel. Alasan mengapa banyak orang memilih pagar stainless steel yaitu material tersebut memiliki daya tahan tinggi terhadap korosi atau karat.

Meskipun demikian, pagar stainless steel juga membutuhkan perawatan secara berkala oleh para pemiliknya. Namun sayangnya, sebagian besar pemilik rumah dengan pagar stainless steel belum mengetahui secara pasti bagaimana cara yang benar dalam merawat material bangunan tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah supaya pagar stainless steel terhindar dari karat ataupun korosi, ada baiknya ketahui bagaimana cara merawatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan memberikan beberapa cara merawat pagar stainless steel agar tetap mengkilap sehingga mampu memberikan kesan keindahan.

Penyebab Pagar Stainless Steel Berkarat

Penyebab Pagar Stainless Steel Berkarat

Sebagaimana diketahui, pagar stainless steel memang memiliki sejumlah keunggulan dan pastinya menguntungkan bagi para pemilik rumah. Akan tetapi, layaknya HARGA PIPA STAINLESS STEEL, harga pagar stainless steel di pasaran juga tergolong cukup mahal.

Selain itu, jika pagar stainless steel tidak dirawat dengan baik maka bisa saja konstruksi tersebut mengalami perkaratan atau bahkan korosi. Biasanya pagar stainless steel yang mengalami perkaratan disebabkan oleh sejumlah faktor, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kelembapan oksigen beserta udara.
  • Terkena larutan garam.
  • Lapisan permukaan pagar stainless steel tidak rata.
  • Pagar stainless steel mengalami bentrok atau kontak dengan elektrolit.
  • Kondisi temperatur sekitar pagar sangat tinggi.
  • Tingkat pH kurang dari 7.
  • Adanya efek dari galvanic coupling.
  • Munculnya kolonial pada mikroba.

Cara Merawat Pagar Stainless Steel

Seperti dijelaskan sebelumnya, apabila pagar stainless steel dirawat dengan baik, maka kemungkinan besar konstruksi pagar akan tetap mengkilap dalam jangka waktu lama. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara merawat pagar stainless steel agar tetap bersih dan mengkilap di bawah ini.

1. Membersihkan Setiap Saat

Membersihkan Setiap Saat

Cara merawat pagar stainless steel pertama yaitu membersihkannya setiap waktu secara rutin. Sebab, semakin sering kalian membersihkan pagar stainless steel, maka akan semakin bagus pula tingkat daya tahannya. Kalian bisa membersihkan pagar stainless steel minimal 2 minggu sekali.

2. Manfaatkan Air Asam

Manfaatkan Air Asam

Perlu diketahui, membersihkan pagar stainless steel memang membutuhkan beberapa trik khusus, salah satunya yaitu menggunakan air asam seperti cuka, air lemon, jeruk nipis, sitrun dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan cairan tersebut memiliki kadar pH yang asam sehingga mampu menjaga tingkat kebersihan pagar stainless steel.

3. Hindari Pemakaian Sabun

Hindari Pemakaian Sabun

Ketika hendak membersihkan pagar stainless steel, saran kami sebaiknya hindari menggunakan sabun cuci piring ataupun deterjen. Sebab, jika membersihkan pagar stainless steel menggunakan bahan tersebut, lama-kelamaan pagar akan terlihat lebih kusam dan jelek.

4. Merapikan Tanaman di Sekitar Pagar Stainless Steel

Merapikan Tanaman di Sekitar Pagar Stainless Steel

Cara merawat pagar stainless steel selanjutnya yaitu merapikan atau memangkas tanaman di sekitarnya. Pastikan batang-batang atau ranting-ranting tanaman tidak kontak langsung dengan pagar. Hal ini dikarenakan daun tanaman bisa menimbulkan noda kecokelatan pada permukaan pagar stainless steel dan pastinya susah dihilangkan,

5. Jaga Supaya Pagar Stainless Steel Tetap Kering

Jaga Supaya Pagar Stainless Steel Tetap Kering

Umumnya noda air beserta flek yang susah dihilangkan di pagar stainless steel disebabkan karena konstruksi tersebut dibiarkan dalam kondisi basah terlalu lama. Pada akhirnya, kondisi tersebut akan membuat pagar memiliki noda membandel. Maka dari itu, sebaiknya jaga agar permukaan pagar stainless steel dalam kondisi kering.

6. Bilas Pagar Setelah Hujan

Bilas Pagar Setelah Hujan

Masih berkaitan dengan cara merawat pagar stainless steel sebelumnya, kalian juga perlu membilas pagar setelah terguyur air hujan. Sebab, air hujan memiliki tingkat risiko lebih berbahaya dibandingkan air biasa. Maka dari itu, segera bilas pagar stainless steel setelah terkena air hujan, kemudian keringkan menggunakan kain lembut.

7. Cat Ulang Pagar Stainless Steel

Cat Ulang Pagar Stainless Steel

Tata cara merawat pagar stainless steel agar tetap mengkilap berikutnya juga bisa dilakukan dengan cara melapisi atau mengecat ulang material tersebut. Dimana pengecatan ulang pagar stainless steel ini mampu membuat konstruksi menjadi lebih tahan lama serta awet. Saran kami sebaiknya lakukan pengecatan ulang paling tidak 3 sampai 5 tahun sekali.

8. Poles Pagar Secara Berkala

Poles Pagar Secara Berkala

Memang benar jika warna mengkilap para pagar stainless steel lama-kelamaan akan hilang dan pudar menjadi kusam. Salah satu cara mengatasinya yaitu melakukan pemolesan ulang menggunakan bahan pemoles stainless steel. Biasanya produk tersebut berbentuk cairan ataupun krim serta sudah bisa didapatkan di toko-toko material.

9. Gunakan Bubuk Pumice

Gunakan Bubuk Pumice

Untuk mencegah agar pagar stainless steel tidak mengalami perkaratan selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan bubuk pumice. Bubuk pumice sendiri mampu menghaluskan permukaan pagar stainless steel menjadi lebih rapi dan pastinya lebih mengkilap. Cara melakukannya yaitu mencampurkan bubuk pumice beserta air sampai membentuk pasta kemudian olsekan pada permukaan pagar yang terlihat mulai memudar.

10. Gunakan Minyak Zaitun

Gunakan Minyak Zaitun

Cara merawat pagar stainless steel terakhir yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Tujuan penggunaan minyak zaitun yaitu untuk menghilangkan noda serta goresan pada pagar stainless steel. Caranya oleskan sedikit minyak zaitun pada lap kering kemudian gunakan untuk membersihkan pagar stainless steel. Lakukanlah cara ini secara berkala supaya pagar stainless steel tetap mengkilap.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa sebenarnya terdapat cukup banyak cara dalam merawat pagar stainless steel, mulai dari bahan alami hingga produk tertentu. Namun, perlu diingat bahwa cara penerapan beberapa bahan tersebut juga harus dilakukan dengan benar supaya pagar stainless steel tidak tergores.

Demikian informasi dari Epropertyrack seputar tata cara merawat pagar stainless steel agar tetap mengkilap menggunakan bahan alami maupun produk tertentu. Semoga pembahasan di atas bermanfaat sekaligus dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak merawat pagar stainless steel.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Jihan
2 min read

Cara Memasang Plafon PVC

Jihan
2 min read

Cara Mengusir Tokek di Rumah

Jihan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *