Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap & Sempurna Seperti Kaca

Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap

Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat barang-barang atau perabotan-perabotan kayu di rumah yaitu dengan mempliturnya. Sebagaimana diketahui, plitur kayu merupakan sebuah cat dengan warna transparan terbuat dari bahan dasar oker.

Dimana oker sendiri merupakan sebuah ranah lunak yang sudah melewati proses oksidasi sehingga bisa memberikan warna coklat, kuning emas hingga kuning muda. Oleh karena itu, pemberian cat plitur pada kayu menjadi langkah penting dalam merawat ketahanan dan keawetan barang berbahan dasar kayu.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya para pemula masih kebingungan bagaimana cara memplitur suatu barang dari kayu. Secara garis besarnya, cara plitur kayu cukup mudah untuk dilakukan asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Nah, apabila kalian berencana untuk merawat perabotan kayu dengan cara mempliturnya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana langkah-langkah melakukannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara plitur kayu supaya mengkilap.

Apa Itu Plitur Kayu?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara plitur kayu supaya mengkilap lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, plitur merupakan sebuah produk cat transparan yang terbuat dari bahan dasar oker.

Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis cairan plitur yang seringkali digunakan untuk melapisi berbagai macam furnitur di rumah, yaitu plitur solvent based dan plitur water based. Apabila dilihat dari segi namanya, mungkin kalian sudah bisa membedakan kedua jenis plitur dalam penggunaannya.

Jadi, kedua jenis plitur kayu tersebut memiliki perbedaan terletak pada bahan baku dan pelarutnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa semua bahan baku cairan plitur sama-sama terdapat resin. Namun, pada produk water based membutuhkan emulsifier dengan fungsi untuk menyatukan resin dengan air.

Sementara plitur jenis solvent based, resin dan solvent lebih mudah menyatu sehingga menghasilkan cairan plitur siap pakai. Kemudian perbedaan selanjutnya yaitu water based lebih tahan lama di luar ruangan. Lalu solvent based butuh untuk dijemur terlebih dahulu sedangkan water based tidak perlu.

Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap

Tata Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga jenis-jenis plitur kayu, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara plitur kayu supaya hasil akhirnya bisa lebih mengkilap. Memang benar bahwa di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia jasa borongan plitur kayu dengan harga cukup terjangkau.

Namun, apabila ingin lebih menghemat anggaran biaya, sebenarnya kalian juga bisa memplitur perabotan kayu sendiri di rumah. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara plitur kayu supaya mengkilap seperti kaca mulai dari tahap awal hingga finishing di bawah ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Cara pertama ketika ingin melakukan plitur kayu supaya mengkilap yaitu mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Adapun beberapa jenis alat dan bahan tersebut diantaranya yaitu seperti plitur, kain lap, kuas cat, wadah, amplas hingga cairan pengencer seperti thinner atau air.

2. Persiapkan Barang atau Kayu

Kemudian cara selanjutnya yaitu mempersiapkan media atau barang yang akan diplitur seperti meja kayu, kursi kayu, sofa kayu, lemari panjang, kusen dan lain sebagainya. Pastikan semua barang-barang tersebut sudah benar-benar bersih dari kotoran. Selain itu, pastikan juga bahwa permukaan kayu dalam keadaan kering dari air atau minyak.

3. Campurkan Cairan Plitur Kayu

Apabila membeli plitur di toko material atau toko bangunan terdekat, biasanya kalian akan mendapatkan cairan cukup pekat dan berbau tajam. Nah, cara plitur kayu supaya mengkilap selanjutnya yaitu campurkan cairan plitur kayu dengan thinner atau cairan spirtus terlebih dahulu supaya bisa memperbanyak kuantitasnya.

4. Oleskan Cairan Plitur Kayu

Mengaplikasikan cairan plitur yang sudah tercampur rata dengan thinner pada media kayu menjadi cara plitur kayu supaya mengkilap berikutnya. Apabila tingkat keenceran plitur sudah pas, oleskan cairan tersebut pada media kayu menggunakan kuas cat secara perlahan.

5. Tunggu Plitur Kering

Setelah berhasil mengoleskan cairan plitur secara merata kepada seluruh bagian kayu, maka cara selanjutnya yaitu tinggal menunggunya hingga mengering. Apabila ingin proses pengeringan berlangsung lebih cepat, sebaiknya biarkan perabotan terkena angin ataupun sinar matahari.

6. Amplas Ulang

Cara plitur kayu supaya mengkilap selanjutnya yaitu amplas permukaan kayu secara merata dan halus. Salah satu tujuan pengamplasan permukaan kayu ini yaitu untuk menemukan serat kayu yang muncul agar bisa terlihat lebih halus kembali.

7. Plitur Kayu Ulang

Supaya hasil akhir pemberian plitur kayu bisa lebih memuaskan memuaskan, kalian bisa melakukan langkah 4 sampai 6 sampai dua kali. Pastikan semua bagian kayu terlapisi oleh cairan plitur secara merata. Kemudian amplas media kayu sehalus mungkin guna menghindari serat kayu muncul.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara plitur kayu supaya mengkilap seperti kaca mulai dari tahap awal hingga finishing. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan lapisan plitur pada kayu agar bisa mengkilap.

Sumber gambar : rona.ca

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *