Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

10 Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik & Penyebabnya!!

Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik

Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik – Seperti diketahui, penggunaan sistem listrik prabayar atau token bisa menjadi solusi tepat demi mengurangi kesalahan pencatatan penggunaan listrik setiap harinya. Sebab, pengguna sistem listrik prabayar dapat memegang kendali dalam memantau penggunaan daya serta anggaran alokasi pembelian token setiap minggu ataupun bulannya.

Selain itu, keunggulan lainnya dari sistem listrik prabayar yaitu dinilai paling mudah dalam proses pembelian tokennya. Hal ini dikarenakan pelanggan listrik prabayar dapat membeli token dengan mudah di kios pembayaran khusus, mini market, ATM hingga website ataupun aplikasi pembayaran yang menyediakan pelayanan cepat, aman serta nyaman.

Meskipun demikian, terdapat beberapa pengguna listrik prabayar yang mengeluhkan bahwa mereka kerap menemukan masalah seperti tidak bisa atau gagal mengisi token listrik. Secara garis besar, kegagalan mengisi token listrik tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, baik itu dari segi kesalahan teknis, kapasitas daya listrik ataupun karena kelalaian penggunanya.

Maka dari itu, jika diantara kalian mengalami permasalahan serupa seperti tidak bisa isi token listrik, sebaiknya cari tahu bagaimana cara mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tata cara mengatasi gagal isi token listrik dilengkapi dengan penyebab permasalahannya.

Penyebab Gagal Isi Token Listrik

Penyebab Gagal Isi Token Listrik

Seperti dijelaskan sebelumnya, kegagalan atau tidak bisa isi token listrik ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, baik itu karena kesalahan teknis ataupun karena kelalaian penggunanya. Oleh sebab itu, sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi gagal isi token listrik berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Salah Memasukkan Kode Token Listrik

Penyebab pertama mengapa seseorang gagal isi token listrik yaitu karena mereka salah dalam memasukkan kodenya. Biasanya masalah ini paling sering dialami oleh para pengguna listrik prabayar karena salah memasukkan kode listrik token, entah itu kurang ataupun kelebihan angkanya.

2. Server PLN Bermasalah

Kemudian penyebab selanjutnya mengapa seseorang gagal isi token listrik yaitu karena server mengalami masalah atau error. Perlu diketahui, setiap meteran digital PLN memiliki ID unik serta nomor meter unik yang terhubung secara langsung dengan server PLN. Jadi, bisa saja apabila server tersebut error, maka pengguna juga tidak bisa mengisi token listrik.

3. Meteran Listrik Token Terblokir

Perlu diingat, saran kami sebaiknya berhati-hatilah saat memasukkan kode token listrik ke meteran. Pasalnya, jika pengguna salah memasukkan token listrik sebanyak 3 kali, maka meteran secara otomatis akan terblokir dan pastinya mereka tidak bisa mengisi token listrik kembali.

4. Meteran Listrik Prabayar Bermasalah

Meteran listrik prabayar bermasalah juga bisa menjadi penyebab seseorang gagal isi token. Umumnya apabila meteran listrik prabayar bermasalah akan menunjukan beberapa tanda seperti muncul tulisan Blocked, gambar telapak tangan, tulisan periksa, Cancel atau bahkan mati.

5. Instalasi Listrik Buruk

Instalasi listrik yang kurang tepat atau bahkan buruk juga bisa menyebabkan berbagai macam masalah, salah satunya yaitu pengguna gagal memasukkan kode token. Jika tidak segera ditangani, maka permasalahan ini akan berujung pada kerusakan seperti korsleting.

6. KwH Over Limit

Penyebab terakhir pengguna listrik prabayar tidak bisa memasukkan kode token yaitu karena pembeliannya sudah melebihi bayas bulanan. Artinya, apabila kuota sudah terlampaui, maka pihak PLN berhak menolak atas pengisian token listrik. Jadi, hal ini sebenarnya tergantung dari pengendalian penggunaan listrik oleh pelanggannya.

Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik

Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik Semua Merk

Setelah mengetahui apa saja penyebab mengapa seseorang gagal mengisi atau memasukkan kode token listrik prabayar, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasi permasalahan tersebut. Secara garis besar, cara mengatasi gagal isi token listrik dapat dilakukan dengan melihat penyebab permasalahannya.

Meskipun demikian, untungnya saat ini listrik token prabayar ini memang sengaja dirancang mengunakan sistem teknologi terkini sehingga cukup mudah untuk dipahami. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi gagal isi token listrik prabayar.

1. Memastikan Kode Token Listrik Benar

Cara mengatasi gagal isi token listrik pertama yaitu memastikan bahwa kode tersebut sudah benar sesuai dengan ID pelanggan kalian. Jangan sampai berbeda atau tertukar dengan nomor ID PLN orang lain. Jika memang sampai salah membeli token listrik, maka pastinya kalian harus membelinya kembali.

2. Menunggu Server PLN Baik Kembali

Cara selanjutnya yaitu menunggu sampai server PLN kembali normal seperti semula. Biasanya pengguna tidak akan bisa isi token listrik pada pukul 23.00 sampai dengan 01.00 WIB. Sebab para kurun waktu tersebut server dari PLN pusat akan melakukan perawatan sistem atau maintenance sehingga semua proses transaksi tidak akan bisa dilakukan atau gagal.

3. Restart Meteran Listrik Token

Kemudian merestart atau mereset meteran listrik token juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi gagal isi token listrik selanjutnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya mereset meteran apabila terdapat kesalahan pada input sebelumnya.

Pertama-tama, silahkan matikan seluruh peralatan elektronik yang terhubung dengan aliran listrik. Kemudian restart meteran listrik dengan memasukkan kode khusus. Jika sudah selesai mereset meteran listrik, silahkan masukkan ulang nomor token listrik.

4. Melepas SR dengan Memutus SR

Kemudian cara mengatasi gagal isi token listrik selanjutnya yaitu dengan membuat meteran berada pada kondisi netral. Langkah pertama, silahkan lepaskan SM dengan cara memutuskan SR. Selanjutnya tunggu hingga kurang lebih sekitar 10 menit dan sambungkan kembali.

Apabila proses ini berhasil dilakukan, maka layar untuk token listrik error akan menghilang dengan sendirinya. Setelah itu, kalian akan diminta untuk menginput kode token listrik dari meteran yang sudah dimiliki sejumlah 20 digit.

5. Hubungi Pihak PLN

Solusi terakhir untuk mengatasi gagal isi token listrik prabayar yaitu dengan mengadukannya kepada pihak PLN. Saat ini sebenarnya sudah menyediakan layanan pengaduan kepada para pelanggannya selama 24 jam penuh, baik itu secara online ataupun melalui panggilan telepon.

Kalian bisa menghubungi pihak PLN melalui situs resminya di https://layanan.pln.co.id/ ataupun melalui halaman sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Adapun beberapa nama akun sosial media tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Facebook : @cc123pln
  • Twitter : @pln_123
  • Instagram : @pln_id

Selain melalui beberapa sosial media di atas, kalian juga bisa menghubungi pihak PLN melalui beberapa layanan di bawah ini.

  • Telepon : 123
  • WhatsApp : 123
  • Email : PLN_123
  • Aplikasi PLN Mobile

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa seseorang yang mengalami permasalahan seperti tidak bisa atau gagal mengisi token listrik bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Tentunya untuk mengatasi permasalahan tersebut pelanggan juga perlu mengetahui apa penyebab permasalahannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara mengatasi gagal isi token listrik prabayar dilengkapi dengan penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi gagal memasukkan kode token listrik prabayar.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *