Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Cara Reset Meteran Listrik Pulsa 2021 (Kode Periksa & Gagal)

Cara Reset Meteran Listrik Pulsa

Cara Reset Meteran Listrik Pulsa – Sebagaimana diketahui, energi listrik saat ini memang sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dimana energi listrik tersebut pastinya sangat diperlukan baik itu untuk kebutuhan rumah tangga, membantu aktivitas bekerja dan lain sebagainya.

Ketika meteran listrik khususnya pulsa atau prabayar di rumah tidak beroperasi dengan benar, sebaiknya segera hubungi petugas PLN. Akan tetapi, pastinya kegiatan pengecekan dari petugas PLN membutuhkan biaya tambahan seperti halnya saat MEMINDAHKAN METERAN LISTRIK.

Maka dari itu, jika kalian tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, kalian bisa melakukan reset meteran listrik secara manual dengan cara memasukkan kode khusus ke dalam meteran listrik.

Secara garis besar, langkah-langkah mereset meteran listrik pulsa sebenarnya mudah untuk dilakukan. Nah, untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara reset meteran listrik pulsa secara manual dilengkapi syarat-syaratnya.

Tujuan Reset Meteran Listrik Pulsa

Tujuan Reset Meteran Listrik Pulsa

Sebelum pembahasan utama mengenai cara reset meteran listrik pulsa berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa tujuan melakukan kegiatan tersebut. Seperti dijelaskan sebelumnya, tujuan utama mereset meteran listrik pulsa yaitu untuk mengatasi kendala error ataupun masalah lain pada meteran.

Biasanya masalah tersebut ditandai dengan munculnya tulisan periksa atau gagal pada LCD meter. Dengan kata lain, mereset meteran listrik pulsa atau prabayar ini bisa menghilangkan permasalahan error tersebut. Di bawah ini adalah beberapa penyebab timbulnya pesan error di meteran listrik pulsa PLN.

  • Server PLN error.
  • Pelanggan salah memasukkan kode.
  • Meteran listrik pulsa bermasalah.
  • Instalasi listrik buruk.
  • KwH over limit.

Kode Reset Meteran Listrik Pulsa

Perlu diketahui, supaya kegiatan mereset meteran listrik pulsa PLN dapat berhasil, maka pelanggan perlu memasukkan sebuah kode khusus. Hal ini dikarenakan setiap masalah yang dialami oleh meteran listrik token pulsa memiliki kode berbeda-beda.

Untuk mereset meteran listrik token pulsa PLN, pelanggan bisa memasukkan kode khusus 00 ketika muncul tulisan gagal atau periksa di LCD. Biasanya kode tersebut juga dapat digunakan untuk semua merk meteran listrik token pulsa seperti ITRON.

Cara Reset Meteran Listrik Pulsa

Setelah mengetahui tujuan hingga syarat mereset meteran listrik pulsa, tahap selanjutnya yaitu tinggal mengetahui bagaimana langkah-langkah melakukannya. Seperti dijelaskan di atas, pada intinya untuk melakukan reset meteran listrik pelanggan hanya perlu memasukkan sebuah kode.

Namun sebelum memasukkannya, terdapat beberapa hal penting yang harus pelanggan perhatikan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara reset meteran listrik pulsa PLN di bawah ini.

1. Matikan Semua Alat Elektronik

Matikan Semua Alat Elektronik

Cara pertama, silahkan matikan terlebih dahulu semua alat elektronik yang berada di rumah. Hal ini penting dilakukan supaya nantinya benar-benar tidak ada penggunaan energi kelistrikan di rumah.

2. Cabut Semua Kabel Listrik

Cabut Semua Kabel Listrik

Langkah selanjutnya, silahkan mulai mencabut kabel-kabel listrik yang masih terhubung dengan aliran energi listrik di rumah. Pencabutan semua kabel listrik ini perlu dilakukan guna menghindari adanya kemungkinan arus listrik yang masih mengalir.

Apabila arus listrik masih mengalir, maka meteran akan menghitung pengeluaran listrik dan alat elektronik tetap menyala. Maka dari itu, jangan hanya mematikan alat elektronik saja, namun pastikan bahwa kabel listrik juga sudah tercabut supaya biaya listrik di rumah tidak boros.

3. Masukkan Kode Reset Meteran Listrik

Masukkan Kode Reset Meteran Listrik

Memasukkan kode khusus menjadi cara terakhir ketika mereset meteran listrik pulsa PLN. Sebelumnya, silahkan matikan meteran listrik terlebih dahulu untuk membetulkan kembali sistem yang salah pada meteran.

Setelah kurang lebih 15 menit dimatikan, kemudian hidupkan kembali meteran listrik dan masukkan kode reset meteran listrik pulsa 00. Jika berhasil, maka tulisan periksa atau gagal pada layar LCD meteran listrik pulsa akan menghilang dengan sendirinya.

Tips Mengatasi Gagal Reset Meteran Listrik Pulsa

Tips Mengatasi Gagal Reset Meteran Listrik Pulsa

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara reset meteran listrik pulsa beserta syarat dan ketentuannya. Meskipun tata cara di atas terlihat mudah dilakukan, namun masih ada sebagian pelanggan mengeluhkan bahwa mereka gagal dalam meeset meteran listrik pulsa.

Jika mengalami permasalahan tersebut, salah satu alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan melaporkan atau mengadukan ke pihak PLN. Kalian bisa melaporkannya ke Rayon atau kantor cabang PLN terdekat terkait permasalahan gagal mereset meteran listrik pulsa tersebut.

Atau kalian juga bisa bertanya secara langsung kepada pihak customer service PLN pusat melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : (Kode Area) 123
  • WhatsApp : 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : PLN123_official
  • Twitter : @pln_123

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mereset meteran listrik pulsa PLN, pelanggan hanya perlu memasukkan sebuah kode khusus. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil untuk mereset meteran listrik, maka sebaiknya segera hubungi petugas PLN terdekat terkait langkah penanganannya.

Demikian pembahasan dari Epropertyrack seputar cara reset meteran listrik pulsa menggunakan kode khusus dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak mereset meteran listrik token pulsa PLN di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *