Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Pindah Meteran Listrik 2021

Cara Pindah Meteran Listrik 2021

Cara Pindah Meteran Listrik 2021 – Sebagaimana diketahui, setiap bangunan entah itu rumah tinggal, gedung perkantoran ataupun bangunan lainnya pasti memiliki meteran listrik. Umumnya meteran listrik di pasang di bagian depan rumah maupun pada titik tertentu di sebuah bangunan.

Meteran atau kWh listrik sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengukur pemakaian daya listrik di rumah ataupun industri. Tentunya pemasangan meteran listrik yang berada di depan rumah ini bertujuan agar nantinya penghuni atau petugas PLN mudah dalam melakukan pengecekan.

Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang berencana memindahkan meteran listrik mereka dengan berbagai macam alasan. Salah satu alasan yang kerap digunakan oleh pemilik rumah yaitu karena ingin melakukan renovasi bangunan, entah itu dalam skala kecil maupun besar.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak memindahkan meteran listrik di rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana prosedur pengajuannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara pindah meteran listrik 2021 disertai syarat dan biayanya.

Syarat Pindah Meteran Listrik 2021

Syarat Pindah Meteran Listrik 2021

Sebelum membahas cara pindah meteran listrik 2021 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa syarat beserta ketentuannya. Perlu diingat, agar pengajuan pemindahan meteran listrik dapat disetujui, maka lokasi pemindahan meteran tersebut harus berada di tempat terbuka dan aman.

Lokasi penggeseran meteran listrik juga harus masih dalam satu bangunan atau persil yang sama. Jika meteran di pindah dari bangunan 1 ke bangunan 2, itu tidak diperbolehkan karena SPJBTL mengikat pada bangunan 1.

Selain itu, terdapat juga beberapa syarat lainnya seperti dokumen pribadi yang perlu dipersiapkan oleh pemohon. Adapun sejumlah syarat-syarat pindah meteran listrik PLN tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Nomor ID meteran listrik pelanggan.
  • Nomor identitas pemilik bangunan (sesuai KTP).
  • Alamat lokasi bangunan.
  • Nomor telepon aktif dan dapat dihubungi.
  • Surat permohonan pemindahan meteran listrik.
  • Melampirkan surat kuasa bermaterai apabila pengajuan pemindahan meteran listrik dikuasakan.
  • Tidak memiliki tunggakan tagihan rekening bulanan sebelumnya (khusus pelanggan prabayar).

Contoh Surat Permohonan Pindah Meteran Listrik 2021

Surat permohonan pemindahan meteran listrik juga menjadi syarat utama agar pengajuan bisa diterima. Nah, berikut akan kami berikan contoh surat yang bisa digunakan untuk mengajukan permohonan penggeseran meteran listrik PLN.

Contoh Surat Permohonan Pindah Meteran Listrik 2021

Cara Pindah Meteran Listrik 2021

Tata Cara Pindah Meteran Listrik 2021

Secara garis besar, prosedur pemindahan meteran listrik hampir sama seperti CARA GANTI METERAN LISTRIK KE TOKEN. Pasalnya, pemohon harus melakukan pendaftaran atau registrasi online terlebih dahulu dengan cara menelepon customer service PLN.

Berdasarkan keterangan dari pihak PLN, prosedur pemindahan meteran listrik hanya bisa dilakukan oleh petugas yang telah ditunjuk secara resmi oleh PLN. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara pindah meteran listrik 2021 ke token berikut ini.

1. Hubungi Customer Service PLN

Pertama-tama, silahkan hubungi customer service PLN melalui panggilan telepon ke nomor 123. Silahkan utarakan semua maksud dan tujuan kalian untuk mengajukan pemindahan meteran listrik di rumah.

2. Registrasi Pemindahan Meteran

Selanjutnya, pihak PLN akan menanyakan nomor ID meteran pelanggan, lokasi bangunan, nomor identitas serta nomor HP pemohon. Lalu customer service akan memberikan nomor registrasi layanan pindah meteran listrik. CS juga akan memberitahu kalian terkait kantor cabang atau Rayon PLN terdekat yang bertanggung jawab atas penggeseran meteran listrik.

3. Survei Lokasi Bangunan

Setelah itu, pihak Rayon terdekat biasanya akan mengunjungi lokasi pemohon untuk melakukan survei lapangan dalam jangka waktu 2 sampai 3 hari. Pemeriksaan atau peninjauan lokasi bangunan ini perlu dilakukan untuk memutuskan apakah meteran listrik bisa di pindah ataupun tidak.

Apabila proses survei lokasi bangunan sudah selesai dilakukan, lalu petugas biasanya akan memberikan 1 slip berwarna biru. Slip tersebut berisikan rincian estimasi biaya yang perlu dibayarkan oleh pemohon terkait pelayanan pemindahan meteran listrik, mulai dari ongkos teknisi sampai harga material penggantiannya.

4. Keputusan Persetujuan Pemindahan Meteran Listrik

Keputusan persetujuan pindah meteran listrik umumnya diberitahukan kepada para pemohon dalam bentuk surat jawaban, baik itu disetujui, tidak disetujui maupun dikonsultasikan. Bila jawaban pihak PLN menyetujui, maka di dalam surat tersebut biasanya tertera besaran biaya pasti pemindahan meteran listrik.

5. Mengunjungi PLN Rayon Terdekat

Cara pindah meteran listrik 2021 selanjutnya yaitu mendatangi Rayon terdekat dengan membawa Surat Permohonan Pemindahan Meteran Listrik serta surat lembaran biru yang sudah didapatkan sebelumnya. Jangan lupa untuk melampirkan fotokopi KTP serta melakukan pembayaran biaya penggeseran meteran listrik.

6. Proses Pemindahan Meteran Listrik

Apabila proses pembayaran biaya pindah meteran sudah berhasil, maka pemindahan meteran akan segera dilakukan dalam kurun waktu 3 sampai 10 hari kerja. Akan tetapi, jika terdapat sejumlah faktor penyulit, tidak menutup kemungkinan proses penggeseran meteran listrik membutuhkan waktu lebih lama.

Biaya Pemindahan Meteran Listrik 2021

Biaya Pemindahan Meteran Listrik 2021

Seperti dijelaskan sebelumnya, pelanggan diharuskan membayar biaya pindah meteran listrik sesuai ketentuan dari pihak PLN. Umumnya besaran biaya pemindahan meteran listrik berbeda-beda untuk setiap pelanggan, tergantung tingkat kesulitan atau kerumitannya.

Kendati demikian, proses pindah meteran listrik oleh petugas PLN umumnya hanya membutuhkan biaya kurang lebih sekitar Rp 500.000. Akan tetapi, besaran biaya tersebut belum termasuk PPN sebesar 10%.

Proses pembayaran biaya penggeseran meteran listrik sendiri dapat dilakukan melalui kantor cabang atau Rayon terdekat. Atau pelanggan juga bisa melakukan pembayaran dengan cara transfer bank yang sudah bekerja sama dengan pihak PLN.

Denda Pindah Meteran Listrik Ilegal

Denda Pemindahan Meteran Ilegal

Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mendengar tentang jasa pemindahan listrik ilegal. Jika memang pernah, sebaiknya jangan tergiur untuk menggunakan jasanya, meskipun tarif atau ongkosnya jauh lebih murah.

Sebab, penggeseran meteran listrik tanpa sepengetahuan PLN ataupun secara ilegal merupakan sebuah pelanggaran. Selain bisa mendapatkan hukuman, pelanggan tersebut juga akan dikenai sanksi denda dengan nominal cukup besar, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Call Center PLN

Call Center PLN

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai cara pindah meteran listrik 2021 beserta syarat hingga biayanya. Jika masih bingung, sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak PLN dengan cara menghubungi customer service di beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : (Kode Area) 123
  • WhatsApp : 123
  • Email : pln123@pln.co.id.
  • Facebook : @PLN123
  • Instagram : PLN123_official
  • Twitter : @pln_123

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengajuan pemindahan meteran listrik dapat dilakukan secara online dengan cara menghubungi customer service PLN. Selain itu, di dalam prosedur penggeseran meteran listrik juga terdapat ketentuan terkait biaya jasa pelayanannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara pindah meteran listrik 2021 disertai syarat sampai biaya jasa pelayanannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengajukan penggeseran meteran listrik di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *