Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Bangun Toko Kecil

Biaya Bangun Toko Kecil

Biaya Bangun Toko Kecil – Memiliki rumah dengan toko menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi sebagian orang yang memiliki usaha menjual barang dagangan. Kebanyakan orang juga tidak mempermasalahkan apabila memiliki rumah sederhana, asalkan mereka memiliki sebuah tempat usaha.

Seiring berjalannya waktu seperti sekarang ini, beberapa pengembang properti lebih memilih menjual model rumah toko atau ruko. Pasalnya sebagian besar orang lebih tertarik membuka usaha sendiri dengan berjualan toko kelontongan untuk menyediakan sembako, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tidak jarang pula beberapa orang lebih memilih untuk membangun toko berukuran kecil sendiri ketimbang membeli dalam bentuk jadi. Tipe toko sederhana tersebut juga cukup beragam, mulai dari toko tipe 3×4, 4×6, 4×8 hingga 5×10 meter tergantung dengan luas ktersediaan luas lahan.

Apabila di antara kalian ada yang ingin membangun toko kecil sebagai tempat usaha, penting membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan matang sejak awal. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya bangun toko kecil beserta rincian perhitungannya.

Kelebihan dan Kekurangan Bangun Toko Kecil

Kelebihan dan Kekurangan Bangun Toko Kecil

Cukup berbeda pada proses BANGUN RUKO 2 LANTAI, pembangunan toko kecil memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yeng perlu dipertimbangkan. Beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

Kelebihan

  • Proses pembangunannya tidak memerlukan biaya besar.
  • Dapat dibangun di atas lahan tidak terlalu luas.
  • Bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam bisnis ataupun usaha.
  • Biaya perawatan tergolong murah.

Kekurangan

  • Jika pembangunan ditujukan untuk investasi, peminat toko kecil rendah.
  • Karena lahan terbilang terbatas, maka dinilai kurang nyaman.
  • Perkembangan menjadi toko besar lambat.

Biaya Bangun Toko Kecil

Membuat RAB dengan matang sejak awal memang diperlukan agar terhindar dari kelebihan ataupun kekurangan dana pada saat proses pembangunan sedang berlangsung. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara menghitung biaya bangun toko kecil di bawah ini.

Biaya Pembelian Tanah

Biaya Pembelian Tanah

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika hendak membangun toko yaitu tentang ketersediaan lahan. Jika ingin membangun toko kecil tipe 4×8, maka kalian memerlukan tanah seluas 50 meter persegi. Jika harga tanah yaitu Rp 2.000.000 maka biaya pembelian tanah yaitu 50 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 100.000.000.

Total Luas Bangunan

Total Luas Bangunan

Selanjutnya yaitu menghitung luas total bangunan toko kecil. Perhitungan tersebut diperlukan agar nantinya kalian bisa memperkirakan berapa besar biaya yang diperlukan untuk membangun toko kecil. Apabila toko tersebut bertipe 4×8 maka total luasnya yaitu 32 meter persegi.

Biaya Total Bangun Toko Kecil

Biaya Total Bangun Toko Kecil

Setelah mengetahui total luas bangunan, barulah menghitung mengenai biaya bangun toko kecil. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis pekerja bangunan, yaitu sistem harian serta sistem borongan.

Pekerja Harian

Untuk sistem pekerja harian umumnya mematok harga mulai dari Rp 80.000 sampai Rp 100.000. Ketika menggunakan pekerja harian, kalian diharuskan mencari material bangunan sendiri. Jadi harga tersebut belum termasuk ke dalam biaya pembelian material.

Pekerja Borongan

Sedangkan pekerja dengan sistem borongan sudah termasuk biaya pembelian material bangunan. Biasanya mereka mematok HARGA BORONGAN mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000. Apabila kalian tidak ingin repot mencari bahan bangunan, sebaiknya gunakan pekerja sistem borongan.

Jadi, jika kalian lebih memilih menggunakan pekerja dengan sistem upah borongan, maka total biaya bangun toko kecil yaitu Rp 2.500.000 x 32 m2 = Rp 80.000.000. Apabila ditotal biaya pembelian tanah dengan biaya pembangunannya yaitu sekitar Rp 100.000.000 + Rp 80.000.000 = Rp 180.000.000.

Tips Bangun Toko Kecil

Tips Bangun Toko Kecil

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya bangun toko kecil mulai dari biaya pembelian lahan sampai upah pekerja harian ataupun borongan. Agar pembangunan dapat berjalan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Buat perencanaan dengan matang sejak awal seperti pembuatan RAB.
  • Gunakan desain toko kecil minimalis dan tidak rumit.
  • Apabila menggunakan sistem borongan, pilihlah kontraktor berpengalaman serta dapat dipercaya.
  • Gunakan material berkualitas meskipun harganya sedikit lebih tinggi.
  • Jika budget tidak terlalu besar, sebaiknya bangun toko kecil secara bertahap.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa total biaya untuk membangun toko kecil besarannya tergantung dengan ukuran bangunan. Apabila toko kecil tersebut memiliki ukuran 4×8, maka total biaya pembangunannya yaitu Rp 180.000.000, sudah termasuk biaya pembelian lahan berukuran 50 meter persegi.

Itulah sekiranya penjelasan seputar biaya bangun toko kecil beserta tata cara perhitungannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat kalian jadikan gambaran ketika hendak membangun toko kecil impian.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *