Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Tangga Kayu Sederhana Agar Kuat & Aman!

Ukuran Tangga Kayu Sederhana

Ukuran Tangga Kayu Sederhana – Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa tangga merupakan sebuah elemen penting di dalam hunian bertingkat. Namun sayangnya, banyak hunian yang menjadikan konstruksi tersebut sebagai elemen “berat” yang menyita area.

Selain itu, terdapat juga beberapa hunian yang sengaja menyembunyikan tangga karena dianggap tidak sedap untuk dipandang. Padahal selain sisi fungsionalnya, konstruksi bangunan pada hunian bertingkat tersebut juga dapat ditonjolkan dari segi estetikanya.

Salah satu jenis material yang seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan tangga sederhana di sebuah rumah yaitu kayu. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana yang mengeluhkan bahwa mereka belum memahami tentang berapa ukuran standarnya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk membuat tangga kayu di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukurannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai ukuran tangga kayu sederhana semua jenis dan model dilengkapi kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Kayu

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tangga merupakan salah satu elemen penting yang tidak dapat dipisahkan pada sebuah bangunan bertingkat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tangga menjadi akses agar penghuni rumah bisa menuju ke lantai atasnya.

Untuk saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis material tangga yang tersedia di pasaran Indonesia, salah satunya yaitu kayu. Tidak hanya awet, namun tangga dari material kayu juga bisa membuat ruangan di dalam rumah terlihat semakin cantik serta menarik.

Meskipun demikian, bukan berarti tangga kayu tidak mempunyai kelemahan ataupun kekurangan sama sekali. Oleh sebab itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai standar ukuran tangga kayu sederhana lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Mampu menghadirkan nilai estetika tinggi.
  • Proses pemasangannya lebih mudah.
  • Tangga kayu mempunyai tekstur yang tidak licin.
  • Awet dan tahan lama.
  • Bagus untuk penderita rematik.

Kekurangan

  • Harga relatif mahal.
  • Jika tidak diberi perawatan khusus, maka tangga kayu berpotensi rusak.

Jenis Tangga Kayu Sederhana

Ketika hendak mengetahui berapa standar ukuran tangga kayu sederhana, tentunya kalian juga harus memahami apa saja jenis-jenis material yang dapat digunakan. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis kayu dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan tangga sederhana.

Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tangga sederhana di dalam sebuah hunian.

  • Kayu jati.
  • Kayu kamper.
  • Kayu merbau.
  • Kayu kelapa tua.
  • Kayu meranti merah.

Ukuran Tangga Kayu Sederhana

Standar Ukuran Tangga Kayu Sederhana

Setelah memahami beberapa kelebihan hingga kekurangan beserta jenis-jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tangga kayu sederhana, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai standar ukurannya. Sama seperti halnya konstruksi tangga pada umumnya, struktur tangga kayu sederhana juga terdiri dari beberapa elemen.

Adapun sejumlah elemen tersebut diantaranya yaitu seperti anak tangga vertikal (riser) sebagai pijakan tangga horizontal (tread), ibu tangga untuk menjepit anak tangga (string), pegangan tangga (handrail), pagar tangga (baluster) serta kolom utama (newel). Dimana masing-masing elemen akan saling menopang satu sam lain sehingga secara utuh tangga kuat dalam menjalankan fungsinya.

Seperti saat membahas ukuran tangga tinggi 3 meter, tentunya pembuatan tangga kayu sederhana juga mempunyai spesifikasi tersendiri. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kekuatan tangga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena menyangkut keamanan orang atau penghuni rumah ketika menapaki tangga.

Selain harus memperhatikan dalam pemilihan jenis kayu sebagai bahan pembuatan tangga sederhana, pemilihan material ini juga berkaitan dengan pemilihan ukuran kayu. Adapun dimensi seperti tebal hingga lebar kayu sebagai bahan pembuatan tangga sederhana tersebut nantinya sangat mempengaruhi kekuatan strukturnya.

Untuk anak tangga pada tangga kayu sederhana dapat menggunakan papan kayu dengan ukuran 3 cm x 20 cm atau 4 cm x 20 cm. Apabila kurang dari ukuran standar tersebut, dikhawatirkan anak tangga akan melendut ketika menerima beban yang berlebih, entah itu ketika sedang dipijak ataupun pada saat ingin menaikkan barang berat ke lantai atas.

Sementara untuk ibu tangga yang mengapit anak tangga kayu sederhana, usahakan pilih ukuran yang lebih besar supaya bisa menahan beban pijakan dari anak tangga. Pada umumnya, para tukang kayu atau pekerja bangunan yang sudah berpengalaman menyarankan untuk menggunakan ukuran kayu seperti 5 cm x 10 cm.

Pertimbangan Memilih Tangga Kayu Untuk Hunian

Di atas sudah dijelaskan mengenai standar ukuran tangga kayu sederhana untuk semua jenis dan model dilengkapi dengan sejumlah kelebihan beserta kekurangannya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mempertimbangkan beberapa hal ketika ingin memilih tangga kayu sederhana untuk bangunan bertingkat.

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, tangga yang dirancang dengan baik mampu menjadi sebuah sentuhan yang cantik untuk sebuah. Memang benar bahwa pilihan tangga kayu masih menjadi pilihan yang mewah dan elegan.

Hal ini dikarenakan tangga kayu terkenal karena keindahan, kualitas serta kemampuan dalam beradaptasi desainnya. Selain itu, pilihan kayu sebagai bahan dasar pembuatan tangga sederhana di rumah juga mempunyai cukup banyak jenis sehingga mampu membuat interior rumah tampak lebih menarik.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran tangga kayu sederhana untuk semua jenis dan model dilengkapi dengan sejumlah keunggulan hingga kelemahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat tangga rumah sederhana di rumah.

Sumber gambar : stair-rodsdirect.co.uk

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *