Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Cara Menghitung Luas Tanah yang Tidak Beraturan dengan Rumus!!

Cara Menghitung Luas Tanah yang Tidak Beraturan

Cara Menghitung Luas Tanah yang Tidak Beraturan – Seiring berjalannya waktu, saat ini ketersediaan lahan kosong di kota-kota besar ataupun pedesaan semakin menurun. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya saat ini banyak orang lebih memilih membangun rumah baru dibandingkan membeli dalam bentuk jadi.

Persoalan tersebut membuat seseorang terpaksa harus membeli tanah dengan ukuran yang tidak beraturan, baik itu dari segi panjangnya ataupun lebarnya. Namun, supaya tidak rugi dalam membeli sebidang tanah dengan ukuran tidak beraturan, tentunya kalian juga harus mengerti berapa total luas atau volumenya.

Namun, masih ada sebagian orang di luar sana yang kebingungan bagaimana cara menghitung luas sebidang tanah dengan ukuran tidak sama. Memang benar jika saat ini sudah tersedia cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung luas lahan.

Namun, sebenarnya perhitungan luas tanah yang ukurannya tidak beraturan bisa dilakukan dengan mudah secara manual. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung luas tanah yang tidak beraturan secara manual menggunakan rumus.

Tujuan Menghitung Luas Tanah

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menghitung luas tanah yang tidak beraturan berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa alasannya. Dimana salah satu tujuan perhitungan ini dilakukan yaitu untuk mengetahui berapa ukuran suatu bidang lahan yang nantinya akan sangat berpengaruh pada nilai jual serta harganya.

Selain itu, perhitungan luas tanah juga sangat penting untuk dilakukan oleh seseorang ketika hendak membangun sebuah rumah. Namun sayangnya, masih ada sebagian orang yang kebingungan ketika hendak menghitung luas tanah dengan ukuran panjang dan lebar yang tidak sama.

Pada intinya, perhitungan luas lahan yang tidak beraturan tersebut dapat dilakukan dengan mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Maka dari itu, sebaiknya ikuti saja ulasan mengenai perhitungan total volume tanah dengan ukuran panjang dan lebar yang tidak sama sampai selesai.

Rumus Menghitung Luas Tanah yang Tidak Beraturan

Seperti dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan hasil perhitungan luas tanah yang akurat, maka kalian membutuhkan adanya sebuah rumus. Tentunya rumus ini akan mempermudah seseorang dalam melakukan perhitungan total luas tanah yang tidak beraturan.

Perlu diketahui, pada dasarnya rumus menghitung luas tanah yang panjang dan lebarnya tidak sama ini hampir mirip seperti rumus perhitungan volume trapesium. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan rumus perhitungan luas tanah yang tidak beraturan.

Luas Tanah : Rata-Rata Panjang Sisi I dan II x Rata-Rata Lebar Sisi I dan II

Atau

Luas Tanah : ((Panjang Sisi I + II) ÷ 2) x ((Lebar Sisi I + II) ÷ 2)

Cara Menghitung Luas Tanah yang Tidak Beraturan

Cara Menghitung Volume Tanah yang Tidak Beraturan

Setelah memahami rumus perhitungan luas tanah yang tidak beraturan di atas, berikutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitungnya. Sebenarnya perhitungan luas tanah tidak beraturan ini juga sangat diperlukan ketika seseorang hendak menghitung BIAYA MEMBANGUN RUMAH.

Sebagai contoh kalian akan membeli tanah dengan ukuran panjang sisi I 10.5 meter, panjang sisi II 9.5 meter dengan lebar sisi I 8.3 meter serta lebar sisi II 8 meter, maka tata cara menghitung total luas ataupun volume lahan tersebut diantaranya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang sisi I : 10.5 m.
  • Panjang sisi II : 9.5 m.
  • Lebar sisi I : 8.3 m.
  • Lebar sisi II : 8 m.

Perhitungan :

  • Luas tanah : ((Panjang sisi I + II) ÷ 2) x ((Lebar sisi I + II) ÷ 2.
  • Luas tanah : ((10.5 m + 9.5 m) ÷ 2) x ((8.3 m + 8 m) ÷ 2.
  • Luas tanah : (20 m ÷ 2) x (16.3 m ÷ 2).
  • Luas tanah : 10 m x 8.15 m = 81.5 m2.

Dari data perhitungan di atas, total luas atau volume tanah dengan panjang sisi I 10.5 meter, panjang sisi II 9.5 meter, lebar sisi I 8.3 meter serta lebar sisi II 8 meter yaitu sekitar 81.5 meter persegi.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Aplikasi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung luas tanah yang tidak beraturan secara manual menggunakan rumus. Jika cara di atas memang terlihat cukup ribet, sebenarnya kalian juga bisa melakukan perhitungan luas tanah dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Sebab, saat ini sudah tersedia cukup banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung volume ataupun luas lahan. Dimana salah satu aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk menghitung total luas tanah yaitu Autocad. Nah, berikut adalah cara menghitung luas tanah dengan aplikasi Autocad.

  1. Buat gambar sketsa denah menggunakan garis polyline supaya keseluruhan garis menyabung.
  2. Salanjutnya klik pada setiap garis yang sudah kalian gambar sampai garis terlihat putus-putus.
  3. Pada bagian command section, silahkan ketikkan li lalu tekan Enter.
  4. Jika cara melakukannya benar, maka secara otomatis akan muncul halaman baru yang berisikan berbagai macam informasi bidang yang tekah digambar, termasuk luas tanahnya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung luas tanah yang tidak beraturan secara manual dengan rumus ataupun menggunakan aplikasi tambahan. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung luas lahan yang panjang dan lebarnya tidak sama.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *