Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana

Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana

Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana – Membangun sebuah ruko atau rumah toko dapat menjadi alternatif pilihan sebagai tempat usaha sekaligus rumah tinggal. Akan tetapi, terdapat juga beberapa bangunan ruko yang tidak terpakai bahkan sampai puluhan tahun karena tidak ada peminatnya.

Hal tersebut bisa saja disebabkan karena penawaran harga sewa ataupun harga jualnya mahal sehingga kurang diminati oleh banyak orang. Selain itu, desain atau konsep ruko kurang menarik juga bisa menjadi penyebab mengapa ruko kurang menarik banyak peminat.

Oleh karena itu, pembangunan sebuah ruko harus dipertimbangkan dengan matang, mulai dari perencanaan desain, pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan lain sebagainya. Berbicara mengenai RAB, mungkin elemen ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebelum membangun sebuah ruko.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana untuk membangun ruko 1 lantai sederhana, alangkah baiknya hitung terlebih dahulu berapa besar biaya pembangunannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya bangun ruko 1 lantai sederhana, mulai dari bahan material hingga ongkos pekerjanya.

Denah Ruko 1 Lantai Sederhana

Denah Ruko 1 Lantai Sederhana

Sebelum membahas biaya bangun ruko 1 lantai sederhana lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu denah ideal bangunan tersebut. Kebanyakan orang lebih sering membangun ruko 1 lantai sederhana dengan ukuran 6 meter x 10 meter.

Di dalam ruko 1 lantai sederhana tersebut umumnya terdiri dari 1 kamar tidur, dapur serta kamar mandi berukuran sederhana. Selebihnya biasanya digunakan sebagai toko atau kios yang dimanfaatkan sebagai tempat usaha pemiliknya.

Memang benar jika ruko jarang sekali memiliki ruangan keluarga karena tujuan utama pembangunannya yaitu sebagai tempat usaha. Selain itu, kalian jadi lebih bisa menghemat biaya pembangunan karena ruangan ruko tidak terlalu banyak.

Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana

Sebagaimana diketahui, tentunya biaya bangun ruko 1 lantai sederhana akan jauh lebih murah dibandingkan PEMBANGUNAN RUKO 2 LANTAI. Selain itu, pembangunannya juga membutuhkan waktu sedikit lebih cepat sehingga bisa menghemat biaya pengeluarannya.

Ketika hendak membangun sebuah ruko 1 lantai sederhana, terdapat beberapa elemen penting yang harus diperhatikan. Daripada penasaran, berikut adalah rincian perhitungan biaya pembangunan ruko 1 lantai sederhana.

Biaya Pembelian Lahan

Biaya Pembelian Lahan

Elemen penting pertama dalam pembuatan ruko 1 lantai sederhana yaitu biaya pembelian lahan atau tanah. Biasanya, ruko berukuran 6 x 10 ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 72 meter persegi.

Sebagai contoh harga tanah per satu meter perseginya saat ini adalah Rp 2.000.000, maka perhitungan biaya pembelian tanahnya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Biaya beli tanah : Luas tanah x harga tanah per m2.
  • Biaya beli tanah : 75 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 144.000.000.

Perlu diingat, harga tanah di beberapa daerah tentunya sangat berbeda-beda, tergantung pada tempat ataupun lokasinya. Semakin strategis lokasi tanah, maka akan semakin mahal pula harganya.

Total Luas Bangunan

Total Luas Bangunan

Kemudian kalian juga harus menghitung total luas bangunan ruko 1 lantai sederhana terlebih dahulu. Apabila bangunan ruko 1 lantai sederhana tersebut dibangun dengan ukuran 6 x 10 meter, maka perhitungan luas total bangunannya yaitu seperti berikut ini.

  • Luas bangunan : Lebar x panjang bangunan
  • Luas bangunan : 6 m x 10 m = 60 m2.

Jadi, total luas bangunan untuk ruko 1 lantai sederhana berukuran 6 x 10 yaitu sekitar 60 meter persegi.

Ongkos Pekerja

Ongkos Pekerja

Elemen penting selanjutnya yaitu menghitung ongkos pekerja atau tukang bangunannya. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis pekerja bangunan, yaitu pekerja dengan sistem harian serta pekerja sistem borongan atau kontraktor.

Pekerja Harian

Umumnya para pekerja harian mematok harga atau tarif mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 120.000 per harinya. Apabila memilih menggunakan jasa pekerja harian, maka kalian harus mempersiapkan biaya guna membeli bahan material bangunannya.

Pekerja Borongan

Sementara pekerja borongan atau pemborong, pemilik ruko sudah tidak perlu lagi mencari bahan material bangunan sendiri. Sebab, semua material pembangunannya akan ditangani oleh kontraktor sehingga pemilik ruko tidak perlu repot-repot membelinya.

Untuk saat ini, HARGA BORONGAN BANGUNAN di beberapa daerah cukup bervariasi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, secara garis besar biasanya mereka mematok harga mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 2.500.000.

Jika kalian lebih memilih menggunakan jasa borongan, maka perhitungan biaya ongkos tukangnya akan seperti berikut ini.

  • Ongkos pekerja : Luas ruko x harga borongan.
  • Ongkos pekerja : 60 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 120.000.000.

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Perlu diingat, kalian juga harus mempersiapkan biaya lainnya untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal diluar dugaan pada saat proses pembangunan sedang berlangsung. Kalian bisa mempersiapkan biaya lainnya ini sebesar 10% dari total biaya bangun ruko 1 lantai sederhana.

Jika dijumlahkan mulai dari pembelian material hingga ongkos pekerja, maka total biaya pembangunan ruko 1 lantai sederhana yaitu sekitar Rp 144.000.000 + Rp 120.000.000 = Rp 264.000.000.

Tips Membangun Ruko 1 Lantai Sederhana

Tips Membangun Ruko 1 Lantai Sederhana

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya bangun ruko 1 lantai sederhana. Supaya proses pembangunan dapat berjalan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips pembangunannya di bawah ini.

  • Pilihlah lokasi pembangunan ruko strategis.
  • Gunakan material bahan bangunan lokal berkualitas.
  • Cari tukang bangunan berpengalaman dan dapat dipercaya.
  • Apabila anggaran dana terbatas, sebaiknya bangun ruko secara bertahap.
  • Diskusikan terlebih dahulu kepada arsitek terkait desain ruko 1 lantai sederhana.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya pembuatan ruko 1 lantai sederhana dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain itu, sistem pekerja bangunan juga akan sangat mempengaruhi besaran biaya pembangunannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian biaya bangun ruko 1 lantai sederhana mulai dari pembelian lahan hingga ongkos para pekerjanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membangun ruko 1 lantai sederhana.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *