Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng (Jenis & Perhitungan)

Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng – Sebagaimana diketahui, umumnya plafon di rumah-rumah tinggal dibuat dengan bentuk mendatar. Dimana bentuk plafon mendatar juga biasanya dibuat menjadi berbagai macam variasi, mulai dari trap, floating ceiling, drop ceiling, up ceiling dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, terdapat juga beberapa orang membuat plafon di dalam sebuah ruangan mengikuti rangka atap genteng rumah yang miring. Tentunya pembuatan konstruksi plafon miring mengikuti rangka atap rumah tersebut dilakukan dengan berbagai macam alasan.

Memang benar jika proses pembuatan plafon model miring terbilang lebih sulit dibandingkan dengan plafon biasa. Namun di sisi lain, plafon miring juga memiliki sejumlah keuntungan kepada penghuni rumah, salah satunya yaitu bisa membuat ruangan menjadi lebih terasa lebih luas.

Jika diantara kalian berencana membuat konstruksi plafon berbentuk miring mengikuti model genteng, ada baiknya pahami terlebih dahulu konsep pembangunannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan seputar plafon miring mengikuti bentuk genteng mulai dari kelebihan, jenis model hingga cara menghitung kebutuhannya.

Kelebihan Plafon Model Miring

Seperti dijelaskan sebelumnya, plafon model miring mengikuti bentuk rangka atap genteng rumah ini mempunyai beberapa keunggulan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pembuatan plafon miring terlihat lebih unik dan menarik dibandingkan dengan plafon jenis biasa.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya plafon miring memang pada dasarnya masih sedikit orang yang membuatnya sehingga terkesan unik. Secara garis besar, konsep plafon miring banyak ditemui di rumah-rumah tinggal bergaya Eropa Timur.

Dimana salah satu kelebihan plafon model miring yaitu bisa membuat ruangan di dalam rumah menjadi terasa lebih luas. Sebab rangka atap dari dalam rumah terlihat lebih ke atas dan pastinya akan terasa lebih tinggi serta lapang.

Jenis Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Jenis Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Perlu diketahui, tidak semua bahan material pembuatan plafon rumah bisa dibuat miring mengikuti rangka atap genteng. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis material pembuatan plafon yang bisa dibuat miring mengikuti bentuk genteng.

1. Plafon Gypsum

Jenis material plafon pertama yang bisa dibuat untuk konsep miring yaitu gypsum. Gypsum sudah terkenal dengan beberapa keunggulannya seperti tahan panas serta anti serangan rayap. Terlebih lagi harga gypsum di pasaran juga tergolong cukup terjangkau sehingga menjadi keuntungan tersendiri.

2. Plafon Triplek

Plafon miring mengikuti bentuk genteng rumah juga bisa menggunakan bahan triplek. Triplek sendiri saat ini sangat mudah didapatkan di toko-toko bangunan atau material terdekat. Namun sayangnya, triplek tidak tahan terhadap air sehingga jika terjadi kebocoran maka sulit untuk diperbaiki.

3. Plafon Kayu

Memang benar jika material kayu jarang digunakan sebagai bahan pembuatan plafon datar. Akan tetapi, jika diaplikasikan pada model plafon miring, maka material tersebut bisa menambah kesan natural. Selain itu, kayu merupakan bahan ramah lingkungan sehingga bisa membuat nyaman penghuni rumah ketika digunakan sebagai konstruksi plafon.

4. Plafon GRC

Jenis material pembuatan plafon miring mengikuti bentuk rangka atap genteng rumah selanjutnya yaitu GRC. Material tersebut di pasaran di jual dengan harga tidak terlalu mahal sehingga bisa menghemat biaya pemasangan plafon GRC. Tetapi proses pemasangannya harus dilakukan secara hati-hati karena GRC gampang pecah serta rapuh.

5. Plafon Lumber Ceiling

Plafon lumber ceiling juga bisa dimanfaatkan untuk rangka atap plafon miring. Bentuk plafon lumber ceiling sebenarnya hampir sama seperti kayu, hanya saja material tersebut sedikit lebih tipis dengan tekstur lebih rapi. Sekedar informasi, lumber ceiling merupakan kayu yang berasal dari Sulawesi.

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Setelah mengetahui kelebihan hingga jenis-jenis plafon model miring mengikuti bentuk genteng, selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana cara menghitung total kebutuhannya, baik itu dari segi material ataupun biaya pemasangannya.

Perlu diingat, umumnya pemasangan plafon miring akan menempel secara langsung pada rangka atap rumah. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung kebutuhan plafon miring mengikuti struktur genteng rumah.

1. Volume Pekerjaan Plafon Miring

Pertama-tama, kalian harus menghitung luas plafon miring terlebih dahulu. Cara menghitungnya sendiri sebenarnya hampir sama seperti saat menghitung kebutuhan atap rumah genteng. Sebagai contoh kalian akan memasang plafon gypsum konsep miring pada atap rumah genteng model pelana berukuran 12 m x 8 m dengan kemiringan 30 derajat menggunakan pekerja borongan, maka perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 12 m.
  • Lebar : 8 m.
  • Cos 30 derajat : 0.86

Perhitungan :

  • Volume plafon = Volume rangka atap rumah.
  • Volume rangka atap : (Panjang x Lebar) ÷Cos kemiringan atap.
  • Volume rangka atap : (12 m x 8 m) ÷ 0.86.
  • Volume rangka atap : 96 m2 ÷ 0.86 = 111.62 m2 (dibulatkan menjadi 112 m2).

Dari data perhitungan di atas, maka total volume pekerjaan plafon miring pada rumah model pelana berukuran 12 m x 8 m yaitu sekitar 112 meter persegi.

2. Biaya Pasang Plafon Miring

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangan plafon gypsum miring mengikuti bentuk genteng pada ruangan seluas 112 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Misalkan harga borongan pasang plafon per meter perseginya adalah Rp 150.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Biaya pasang plafon miring : Volume pekerjaan x Harga borongan per meter.
  • Biaya pasang plafon miring : 112 m2 x Rp 150.000 = Rp 16.800.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang plafon gypsum model miring mengikuti rangka atap genteng pada ruangan seluas 112 meter persegi menggunakan pekerja borongan yaitu sekitar Rp 16.800.000. Di dalam besaran anggaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup ongkos pekerja borongan hingga pembelian material plafon gypsum.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar plafon miring mengikuti bentuk genteng mulai dari kelebihan, jenis-jenis hingga perhitungan total kebutuhan biaya pemasangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membuat model plafon miring mengikuti rangka atap rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *