Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Feller Buncher : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja & Harga

Feller Buncher

Feller Buncher – Sebagaimana diketahui, bidang kehutanan menjadi salah satu jenis pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan hanya menggunakan tenaga manual saja. Dimana untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut biasanya membutuhkan beberapa jenis alat berat khusus yang bisa membantu para pekerja, terutama dalam menebang kayu.

Nah, feller buncher mungkin menjadi salah satu jenis alat berat yang seringkali dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menebang pohon di dalam pekerjaan kehutanan. Secara garis besarnya, alat berat tersebut memberikan kemudahan bagi para pekerja di bidang kehutanan dengan berbagai macam deskripsi untuk masing-masing tipe atau jenisnya.

Selain itu, kapasitas beserta komponen penyusunnya juga sebenarnya sangat berpengaruh terhadap hasil pekerjaan yang dapat diperoleh. Meskipun demikian, secara garis besarnya tujuan dan fungsi alat berat ini tetap sama, yakni untuk memenuhi kebutuhan perkayuan. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana merasa bingung mengenai jenis alat berat tersebut.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian merasa penasaran mengenai seluk beluk salah satu jenis alat berat pada pekerjaan kehutanan tersebut, ada baiknya ikuti terus pembahasan kali ini. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai apa itu feller buncher mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga cara atau prinsip kerjanya.

Pengertian Feller Buncher

Pengertian Feller Buncher

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, feller buncher merupakan salah satu jenis alat berat yang seringkali digunakan oleh tukang kayu untuk menebang pohon dalam skala besar. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya alat berat ini mampu memotong dan mengangkut kayu lebih dari 200 batang pohon per jam.

Bahkan beberapa orang juga mengklaim bahwa feller buncher mampu menggantikan pekerjaan 10 sampai 15 orang ketika menebang pohon dengan cara manual. Menariknya lagi, alat berat ini juga tidak hanya digunakan untuk proyek penebangan hutan saja, namun juga bisa digunakan untuk membersihkan pepohonan di lahan yang akan digunakan untuk pembangunan.

Fungsi Feller Buncher

Mungkin beberapa diantara kalian sudah mengetahui bahwa di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali jenis alat berat kehutanan yang dapat dimanfaatkan kegunaannya. Meskipun demikian, pemilihan peralatan berat juga harus disesuaikan dengan kegunaannya, biaya operasional perlengkapan sampai kondisi lapangan tempat alat berat bekerja.

Hal ini juga menjadikan beberapa operator alat berat ataupun kontraktor menggunakan feller buncher. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, feller buncher ialah sebuah alat berat yang tergolong ke dalam alat penebang pohon. Sesuai dengan namanya, fungsi utamanya yaitu untuk menebang pohon dalam skala kecil maupun besar.

Meskipun fungsinya hampir sama seperti gergaji manual, namun alat pemotong kayu ini sudah dilengkapi tambahan perlengkapan yang bisa membuatnya mampu memotong dengan cepat. Menariknya lagi, alat berat tersebut juga mampu mengumpulkan beberapa pohon secara sekaligus sebelum menjatuhkannya ke permukaan tanah.

Cara Kerja Feller Buncher

Cara Kerja Feller Buncher

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga fungsi feller buncher, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara atau prinsip kerjanya. Secara garis besarnya, cara kerja alat berat ini yaitu memotong pohon dengan menggunakan gergaji yang ada pada bagian head atau kepalanya.

Hal ini dikarenakan alat berat tersebut dilengkapi dengan dua komponen utama, mulai dari gergaji mesin yang memungkinkan untuk memotong pohon dengan cepat serta alat pencengkeram untuk mengumpulkan beberapa pohon sekaligus sebelum merubuhkannya.

Alat penebang pohon yang dikendalikan oleh seorang operator di dalam kabin ini mampu menebang pohon berdiameter mencapai 50 cm dalam waktu singkat. Pada proses pengoperasiannya, feller buncher seringkali dikombinasikan dengan skidder dan menerapkan metode full tree ataupun full lenght.

Jenis Feller Buncher

Di Indonesia sendiri, saat ini feller buncher sebagai salah satu jenis alat berat pada proyek kehutanan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis atau tipe. Apabila dilihat dari segi alat penggeraknya, maka mesin pemotong kayu berskala besar tersebut digolongkan menjadi dua jenis, yaitu tracked feller dan wheller feller.

Apabila dibandingkan dengan wheeled feller, tracked feller berjalan dengan kecepatan lebih lambat atau pelan. Meskipun demikian, jenis ini mempunyai keseimbangan atau kestabilan lebih baik jika digunakan pada medan curam. Selain itu, tracked feller juga memungkinkan untuk dioperasikan pada jenis tanah basah.

Selain dilihat dari segi penggeraknya, feller buncher juga dapat dibedakan menjadi 3 jenis apabila dilihat dari jarak jangkauannya. Dimana alat berat yang mempunyai bentuk menyerupai excavator ini dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu zero tail swing, limited tail swing hingga full tail swing. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenisnya.

1. Zero Tail Swing

Tipe feller buncher zero tail swing mempunyai jangkauan terbatas sehingga hanya dapat melakukan pekerjaan dengan objek sangat dekat. Hal ini dikarenakan bagian head zero tail swing dipasang langsung pada bagian chassis sehingga jangkauannya cukup terbatas. Zero tail swing ini sangat cocok digunakan pada bidang datar dengan objek mudah dijangkau.

2. Limited Tail Swing

Sementara limited tail swing menjadi salah satu jenis feller buncher yang mempunyai jangkauan cukup jauh. Bisa dikatakan bahwa tipe ini mempunyai jangkauan tidak terlalu jauh, namun juga tidak terlalu terbatas, atau lebih tepatnya ukurannya berada di pertengahan. Meskipun begitu, setiap pekerjaan yang dilakukan menggunakan limited tail swing tetap dapat menghasilkan kayu yang sesuai dan memenuhi kebutuhan.

3. Full Tail Swing

Sementara tipe full tail swing sebenarnya kebalikan dari zero tail swing. Dimana jenis full tail swing sendiri memiliki jangkauan paling jauh ketimbang beberapa tipe sebelumnya. Dengan kata lain, tipe ini dapat digunakan untuk menjangkau area yang cukup sulit untuk dijangkau oleh tipe lainnya. Selain itu, komponennya juga dibuat sedemikian rupa supaya bisa mempunyai jangkauan paling jauh.

Harga Feller Buncher

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai seluk beluk feller buncher mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja hingga jenis-jenisnya. Nah, selanjutnya kalian juga sebenarnya harus mengetahui berapa kisaran harga alat-alat berat pada konstruksi atau proyek kehutanan tersebut di pasaran Indonesia.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak perusahaan alat berat yang menyediakan feller buncher kepada para pelanggannya. Dimana untuk harga peralatan pemotong kayu ini sebenarnya mempunyai harga yang cukup mahal, yaitu berada di kisaran Rp 2 miliar rupiah.

Namun, apabila kalian hanya ingin membutuhkan alat tersebut untuk proyek pekerjaan penebangan pohon dengan skala tidak terlalu besar, saran kami sebaiknya manfaatkan jasa sewa oleh para kontraktor. Pasalnya, kini sudah tersedia cukup banyak jasa kontraktor atau pemborong yang memiliki feller buncher untuk pekerjaan penebangan pohon dalam skala besar.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar seluk beluk mengenai feller buncher mulai dari pengertian, fungsi, cara atau prinsip kerja, jenis-jenis hingga kisaran harganya di pasaran Indonesia. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi dan mampu menambah wawasan kalian di dalam dunia alat-alat berat.

Sumber gambar : deere.com, maltaxmachines.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *