Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Pembuatan Lapangan Futsal 2022 : Indoor & Outdoor

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal
Advertisements

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal – Hampir semua masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama futsal. Dimana olahraga atau kegiatan yang didominasi oleh kaum pria tersebut rupanya memberi keseruan tersendiri bagi siapa saja. Selain itu, bermain futsal juga ternyata dapat dilakukan di berbagai macam tempat, entah itu tempat umum ataupun ruangan pribadi.

Mengingat antusiasme masyarakat terkait olahraga futsal sangat tinggi, maka hal tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha baru dengan membuka bisnis sewa lapangan futsal. Namun sayangnya, banyak orang yang mengalami beberapa kendala ketika hendak membuat lapangan futsal, salah satunya yaitu karena proses pembangunan membutuhkan anggaran dana cukup besar.

Meskipun bisnis sewa lapangan futsal membutuhkan modal terbilang cukup besar, namun mengingat animo masyarakat terhadap olahraga futsal ini, maka dijamin akan mendapatkan keuntungan besar. Terlebih lagi jika proses pembangunan lapangan futsal terencana dengan matang sejak awal, maka kalian bisa menekan anggaran biaya pembuatannya.

Advertisements

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana membuat lapangan futsal di lingkungan sekitar, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pembuatan lapangan futsal per meter untuk semua jenis, entah itu indoor ataupun outdoor.

Alasan Bisnis Lapangan Futsal

Seperti dijelaskan sebelumnya, bisnis lapangan futsal menjadi salah satu peluang usaha menguntungkan bagi masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, sebelum pembahasan utama mengenai biaya pembuatan lapangan futsal per meter lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa alasan kenap kalian harus membuka bisnis tersebut.

  • Target pasar bisnis lapangan futsal luas, mulai dari karyawan, mahasiswa dan lain sebagainya.
  • Dapat membuka bisnis lain seperti jersey, bola hingga membuka kafe atau kantin.
  • Meskipun biaya pembuatan lapangan futsal terbilang cukup besar, namun jika dilihat dari jangka panjangnya maka akan sangat menguntungkan.
  • Lapangan futsal minim perawatan.

Ukuran Lapangan Futsal

Ketika hendak merencanakan biaya pembuatan lapangan futsal, tentunya kalian juga harus mengerti berapa ukuran ataupun dimensi standarnya. Perlu diketahui, di Indonesia sendiri luas lapangan futsal seperti lebar dan panjang dibedakan berdasarkan tipe lapangannya, yaitu lapangan futsal standar serta lapangan futsal mini.

Untuk ukuran lapangan futsal tipe standar nasional, panjang lapangan bisa mencapai 48 atau 42 meter dan lebar lapangan sekitar 18 meter atau 25 meter. Sementara untuk lapangan futsal mini, panjang lapangan harus 24 meter atau 42 meter dengan lebar lapangan kurang lebih sekitar 15 meter sampai 22 meter.

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Per Meter

Seperti halnya biaya bangun rumah per meter, proses pembuatan lapangan futsal juga biasanya menggunakan hitungan per meter persegi. Sebelumnya juga sudah kami singgung bahwa besaran biaya pembuatan lapangan futsal dibedakan menjadi dua kategori, yaitu pembuatan sesuai jenis serta pembuatan sesuai letak lapangan.

Perlu diingat, apabila pengelolaan lapangan futsal dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin kalau usaha atau bisnis ini akan menjelma menjadi ladang emas yang sangat menguntungkan untuk kedepannya. Daripada penasaran, berikut adalah rincian perhitungan biaya pembuatan lapangan futsal untuk semua jenis, entah itu indoor ataupun outdoor.

Pembuatan Lapangan Futsal Sesuai Jenis Lantai

Pertama, besaran biaya pembuatan lapangan futsal disesuaikan berdasarkan jenis permukaan lantainya. Untuk saat ini, di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis lantai pada lapangan futsal, yaitu interlock, sintetis serta vinyl. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah besaran biaya pembuatan lapangan futsal berdasarkan jenis lantai.

Lapangan Futsal Interlock

Lapangan Futsal Interlock
Advertisements

Lapangan futsal interlock ialah sebuah lapangan yang dilapisi dengan karpet lantai plastik. Dimana bahan materialnya sendiri biasanya terbuat dari plastik polypropylene asli sehingga lebih awet dan kuat. Berikut adalah rincian biaya pembuatannya.

KeteranganBiaya
Interlock 25 m x 15 mRp 75.000.000
Gawang FutsalRp 5.000.000
Jaring Futsal KelilingRp 22.000.000
Harga PasangRp 4.000.000
TOTAL BIAYARp 106.000.000

Lapangan Futsal Sintetis

Lapangan Futsal Sintetis

Biaya pembuatan lapangan futsal sintetis lebih mahal jika dibandingkan dengan interlock. Meskipun demikian, kualitas lantai sintetis sedikit lebih bagus ketimbang jenis lapangan futsal indoor lainnya. Sebab, rumput sintetis lapangan futsal sendiri memang sangat mirip dengan rumput aslinya.

KeteranganBiaya
Rumput Sintetis 415 m2Rp 95.000.000
Gawang FutsalRp 5.000.000
Jaring Futsal KelilingRp 22.000.000
Harga PasangRp 6.000.000
TOTAL BIAYARp 128.000.000

Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan Futsal Vinyl

Sementara lapangan futsal vinyl menggunakan lantai vinyl agar terlihat lebih menarik dan tidak terasa sakit ketik terjatuh. Pasalnya, lantai vinyl sendiri lebih empuk jika dibandingkan dengan lantai interlock. Biasanya lantai vinyl sendiri lebih sering dimanfaatkan pada pembuatan lapangan futsal indoor.

KeteranganBiaya
Lantai Vinyl 26 m x 16 mRp 150.000.000
Gawang FutsalRp 5.000.000
Jaring Futsal KelilingRp 22.000.000
Harga PasangRp 6.000.000
TOTAL BIAYARp 183.000.000

Pembuatan Lapangan Futsal Sesuai Letak

Setelah mengetahui besaran biaya pembuatan lapangan futsal berdasarkan jenis permukaan lantainya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar anggaran dana yang perlu dipersiapkan untuk membangun lapangan futsal berdasarkan letaknya, entah itu di indoor ataupun outdoor.

Lapangan Futsal Indoor

Lapangan Indoor

Umumnya pembuatan lapangan futsal indoor menggunakan 2 jenis material, entah itu konstruksi baja WF ataupun pipa besi. Besaran harga borongan konstruksi baja WF sendiri yaitu kurang lebih sekitar Rp 600.000 per meter perseginya, sedangkan pipa besi sedikit lebih murah, yaitu Rp 500.000 per meter perseginya.

Maka, untuk membuat lapangan futsal indoor, kalian membutuhkan anggaran biaya sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Pembuatan lapangan futsal dengan baja WF : Rp 600.000 x 540 m2 = Rp 324.000.000.
  • Pembuatan lapangan futsal dengan pipa besi : Rp 500.000 x 540 m2 = Rp 270.000.000.

Lapangan Futsal Outdoor

Lapangan Outdoor

Jika dibandingkan dengan lapangan futsal indoor, maka besaran biaya pembuatan lapangan futsal jenis outdoor akan sedikit lebih murah, namun omzetnya tidak akan maksimal. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya lapangan futsal outdoor penggunaannya dipengaruhi oleh cuaca dan panas matahari.

Di Indonesia sendiri, saat ini besaran ongkos jasa pembuatan lapangan futsal outdoor berada di kisaran Rp 300.000 per meter perseginya. Jadi, untuk membuat lapangan futsal seluas 540 meter persegi, maka kalian membutuhkan anggaran biaya sebesar Rp 1.620.000 (Rp 300.000 x 540 m2).

Tips Menjalankan Bisnis Lapangan Futsal

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai perhitungan biaya pembuatan lapangan futsal untuk semua jenis permukaan lantainya, entah itu indoor maupun outdoor. Nah, supaya bisnis ataupun usaha sewa lapangan futsal dapat berjalan lancar dan ramai pengunjung, berikut akan kami berikan beberapa tips menjalankannya.

  • Pastikan sirkulasi udara di dalam gedung nyaman dan bersih (khusus lapangan indoor).
  • Berikan bonus berupa potongan harga atau diskon sewa lapangan futsal bagi pelanggan setia.
  • Memberikan pelayanan khusus kepada pelanggan seperti menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan lain sebagainya.
  • Pilihlah lokasi terbaik untuk bisnis lapangan futsal, seperti di pemukiman warga ataupun dekat gedung perkantoran.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya pembuatan lapangan futsal per meter persegi untuk semua jenis lantai, baik itu lapangan indoor ataupun outdoor. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memutuskan untuk membuat lapangan futsal sebagai ladang bisnis atau usaha baru.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.