Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tennokote Semua Kemasan!

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tennokote

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tennokote – Sebagaimana diketahui, di pasaran Indonesia saat ini sudah tersedia cukup banyak produsen cat berkualitas salah satunya yaitu Propan Raya. Dimana Propan Raya sendiri sudah terkenal sebagai perusahaan produsen coating terkemuka yang menawarkan produk-produk berkulitas.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sudah banyak orang yang membuktikan bahwa cat dari perusahaan Propan mampu bertahan lama, entah itu untuk cat interior maupun eksterior. Menariknya lagi, kini perusahaan tersebut juga mengeluarkan produk cat khusus lapangan olahraga bernama Tennokote TNK-1000 WA.

Secara garis besarnya, cat Tennokote terbuat dari bahan dispersi polymer, filler dan pigmen dalam air yang diperuntukkan bagi lapangan olahraga. Ketika hendak menggunakan bahan material bangunan tersebut, tentunya kalian harus mengerti dan mencari tahu terlebih dahulu berapa kebutuhannya.

Oleh sebab itu, jika diantara kalian berencana ingin menggunakan cat Tennokote untuk kebutuhan melapisi lapangan olahraga, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara menghitung kebutuhannya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara menghitung kebutuhan cat Tennokote untuk semua bidang pekerjaan.

Apa Itu Cat Tennokote?

Apa Itu Cat Tennokote

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menghitung kebutuhan cat Tennokote lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Tennokote TNK-1000 WA ialah sebuah cat khusus lapangan olahraga, entah itu untuk interior maupun eksterior.

Dimana produk tersebut terbuat dari bahan dispersi polymer, filler dan pigmen air yang akan membentuk lapisan film fleksibel serta memiliki daya lekat kuat ketika sudah kering. Cat Tennokote lebih direkomendasikan guna melapisi konstruksi bangunan yang berbahan dasar beton maupun aspal.

Keunggulan Cat Tennokote

Tidak hanya dapat digunakan untuk melapisi lantai lapangan olah raga saja, namun cat Tennokote juga bisa diaplikasikan pada beberapa area lainnya seperti carport, taman kota hingga tempat bermain. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya cat Tennokote sendiri mempunyai beberapa keunggulan seperti di bawah ini.

  • Terbuat dari bahan dasar air dan tidak berbau.
  • Memiliki daya lekat sangat baik.
  • Memiliki ketahanan tinggi terhadap UV.
  • Anti slip.
  • Cepat kering.
  • Bebas merkuri atau logam berat.
  • Tersedia warna tinting.
  • Ramah lingkungan.
  • Mudah diaplikasikan.

Daya Sebar Cat Tennokote

Ketika hendak mengetahui tata cara menghitung kebutuhan cat Tennokote, tentunya kalian juga harus mengerti berapa daya sebarnya. Secara garis besarnya, cat Tennokote mempunyai daya sebar sekitar 1.5 m2 sampai 2 m2 per kilogramnya dengan komposisi 200 micron per 3 kali lapis, termasuk pasir kuarsa.

Sementara untuk waktu kering cat Tennokote sendiri biasanya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk kering sentuh serta 2 jam untuk kering sempurna ketika berada di suhu 30° C. Ketika sudah memasuki jangka waktu selama 48 jam, maka cat Tennokote sudah siap digunakan dengan tampilan akhir doff.

Di pasaran Indonesia sendiri, saat ini cat Tennokote di jual dengan kemasan mulai dari 5 kg serta 22.5 kg (+ pasir kuarsa 10%). Selain itu, pilihan warna cat Tennokote juga cukup bervariasi, mulai dari putih, kuning, hijau, biru, merah, abu-abu, hitam dan lain sebagainya.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tennokote

Setelah memahami sekilas pengertian hingga keunggulan beserta daya sebar cat Tennokote, maka selanjutnya kalian tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai cara menghitung kebutuhannya. Secara garis besarnya, tata cara menghitung kebutuhan cat Tennokote sama saja seperti menghitung kebutuhan cat dinding.

Tata cara menghitung kebutuhan atau keperluannya yaitu tinggal membagi total luas permukaan yang akan dicat dengan daya sebar cat Tennokote per kilogramnya. Sebagai contoh kalian ingin mengaplikasikan cat Tennokote pada lapangan voli berukuran panjang 18 meter serta lebar 9 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang lapangan : 18 meter.
  • Lebar lapangan : 9 meter.
  • Daya sebar cat : 1.5 m2 / kg.

Perhitungan :

  • Luas Lapangan Voli
    • Luas = Panjang x Lebar.
    • Luas = 18 m x 9 m.
    • Luas = 162 m2.
  • Kebutuhan Cat Tennokote
    • Kebutuhan cat = Luas lapangan ÷ Daya sebar cat.
    • Kebutuhan cat = 162 m2 ÷ 1.5 m2 / kg.
    • Kebutuhan cat = 108 kg.

Dari data perhitungan di atas, maka untuk melapisi lapangan voli seluas 162 meter persegi menggunakan cat Tennokote membutuhkan kurang lebih sekitar 108 kg. Jadi, kalian perlu membeli cat Tennokote sebanyak 21.6 kaleng cat kemasan 5 kg atau 4.8 pail cat kemasan 22.5 kg.

Misalkan harga cat Tennokote kemasan 22.5 kg saat ini adalah Rp 935.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 4.675.000 untuk membeli 5 pail cat. Sementara jika ingin membeli dalam kemasan 5 kg dengan harga satuan sekitar Rp 220.000, maka siapkanlah anggaran dana sebesar Rp 4.840.000 untuk membeli 22 kaleng cat.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara menghitung kebutuhan cat Tennokote untuk semua kemasan berdasarkan daya sebarnya dilengkapi dengan keunggulannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan cat Tennokote untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Sumber gambar : propanraya.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *