Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pasang Toren Air

Biaya Pasang Toren Air

Biaya Pasang Toren Air – Sebagaimana diketahui, air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia sehari-hari yang harus selalu tersedia di rumah. Oleh sebab itu, menyiapkan persediaan air memang harus dilakukan dengan cara membuat instalasi yang memadai agar air selalu tersedia di rumah.

Dimana untuk menampung air dari PDAM ataupun sumur membutuhkan sebuah tangki atau toren sebagai media penampungnya. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan nama toren air atau bisa juga disebut dengan tandon air.

Sebenarnya, proses pembuatan instalasi toren air di rumah bisa dilakukan sendiri, asalkan mengetahui bagaimana prinsip atau teknik dasarnya. Jika memang tidak mau repot, kalian juga bisa memanfaatkan tenaga pekerja dalam pemasangan toren air.

Apabila kalian berencana membuat toren air di rumah menggunakan pekerja borongan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biaya pemasangannya. Nah, untuk membantunya di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai biaya pasang toren air di rumah untuk semua jenis-jenisnya.

Fungsi Toren Air

Fungsi Toren Air

Sebelum membahas perhitungan biaya pasang toren air di rumah lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu fungsi atau manfaat tandon air. Seperti dijelaskan sebelumnya, tangki air biasanya digunakan oleh masyarakat untuk menampung air supaya air tersebut bisa digunakan kembali.

Umumnya masyarakat memasang ataupun meletakkan toren air di atas rumah dengan memanfaatkan gaya gravitasi supaya air bisa mengalir deras ke bawah. Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat lainnya dalam pemasangan toren air di rumah-rumah tinggal.

  • Sebagai solusi penghemat tagihan listrik.
  • Sebagai solusi guna mendapatkan air ketika listrik mati.
  • Alih fungsi sebagai kebutuhan lainnya seperti untuk menampung air hujan dan lain sebagainya.

Jenis Toren Air

Seperti halnya proses PEMASANGAN AC RUMAH, biaya pemasangan toren atau tangki air juga dipengaruhi oleh sejumlah hal, mulai dari jenis, dudukan hingga posisi peletakannya. Secara garis besar, terdapat dua jenis toren air yang biasa digunakan oleh masyarakat, yaitu toren air menara serta tanam.

Toren Air Menara

Toren Air Menara

Toren air jenis pertama ini diletakkan di atas konstruksi menara atau tower dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Ketika membuat tower air menara, tentunya dudukan atau instalasi penopangnya harus dibuat sekuat mungkin supaya tidak gampang roboh.

Toren Air Tanam

Toren Air Tanam

Sementara jenis toren air tanam diletakkan di dalam tanah ataupun di dalam sebuah lubang tertentu. Biasanya penggunaan tangki air tanam ini membutuhkan sebuah mesin pompa untuk mendorong air sampai ke atas. Tentunya proses pembuatan toren air tanam lebih lama dibandingkan jenis menara.

Biaya Pasang Toren Air

Di dalam perhitungan biaya pasang toren air, terdapat beberapa hal ataupun faktor yang mempengaruhi total besarannya. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti dudukan toren air, posisi tangki hingga pengaturan instalasi ataupun rancangan tandon airnya.

Selain itu, pemilihan jenis, merek, bahan serta volume toren air juga akan mempengaruhi total biaya pemasangannya. Nah, daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan perhitungan biaya pasang toren air untuk semua jenis di bawah ini.

Harga Toren Air

Harga Toren Air

Tahap pertama dalam membangun atau membuat instalasi toren air yaitu mempersiapkan anggaran dana pembelian tangki airnya. Umumnya harga toren air di pasaran berada di kisaran Rp 400.000 sampai Rp 5.000.000, tergantung pada merek, bahan, jenis serta volumenya.

Ongkos Pekerja

Ongkos Pekerja

Selanjutnya, kalian juga harus mengetahui ongkos pekerja dalam pemasangan tower air. Biasanya proses pemasangan tower air baik itu jenis menara ataupun tanam membutuhkan setidaknya 2 orang atau bahkan 3 orang pekerja seperti saat MEMBUAT SEPTIC TANK, dengan rincian seperti di bawah ini.

Toren Air Menara

Untuk toren air menara, besaran biaya pemasangannya biasanya tergantung pada kapasitas atau volume tangki airnya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan daftar biaya pasang toren air jenis menara berdasarkan kapasitasnya.

Kapasitas Toren AirBiaya Pemasangan
500 literRp 500.000 – Rp 600.000
700 literRp 600.000 – Rp 700.000
1.000 literRp 900.000 – Rp 1.000.000

Toren Air Tanam

Sementara biaya pasang toren air tanam biasanya akan sedikit lebih mahal dibandingkan jenis menara. Biasanya para pekerja bangunan mematok harga jasa pemasangan toren air tanam dengan satuan per meter kubik. Di bawah ini adalah rincian biaya pemasangannya.

Volume PekerjaanBiaya Pemasangan
1 m3Rp 3.000.000
2 m3Rp 5.000.000
3 m3Rp 6.000.000
4 m3Rp 7.500.000

Perlu diingat, bahwa besaran biaya pasang toren air tanam tersebut belum termasuk pengerjaan pondasi ataupun landasan beton di dalam tanah. Jadi, kalian perlu memperhitungkan biaya pembuatan pondasi seperti pembelian semen, kerikil, pasir dan lain sebagainya.

Tips Memasang Toren Air

Tips Memasang Toren

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai perhitungan biaya pasang toren air di rumah untuk semua jenis-jenisnya. Dalam pembangunan toren air, tentunya diperlukan adanya persiapan dengan matang sejak awal, termasuk menghitung biaya pemasangannya.

Di sisi lain, kalian juga perlu memperhatikan beberapa faktor penting lainnya supaya proses pemasangan toren air berjalan lancar. Oleh karena itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih dan memasang toren air di rumah.

  • Pilihlah toren air berkualitas.
  • Tentukan jenis sesuai kebutuhan serta keinginan.
  • Identifikasi kebutuhan air di dalam rumah.
  • Periksa kekuatan struktur rumah.
  • Siapkan konstruksi alas toren yang kuat.
  • Mempersiapkan sistem instalasi toren air.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran tarif atau upah jasa pemasangan toren air dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pemilihan jenis, dudukan, posisi hingga instalasi tangki airnya. Selain itu, harga material tangki air sendiri juga pastinya akan mempengaruhi total biaya pemasangannya.

Itulah sekiranya penjelasan seputar perhitungan biaya pasang toren air di rumah untuk semua jenis-jenisnya versi Epropertyrack. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat instalasi toren air di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *