Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Biaya Pembuatan Kolam Ikan Beton (Material & Ongkos Pekerja)

Biaya Pembuatan Kolam Ikan Beton

Biaya Pembuatan Kolam Ikan Beton – Dalam kegiatan mempercantik ataupun memperindah sebuah hunian, tidak serta merta selalu terkait dengan konstruksi bangunannya saja. Sebab, terdapat beberapa hal lain yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk menambah nilai keindahan sebuah rumah.

Salah satu kegiatan yang mungkin bisa dilakukan untuk menambah keindahan aksesoris sebuah hunian yaitu dengan membuat kolam ikan hias. Dimana kolam ini nantinya bisa dibuat baik itu di sebelah taman bagian depan rumah ataupun di halaman belakang rumah, asalkan memiliki lahan lebih.

Untuk saat ini, pembuatan kolam ikan juga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kolam ikan bersifat sementara serta kolam ikan permanen. Tentunya, dalam pembuatan kolam ikan khususnya jenis permanen menggunakan material beton membutuhkan adanya perhitungan biaya dengan matang sejak awal.

Sebagaimana diketahui, perhitungan biaya tersebut bertujuan agar nantinya pemilik rumah bisa menekan atau mengontrol pengeluaran anggaran dana saat proses pembangunan berlangsung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan menjelaskan estimasi biaya pembuatan kolam ikan beton baik itu untuk kebutuhan material ataupun ongkos pekerjanya.

Tahapan Pembuatan Kolam Ikan Beton

Tahapan Pembuatan Kolam Ikan Beton

Sebelum membahas biaya pembuatan kolam ikan beton lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja tahapan-tahapan pembangunannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik langkah-langkah yang harus dipersiapkan ketika hendak membuat kolam ikan beton di rumah.

Tentukan Lokasi Pembuatan Kolam Ikan Beton

Tahap pertama yaitu menentukan lokasi pembuatan kolam ikan beton, entah itu di depan, samping ataupun halaman belakang rumah. Dalam menentukan lokasi kolam ikan beton, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari jenis tanah, pusat sumber air serta pembuangan air.

Ukur Lokasi Kolam Ikan

Tahap selanjutnya yaitu mengukur luas lahan yang akan digunakan untuk membuat kolam ikan beton. Saran kami sebaiknya buatlah kolam ikan beton dengan memperhatikan luas lahan serta jarak permukaan tanah dengan permukaan air nantinya.

Tinjau Lokasi Kolam Ikan

Tahap pembuatan kolam ikan beton selanjutnya yaitu meninjau lokasi pembangunannya. Lakukan pengamatan terhadap beberapa komponen seperti saluran irigasi, jenis tanaman ataupun tumbuhan di sekitarnya. Hal ini perlu dilakukan agar proses pembuatan kolam ikan beton menjadi lebih mudah.

Gambar Desain Kolam Ikan Beton

Pembuatan gambar desain kolam ikan juga masuk ke dalam faktor penting dalam pembuatan kolam ikan beton. Kalian bisa membuat gambar desain konstruksinya sendiri atau menggunakan jasa arsitek. Namun, jika kalian ingin lebih menghemat biaya pembuatan kolam ikan beton, sebaiknya buatlah desain dan konsep kolam secara mandiri.

Membuat Rencana Anggaran Biaya Pembangunan

Tahap paling penting dalam proses pembangunan kolam ikan beton yaitu terkait pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Sebagaimana diketahui RAB tidak hanya dibutuhkan saat hendak menghitung BIAYA PEMBANGUNAN RUMAH saja, akan tetapi juga dibutuhkan dalam membangun sebuah konstruksi bangunan lainnya, termasuk pembuatan kolam ikan.

Pembuatan RAB ini biasanya akan mencakup biaya pembelian bahan material sampai upah tenaga kerja dalam proses pembangunannya, entah itu menggunakan tukang harian ataupun borongan sehingga nantinya kalian bisa terhindar dari kelebihan atau pembengkakan anggaran dana.

Biaya Pembuatan Kolam Ikan Beton

Setelah mengetahui tahapan-tahapan pembuatan kolam ikan menggunakan material beton, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar kebutuhan anggaran dana pembangunannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, di dalam RAB pembuatan kolam ikan terdapat 2 komponen penting, yaitu kebutuhan bahan material serta upah pekerja bangunannya.

Tentunya dalam proses pembuatan kolam ikan beton ini membutuhkan berbagai macam material bangunan, mulai dari pasir, semen, batako, besi dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik perhitungan biaya pembuatan kolam ikan beton di bawah ini, baik itu dari kebutuhan bahan material sampai ongkos pekerja bangunannya.

Kebutuhan Material

Kebutuhan Material

Langkah pertama yaitu menentukan ukuran volume atau luas kolam ikan beton. Sebagai contoh kalian akan membuat kolam ikan beton berukuran 4.5 meter, lebar 1.3 meter serta tinggi 1 meter, maka total perhitungan biaya pembelian bahan material bangunannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Jenis MaterialKebutuhanHarga SatuanBiaya
Semen7 sakRp 65.000Rp 455.000
Pasir3 ritRp 160.000Rp 480.000
Besi 64 buahRp 15.000Rp 60.000
Batako160 buahRp 2.500Rp 400.000
Siku Paralon4 buahRp 7.500Rp 30.000
Paralon Pembuangan 2 Dim1 buahRp 40.000Rp 40.000
Cincin Besi Beton3 kgRp 12.500Rp 37.000
TOTAL BIAYARp 1.502.000

Dari tabel di atas, total kebutuhan biaya pembelian material dalam pembuatan kolam ikan beton yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.502.000.

Ongkos Pekerja Bangunan

Ongkos Pekerja Bangunan

Tahap selanjutnya yaitu menghitung ongkos atau upah pekerja bangunannya. Di Indonesia sendiri saat ini terdapat dua jenis sistem pekerja, yaitu pekerja harian serta pekerja borongan. Saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja borongan dalam proses pembuatan kolam ikan beton.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika dikalkulasikan besaran HARGA BORONGAN BANGUNAN sedikit lebih murah dibandingkan dengan pekerja harian sehingga bisa lebih menghemat anggaran dana. Dalam pembangunan kolam ikan beton berukuran 4.5 m x 1.3 m x 1 m, siapkanlah anggaran biaya sekitar Rp 2.000.000 untuk kebutuhan ongkos pekerja borongan.

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Di dalam perhitungan biaya pembangunan kolam ikan beton terakhir yaitu mempersiapkan biaya lainnya. Dimana biaya lainnya ini berguna apabila nantinya terjadi sesuatu hal di luar dugaan pada saat proses pembuatan kolam ikan sedang berlangsung.

Siapkanlah biaya lainnya ini sebesar 10% dari total Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembuatan kolam ikan beton. Jika mengacu pada data perhitungan di atas, maka kalian perlu mempersiapkan dana minimal Rp 350.000 untuk kebutuhan biaya lainnya (10% x (kebutuhan material + ongkos pekerja)).

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat kolam ikan beton berukuran 4.5 m x 1.3 m x 1 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.852.200 atau dibulatkan menjadi Rp 3.860.000 (Rp 1.502.000 + Rp 2.000.000 + Rp 350.000).

Tips Menghemat Biaya Pembuatan Kolam

Tips Menghemat Biaya Pembuatan Kolam

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai perhitungan biaya pembuatan kolam ikan beton mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Nah, berikut juga akan kami berikan beberapa tips menghemat biaya pembangunan kolam ikan beton di rumah.

  • Tentukan desain serta konsep kolam sesuai kebutuhan serta anggaran dana.
  • Lakukan survei harga material bangunan di beberapa toko.
  • Pilihlah material bangunan lokal murah berkualitas.
  • Sebaiknya gunakan desain kolam ikan sederhana atau minimalis.
  • Gunakan jasa tukang borongan.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar rincian perhitungan biaya pembuatan kolam ikan beton baik itu dari segi kebutuhan bahan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membuat kolam ikan menggunakan material beton di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *