Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

6 Cara Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi Minim Biaya!!

Cara Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi

Cara Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi – Meningkat rumah merupakan sebuah solusi bagi seseorang yang menginginkan tambahan ruang namun ketersediaan lahan terbatas. Dalam membangun rumah bertingkat, tentunya terdapat berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan serta dipertimbangkan.

Bahkan, belakangan ini membangun atau merenovasi rumah menjadi bertingkat kerap dilakukan seseorang tanpa menambahkan struktur pondasi. Hal tersebut mungkin terdengar janggal di telinga, pasalnya pondasi sendiri merupakan sebuah struktur berperan penting dalam menopang beban di atasnya.

Memang benar jika kini meningkat rumah tanpa menambahkan konstruksi pondasi bisa dilakukan asalkan mengetahui bagaimana tata cara melakukannya. Di dalam proses meningkat rumah tanpa membuat pondasi tersebut pastinya membutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal.

Maka dari itu, sebelum merenovasi rumah menjadi bertingkat tanpa menambah pondasi, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa faktor penting di dalamnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara meningkat rumah tanpa menambah pondasi dilengkapi syarat beserta ketentuannya.

Syarat Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi

Syarat Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi

Salah satu alasan mengapa seseorang hendak meningkat rumah tanpa menambahkan struktur pondasi yaitu karena ingin menghemat BIAYA PEMBANGUNAN RUMAH. Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini memang meningkat rumah tanpa menambah pondasi dapat dilakukan asalkan memperhatikan serta mempertimbangkan sejumlah faktor.

Sebab, jika rumah bertingkat tanpa tambahan pondasi dibuat asal-asalan atau sembarangan, maka dapat dipastikan bangunan tersebut tidak akan tahan lama. Oleh sebab itu, berikut akan kami berikan beberapa syarat atau faktor penting yang harus diperhatikan dalam meningkat rumah tanpa menambahkan pondasi.

  • Merencanakan penataan atau tata letak ruangan.
  • Struktur bangunan jelas.
  • Kolom tambahan.
  • Pemilihan material.
  • Pemilihan area basah.
  • Instalasi kelistrikan.
  • Memperhitungkan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Cara Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan dalam merenovasi rumah satu lantai menjadi dua lantai, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara membangunnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara meningkat rumah tanpa menambah pondasi di bawah ini.

Menggunakan Plat Lantai GRC

Menggunakan Plat Lantai GRC

Cara meningkat rumah tanpa pondasi pertama yaitu dengan menggunakan atau memanfaatkan plat lantai GRC. Salah satu tujuan penggunaan plat lantai GRC yaitu untuk mendapatkan ruangan baru di atas, tetapi tidak menambah beban pondasi rumah di bawahnya.

Kalian bisa menggunakan bahan plat GRC dengan ketebalan mulai dari 15 mm sebagai material lantai. Sementara untuk rangka penopangnya sendiri bisa memanfaatkan material kayu sehingga mampu menghemat anggaran biaya dalam meningkat rumah tanpa menambah pondasi.

Menggunakan Dinding Gypsum

Menggunakan Dinding Gypsum

Setelah menentukan material lantai pada lantai dua, selanjutnya yaitu tinggal mencari bahan material dindingnya. Dinding atau partisi gypsum mungkin bisa menjadi opsi terbaik dalam meningkat rumah tanpa menambah struktur pondasi di bawahnya, mengingat material tersebut cuku kuat jika diaplikasikan sebagai dinding hunian.

Di sisi lain, HARGA BORONGAN PEMASANGAN PARTISI GYPSUM juga terbilang terjangkau sehingga menjadi keuntungan tersendiri. Namun sayangnya, setiap dinding membutuhkan penggunaan dua sisi partisi gypsum serta bagian tengahnya harus diisi glasswoll sebagai material peredam suara.

Penggunaan Partisi Triplek

Penggunaan Partisi Triplek

Selain menggunakan dinding partisi gypsum, kalian juga sebenarnya bisa memanfaatkan material triplek sebagai dinding ketika hendak meningkat rumah tanpa menambahkan pondasi. Seperti diketahui, triplek memiliki salah satu keunggulan yaitu bobotnya ringan sehingga tidak membebani struktur di bawahnya.

Di pasaran Indonesia sendiri kini sudah tersedia sangat banyak jenis triplek yang kerap digunakan sebagai material dinding hunian. Bahkan sebagian besar dari mereka juga menyediakan jasa pemasangan partisi triplek menggunakan kerangka kayu ataupun sesuai kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Memanfaatkan Material Kayu

Memanfaatkan Material Kayu

Cara meningkat rumah tanpa menambah pondasi selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan material kayu sebagai tiang penyangga sebuah ruangan. Pemasangan kayu sebagai tiang penopang atau penyangga ini ada baiknya ditanamdi tanah bawah agar lebih kuat.

Selain itu, saran kami sebaiknya gunakanlah material kayu berkualitas seperti kayu jati meskipun harga di pasaran akan sedikit lebih mahal. Hal ini bertujuan agar nantinya kekuatan dan kualitas rumah bertingkat menjadi lebih terjamin serta mampu meminimalisir biaya perawatan ataupun renovasi di masa mendatang.

Menambah Dinding Bangunan

Menambah Dinding Bangunan

Sebagaimana diketahui, ketika pada dasarnya awal pembangunan rumah memang hanya dibuat menjadi satu lantai, maka umumnya tinggi dinding bangunan dibuat sesuai standar. Hal ini mungkin akan menjadi kesulitan tersendiri saat menerapkan ataupun menambah ruangan di lantai dua.

Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menambah tinggi dinding, baik itu menggunakan bata merah, batako ataupun hebel. Namun sebelum membangunnya, pastikan bahwa pondasi utama rumah harus kuat dalam menahan beban di atasnya.

Penggunaan Tangga Besi

Penggunaan Tangga Besi

Cara meningkat rumah tanpa menambah pondasi terakhir yaitu memanfaatkan penggunaan tangga besi. Pastinya struktur tangga menjadi bagian penting di dalam rumah bertingkat, yaitu sebagai penghubung atau akses antara lantai satu dan lantai dua.

Penggunaan tangga besi bisa menjadi cara alternatif untuk membangun rumah bertingkat karena bobotnya lebih ringan dibandingkan tangga beton. Terlebih lagi, BIAYA PEMBUATAN TANGGA BESI lebih murah jika dibandingkan dengan pembuatan tangga beton.

Tips Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi

Tips Meningkat Rumah Tanpa Menambah Pondasi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara meningkat rumah tanpa menambah pondasi beserta syarat dan ketentuannya. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips meningkat rumah supaya tidak mengeluarkan anggaran dana terlalu besar.

  • Susun rencana pembangunan dengan matang sejak awal.
  • Perhatikan kondisi serta lingkungan sekitar.
  • Pilih konsep sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Mulai menyusun denah serta estimasi biaya pembangunannya.
  • Ukur bangunan dengan akurat.
  • Pilih material berkualitas namun harganya terjangkau.
  • Manfaatkan jasa arsitek profesional.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa proses meningkat rumah tanpa menambahkan struktur pondasi sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Namun, perlu diingat bahwa pastikan bahan atau material pembangunan lantai dua tidak akan membebani pondasi utama di bawahnya.

Itulah sekiranya informasi seputar cara meningkat rumah tanpa menambah pondasi dilengkapi syarat beserta ketentuannya versi Epropertyrack. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai gambaran ketika hendak meningkat rumah tanpa menambahkan konstruksi pondasi.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *