Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Bangun Kos Kosan 10 Kamar & Perhitungan Balik Modal!

Biaya Bangun Kos Kosan 10 Kamar

Biaya Bangun Kos Kosan 10 Kamar – Sebagaimana diketahui, memulai bisnis kos kosan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya membangun kos kosan membutuhkan adanya perhitungan yang akurat dan teliti dalam berbagai macam aspek.

Terlebih lagi modal yang dibutuhkan untuk membangun kos kosan tersebut terbilang cukup besar dan perkiraan balik modal tidaklah menentu. Secara garis besarnya, rata-rata orang yang ingin membuka bisnis kos kosan biasanya membangunnya menjadi 5 sampai 10 kamar.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, membangun kos kosan membutuhkan adanya perhitungan dengan matang, terutama tentang anggaran dana pembangunannya. Dimana anggaran dana tersebut nantinya akan mencakup beberapa hal seperti ongkos pekerja hingga pembelian bahan materialnya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk membangun kos kosan 10 kamar, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai biaya bangun kos kosan 10 kamar dilengkapi perhitungan balik modalnya.

Biaya Bangun Kos Kosan 10 Kamar

Rincian Biaya Bangun Kos Kosan 10 Kamar

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, membangun kos kosan membutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal. Dimana perhitungan tersebut sebenarnya mencakup berbagai macam aspek, mulai dari mempersiapkan lahan, perhitungan ongkos pekerja hingga pembelian bahan materialnya.

Seperti halnya saat menghitung biaya bangun kontrakan sederhana, saat ini pembuatan kos kosan juga sudah bisa menggunakan hitungan tersebut. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik perhitungan biaya bangun kos kosan 10 kamar berikut ini, mulai dari tahap awal hingga finishing.

Biaya Pembelian Lahan

Hal penting pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membangun kos kosan 10 kamar yaitu mempersiapkan lahannya. Misalkan kalian ingin membangun kos kosan dengan luas 1 kamar 3×4 dan luas tanah kurang lebih sekitar 12 meter persegi.

Sebagai contoh harga tanah per meter persegi di kota-kota besar dengan lokasi strategis adalah Rp 1.000.000, maka untuk 10 kamar kos membutuhkan anggaran biaya kurang lebih seperti perhitungan di bawah ini.

  • Luas kos kosan : 12 m2 x 10 = 120 m2.
  • Biaya pembelian lahan : 120 m2 x Rp 1.000.000 = Rp 120.000.000.

Biaya Bangun Kos Kosan

Setelah mempersiapkan anggaran biaya untuk pembelian lahan dalam membuat kos kosan 10 kamar, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa besar biaya konstruksi per meter perseginya. Di kota-kota besar, saat ini biaya bangun kos kosan dapat menyentuh angka Rp 2.000.000 per meter perseginya.

Jadi, kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya untuk bangun kos-kosan 10 kamar seperti perhitungan berikut ini.

  • Membangun kos 1 kamar : 12 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 24.000.000.
  • Membangun kos 10 kamar : 10 x Rp 24.000.000 = Rp 240.000.000.

Jadi, dari data perhitungan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membangun kos kosan 10 kamar membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 360.000.000, mulai dari pembelian lahan hingga biaya bangun konstruksi per meter perseginya. Namun, perlu diingat bahwa harga tanah maupun ongkos pekerja bisa saja berbeda di sejumlah wilayah.

Perhitungan Balik Modal Kos Kosan 10 Kamar

Setelah mengetahui besaran biaya bangun kos kosan 10 kamar, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu kapan usaha atau bisnis tersebut akan balik modal. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kalian nantinya bisa mempertimbangkan estimasi keuntungan yang bisa didapatkan ketika membuka bisnis kos kosan.

Sebagai contoh harga sewa yang kalian kenakan untuk 1 kamar kos adalah Rp 400.000. Nah, karena kamar kos kosan yang disewakan sebanyak 10 pintu, maka per kamar pastinya akan mencapai total harga sewa sebesar Rp 36.000.000 (didapatkan dari Rp 360.000.000/10).

Perlu diketahui, uang sewa kos kosan 10 kamar senilai Rp 36.000.000 ini akan kamu dapatkan jika kamar disewa selama kurang lebih sekitar 90 bulan. Dari data tersebut, maka dapat menghasilkan perhitungan yaitu Rp 36.000.000/Rp 400.000 = 7.5 tahun.

Nah, apabila sesuai dengan perhitungan di atas, maka kalian akan mendapatkan balik modal dalam kurun waktu sekitar 7.5 tahun. Perlu diingat, perhitungan di atas bisa saja berubah ataupun berbeda tergantung kebutuhan hingga faktor-faktor lainnya.

Tips Sukses Bisnis Kos Kosan 10 Kamar

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya bangun kos kosan 10 kamar mulai dari tahap awal hingga finishing, entah itu untuk ongkos pekerja maupun pembelian bahan materialnya. Nah, supaya bisnis kos kosan bisa berjalan lancar mampu balik modal sesuai dengan estimasi yang sudah diperhitungkan, sebaiknya ikuti beberapa tips sukses bisnis kos kosan 10 kamar di bawah ini.

  • Mengurus surat perizinan.
  • Promosi kos kosan.
  • Membersihkan kosan secara rutin.
  • Memperhatikan faktor keamanan seketat mungkin.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran biaya bangun kos kosan 10 kamar mulai dari tahap awal hingga finishing dilengkapi dengan perhitungan balik modalnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membangun kos kosan 10 kamar.

Sumber gambar : pinterest.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *