Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana

Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana

Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana – Sebagaimana diketahui, kamar mandi merupakan salah satu ruangan penting yang wajib ada pada sebuah hunian. Pasalnya, ruangan tersebut sangat berguna bagi pemilik rumah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan rutin seperti membersihkan diri atau mandi serta buang air.

Tidak perlu mewah-mewah, kamar mandi sederhana sekalipun dapat menjadi ruang favorit bagi penghuni rumah. Meskipun demikian, ketika hendak membuat kamar mandi kalian juga harus mempertimbangkan tata ruang kamar mandi sehingga nyaman pada saat digunakan.

Selain itu, luas kamar mandi juga bisa menentukan nyaman atau tidaknya sebuah kamar mandi. Oleh karena itu sebelum membuat kamar mandi, alangkah baiknya buat perencanaan pembangunan dengan matang sejak awal seperti menentukan ukuran, memperkirakan anggaran dana dan lain sebagainya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya membuat kamar mandi sederhana beserta apa saja kebutuhan materialnya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak baik-baik perkiraan biaya pembangunannya di bawah ini.

Kebutuhan Material Kamar Mandi Sederhana

Kebutuhan Material Kamar Mandi Sederhana

Seperti dijelaskan di atas, proses pembuatan kamar mandi sederhana di dalam rumah tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, apabila ruangan tersebut dibuat secara sembarangan maka kemungkinan besar akan membuat penghuninya merasa tidak nyaman.

oleh sebab itu, terdapat beberapa hal perlu diperhatikan sebelum melakukan proses pembangunan salah satunya yaitu bahan material yang hendak di gunakan. Nah,berikut adalah rekomendasi pemilihan jenis material serta perabot kamar mandi sederhana.

Keramik Dinding dan Lantai

Elemen pertama yang harus ada pada kamar mandi yaitu material keramik. Kalian bisa memilih material keramik sesuai selera dan konsep rumah, entah itu keramik dinding ataupun lantai. Saran kami sebaiknya pilih keramik bertekstur dan tidak licin sehingga meminimalisir kemungkinan terpeleset di kamar mandi.

Kloset Duduk

Memang benar jika HARGA CLOSET DUDUK lebih mahal jika dibandingkan dengan closet jongkok. Namun, dari segi kenyamanan closet duduk lebih unggul karena dinilai lebih simpel dan praktis. Oleh sebab itu, kami sarankan untuk menggunakan closet duduk sehingga lebih nyaman pada saat digunakan.

Shower

Meskipun kalian hendak membuat kamar mandi sederhana, namun penggunaan shower ini bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, PEMASANGAN SHOWER KAMAR MANDI tidak terlalu membutuhkan space besar serta mampu menghemat penggunaan air sehingga bisa memperkecil biaya bulanan.

Wastafel

Kehadiran wastafel juga bisa menambah kesan cantik pada kamar mandi sederhana. Kalian juga bisa menambahkan cermin di depan wastafel untuk membuat aktivitas membersihkan diri menjadi lebih mudah seperti pada saat menggosok gigi, mencuci muka hingga mencuci tangan.

Perabot Pelengkap

Elemen terakhir pada pembuatan kamar mandi sederhana yaitu perabotan pelengkap. Perabotan-perabotan tersebut yaitu seperti gantungan handuk, gantungan tisu, tempat sabun serta rak perlengkapan mandi. Dengan adanya peralatan tersebut nantinya barang-barang bisa tertata dengan rapi.

Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana

Setelah mengetahui semua kebutuhan material membuat kamar mandi sederhana, selanjutnya kalian tinggal menghitung estimasi biaya pembuatannya. Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) ini penting dilakukan agar nantinya pada saat proses pembangunan sedang berlangsung kalian tidak akan mengalami kekurangan atau bahkan kelebihan dana. Daripada penasaran, berikut adalah perhitungan biaya membuat kamar mandi sederhana.

Ukuran Kamar Mandi Sederhana

Ukuran Kamar Mandi Sederhana

Langkah pertama yaitu menghitung luas kamar mandi yang akan dibuat. Karena disini kalian akan membuat kamar mandi sederhana, maka bisanya ruangan tersebut hanya dibuat dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 2 meter serta tinggi 3 meter. Luas tersebut juga termasuk dalam ukuran standar kamar mandi rumah minimalis.

Kebutuhan Material

Kebutuhan Material

Tahap selanjutnya yaitu menghitung total biaya pembelian kebutuhan material kamar mandi sederhana. Apabila hendak membuat kamar mandi sederhana berukuran 2 m x 2 m x 3 m, maka perkiraan biaya pembelian materialnya yaitu sebagai berikut.

Konstruksi

KeteranganVolumeHarga SatuanJumlah
Keramik dinding20 m2Rp 75.000Rp 1.500.000
Keramik lantai4 m2Rp 45.000Rp 180.000
Semen7 sakRp 53.000Rp 371.000
Pasir2 m3Rp 80.000Rp 160.000
Cat1 galonRp 100.000Rp 100.000
SUB TOTALRp 2.311.000

Intalasi

KeteranganJumlah
Wastafel setRp 1.000.000
Kloset dudukRp 2.000.000
ShowerRp 500.000
Sekat kacaRp 1.000.000
SUB TOTALRp 4.500.000

Aksesoris

KeteranganJumlah
Gantungan tisuRp 50.000
Gantungan handukRp 100.000
Tempat sabunRp 50.000
CerminRp 100.000
RakRp 200.000
SUB TOTALRp 500.000

Dari perhitungan di atas total biaya untuk pembelian kebutuhan material serta perlengkapan kamar mandi sederhana yaitu sekitar Rp 7.311.000.

Ongkos Tukang

Ongkos Tukang

Kalian juga harus menghitung biaya untuk ongkos atau upah para tukang. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis pekerja bangunan, yaitu sistem harian dan borongan. Saran kami sebaiknya gunakan pekerja borongan karena dinilai lebih murah dibandingkan pekerja harian.

Untuk saat ini satu pekerja borongan bisanya mematok harga sekitar Rp 110.000 per hari. Jadi, apabila kita asumsikan untuk membuat kamar mandi sederhana memerlukan waktu 7 hari serta 2 orang pekerja, maka perhitungan ongkos tukang yaitu seperti di bawah ini.

  • Jasa tukang : 2 orang x 7 hari x Rp 110.000 = Rp 1.540.000.

Jadi, dari perhitungan di atas total biaya membuat kamar mandi sederhana yaitu sekitar Rp 7.311.000 + Rp 1.540.000 = Rp 8.851.000. Besaran biaya tersebut sudah termasuk biaya pembelian material hingga upah para pekerja bangunan sistem borongan.

Tips Membuat Kamar Mandi Sederhana

Tips Membuat Kamar Mandi Sederhana

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya membuat kamar mandi sederhana. Nah, agar pembuatan ruangan tersebut dapat memberikan hasil maksimal, sebaiknya ikuti beberapa tips membuat kamar mandi sederhana di bawah ini.

  • Sesuaikan dengan konsep rumah.
  • Pilihlah warna cat cerah.
  • Gunakan perlengkapan fungsional.
  • Buat ventilasi yang cukup.
  • Gunakan cermin sehingga ruangan akan terasa lebih luas.

Akhir Kata

Perlu diingat, ketika hendak membuat kamar mandi sederhana sebaiknya siapkan biaya tambahan untuk berjaga-jaga. Kalian bisa mempersiapkan biaya tambahan sekitar 10% dari total perkiraan biaya pembangunan kamar mandi sederhana. Biaya ini perlu dipersiapkan untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal diluar perkiraan pada saat proses pembangunan sedang berlangsung.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya membuat kamar mandi sederhana mulai dari pembelian material hingga perhitungan ongkos tukang. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat kamar mandi sederhana di rumah minimalis.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *