Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

√ Ukuran ACP Per Lembar : Jenis, Merk & Harga

Ukuran ACP Per Lembar

Ukuran ACP Per Lembar – Hampir semua orang yang bekerja di dunia konstruksi bangunan pasti sudah mengetahui apa itu ACP. Dimana ACP sendiri merupakan singkatan dari Aluminium Composite Panel yang bisa diartikan sebagai salah satu jenis material pelapis penutup dinding di dalam sebuah ruangan, plafon hingga eksterior bangunan.

Di pasaran Indonesia sendiri material ACP sudah tersedia cukup banyak sekali dengan berbagai macam merk dan jenis. Pastinya setiap jenis dan merk ACP tersebut memiliki kriteria serta keunggulan hingga kelemahannya masing-masing, tergantung pada ukuran per lembarnya.

Berbicara mengenai ukuran standar material bahan bangunan, tentunya hal tersebut nantinya bisa mempengaruhi beberapa hal, termasuk tentang harga penjualan produknya. Selain itu, ukuran atau model ACP juga nantinya bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak menghitung total kebutuhannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana memanfaatkan ACP untuk beberapa bagian struktur di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa ukuran standarnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai ukuran ACP per lembar mulai dari panjang, lebar hingga ketebalannya.

Sekilas Tentang ACP

Sebelum membahas poin utama mengenai ukuran standar ACP per lembar lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, Aluminium Composite Panel ialah sebuah material berupa plat datar yang terbuat dari polyethylene (PE) dan dilapisi dengan aluminium di kedua sisinya.

Pada umumnya ACP dimanfaatkan sebagai pelapis dinding eksterior guna menonjolkan kesan artistik serta megah pada fasad bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan, hotel, ruko dan lain sebagainya. Meskipun begitu, saat ini penggunaan ACP sebenarnya sudah semakin meluas, bahkan pada rumah-rumah tinggal.

Fungsi ACP

Perlu diketahui, material ACP mempunyai sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air serta berbagai macam cuaca. Oleh karena itulah hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang menggunakan ACP sebagai pelapis dinding dari sebuah bangunan, entah itu in door ataupun out door.

Selain diaplikasikan sebagai dinding bangunan, ACP juga seringkali dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan interior dan eksterior. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kegunaan ataupun fungsi ACP di dalam dunia konstruksi bangunan.

  • Fasad rumah.
  • Fasad gedung.
  • Wall cladding luar ruangan pada gedung-gedung bertingkat.
  • SPBU.
  • Pertokoan atau ruko.
  • Perkantoran.
  • Dealer otomotif.
  • Tangga atau escalator panel.
  • Partisi atau pembatas ruangan.
  • Kitchen set.
  • Plafon.

Ukuran ACP Per Lembar

Ukuran ACP Per Lembar Semua Merk

Salah satu alasan kenapa kalian harus mengetahui ukuran atau model ACP sebelum membeli dan memasangnya yaitu karena nantinya hal tersebut bisa mempengaruhi harga borongan pasang ACP per meter perseginya. Terlebih lagi di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pilihan merk ACP.

Dimana setiap perusahaan produsen material ACP tersebut pastinya memiliki karakteristik yang akan memberikan sejumlah keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Adapun beberapa merk ACP populer di pasaran Indonesia sendiri yaitu seperti ACP Seven, Alcotuff, Alustar, Alucobond, Alumetal, Luminate dan lain sebagainya.

Sementara untuk ukuran standar ACP per lembar yaitu kurang lebih sekitar 1220 mm x 2440 mm atau 122 cm x 244 cm. Meskipun ACP dengan ukuran standar tersebut memiliki bobot cukup ringan yaitu sekitar 3.5 kg sampai 5.6 kg per meter perseginya, namun material tersebut tergolong cukup kuat dan kokoh dalam konstruksi bangunan.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya terdapat beberapa produsen ACP yang menjual material tersebut dengan ukuran khusus, seperti lebar mulai dari 1200 mm hingga 1600 mm serta panjang 2440 mm sampai 4880 mm. Namun, kembali lagi bahwa ukuran panjang dan lebar ACP per lembar sebenarnya ditentukan berdasarkan kebutuhan konstruksinya.

Tebal ACP Per Lembar

Setelah mengetahui ukuran standar ACP per lembar di pasaran Indonesia yaitu 1220 mm x 2440 mm, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa ukuran ketebalannya. Pada umumnya, ACP di produksi dengan ketebalan standar mula dari 1 mm hingga 10 mm per lembarnya.

Namun, apabila dilihat dari segi ketebalannya, ACP sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yaitu 3 mm dan 4 mm. Adapun penjelasan masing-masing jenis ACP berdasarkan ketebalannya tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Jenis Polyester (PE)

ACP jenis Polyster (PE) mempunyai ukuran tebal per lembar sekitar 3 mm sehingga seringkali digunakan untuk interior bangunan. ACP tipe PE juga dinilai lebih murah di pasaran karena bahannya lebih tipis yaitu hanya menggunakan 1 kali lapisan saja.

2. Jenis Poly Vinyl De Flouride (PVDF)

Sementara ACP jenis selanjutnya dengan ketebalan 4 mm disebut dengan Poly Vinyl De Flouride (PVDF). Karena tingkat dimensinya lebih tebal, maka ACP tipe PVDF lebih sering digunakan untuk eksterior bangunan. Selain itu, ACP PVDF juga mempunyai keunggulan terhadap berbagai macam jenis cuaca.

Harga ACP Per Lembar

Harga ACP Per Lembar

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ukuran ACP per lembar, entah itu dari segi panjang, lebar hingga ketebalannya. Kemudian kalian juga sebenarnya harus mengetahui berapa kisaran harga ACP per lembar di pasaran Indonesia, entah itu jenis PE ataupun PVDF.

Perlu diingat, harga material ACP per lembar bisa saja berbeda di beberapa wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor, termasuk ukuran standarnya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan estimasi harga ACP per lembar di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang hingga Yogyakarta.

Jenis ACPUkuranHarga Per Lembar
ACP PE1220 x 2440 mmRp 550.000
ACP PE1220 x 4880 mmRp 1.100.000
ACP PVDF1220 x 2440 mmRp 770.000 – Rp 1.450.000
ACP PVDF1220 x 4880 mmRp 1.540.000 – Rp 2.900.000

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini ACP di jual dengan ukuran yang sangat bervariasi di pasaran Indonesia. Maka dari itu, kalian sebenarnya dapat membeli material ACP sesuai dengan kebutuhan konstruksi dan keinginan.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar ukuran ACP per lembar untuk semua jenis dan merk dari segi panjang, lebar hingga ketebalannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli ACP di pasaran.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *