Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Pasang Plafon Metal Semua Ukuran 2022 : Material & Tenaga

Biaya Pasang Plafon Metal

Biaya Pasang Plafon Metal – Seperti diketahui, plafon sudah menjadi barang yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Dimana jasa pemasangan plafon pun sudah ramai dan kerap dijadikan sebagai pilihan saat merenovasi rumah. Tidak hanya sekedar untuk mempercantik rumah saja, namun plafon juga memiliki keuntungan lainnya bagi pemilik rumah.

Pasalnya, plafon dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memelihara kelistrikan di rumah, mempermudah pemasangan lampu-lampu, menstabilkan suhu di dalam ruangan hingga menjaga dari percikan hujan apabila terjadi kebocoran atap. Di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak pilihan jenis material plafon rumah, salah satunya yaitu plafon metal atau metal ceiling.

Plafon metal ialah sebuah lempengan metal tipis yang proses pembuatanya dilakukan dengan cara diembos dan dicetak dalam berbagai macam motif ukiran. Alasan mengapa banyak orang lebih memilih plafon metal dibandingkan material jenis lainnya yaitu karena bahannya anti air dan anti rayap sehingga lebih kuat serta lebih awet.

Nah, jika diantara kalian berencana memasang plafon metal di rumah, ada baiknya hitung terlebih dahulu berapa besar kebutuhan anggaran biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai perhitungan biaya pasang plafon metal semua ukuran mulai dari pembelian kebutuhan material hingga ongkos pengerjaannya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Metal

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Metal

Seperti dijelaskan sebelumnya, plafon metal terbuat dari lempengan metal tipis yang terbuat dari proses diembos dan dicetak dalam beragam motif ukiran. Setelah melalui proses tersebut, nantinya material dirapikan menggunakan finishing cat minyak serta ragam warna sesuai pilihan.

perkakas

Meskipun plafon metal memiliki sejumlah keunggulan, namun bukan berarti material tersebut tidak memiliki kelemahan sama sekali. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membahas biaya pasang plafon metal lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  • Anti air serta anti rayap.
  • Lebih awet dan lebih kuat.
  • Plafon metal tersedia dalam berbagai macam motif ukiran.
  • Mampu menyerap suara dengan baik.
  • Mampu memberikan tampilan menarik dan memukau.
  • Proses perawatan serta pembersihannya tergolong mudah.

Kekurangan

  • Proses pemasangan membutuhkan tukang khusus berpengalaman.
  • Harga plafon metal relatif mahal.
  • Pilihan plafon metal harus disesuaikan dengan bentuk rumah.

Ukuran Standar Plafon Metal

Ketika hendak menghitung total kebutuhan pemasangan plafon metal di rumah khususnya tentang anggaran biaya, tentunya kalian perlu mengetahui standar ukuran atau dimensi materialnya terlebih dahulu. Namun, secara garis besar ukuran plafon metal dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Di pasaran Indonesia sendiri, biasanya material plafon metal dijual dengan ukuran mulai dari 60 cm x 60 cm hingga 30 cm x 180 cm. Dari ukuran tersebut dapat diartikan bahwa terdapat beberapa jenis plafon metal dengan bentuk persegi. Selain itu, sejumlah pemasok juga ada yang menjual plafon metal berbentuk persegi panjang.

Biaya Pasang Plafon Metal

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan hingga ukurannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara perhitungan anggaran biaya pengerjaan plafon metal. Sebenarnya cara menghitung biaya pasang plafon metal tidak akan jauh berbeda dengan perhitungan biaya pasang plafon triplek.

Pasalnya, nantinya kalian perlu mencari tahu total luas bidang pekerjaan yang akan dipasangi material plafon metal terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik analisa biaya pasang plafon metal untuk semua ukuran di bawah ini, entah itu dari segi kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya.

Luas Pekerjaan

Pertama-tama, kalian perlu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaan pasang plafon metal terlebih dahulu. Misalkan kalian akan memasang plafon metal berukuran 60 cm x 60 cm pada ruang tamu sepanjang 7 meter serta lebar 5 meter, maka tata cara menghitung luas bidang pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 7 meter.
  • Lebar ruangan : 5 meter.
  • Ukuran plafon metal : 60 cm x 60 cm.

Perhitungan :

  • Luas Pekerjaan : Panjang x Lebar.
  • Luas Pekerjaan : 7 m x 5 m = 35 m2.

Dari perhitungan di atas, maka total luas bidang pekerjaan yang akan dipasangi plafon metal yaitu sekitar 35 meter persegi.

Kebutuhan Plafon Metal

Tahap berikutnya yaitu menghitung total kebutuhan material plafon metal 60 cm x 60 cm untuk ruangan berukuran 35 meter persegi. Sebelum melanjutkan perhitungan biaya pasang plafon metal lebih lanjut, kalian perlu mengetahui luas 1 lembar plafon metal terlebih dahulu.

  • Luas plafon metal : Panjang x Lebar.
  • Luas plafon metal : 60 cm x 60 cm = 3.600 cm2 (0.36 m2).

Setelah mengetahui luas satu lembar plafon metal 60 cm x 60 cm, selanjutnya tinggal menghitung total kebutuhannya. Cara menghitungnya yaitu tinggal membagi luas bidang pekerjaan dengan luas satu lembar plafon metal.

  • Kebutuhan plafon : Luas ruangan x Luas 1 lembar plafon metal.
  • Kebutuhan plafon : 35 m2 ÷ 0.36 m2 = 97.2 lembar (dibulatkan menjadi 98 lembar).

Sebagai contoh asumsi harga plafon metal 60 cm x 60 cm per lembarnya saat ini adalah Rp 90.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 8.820.000 (Rp 90.000 x 98 lembar) untuk pembelian materialnya.

Ongkos Pekerja Bangunan

Langkah terakhir di dalam analisa perhitungan biaya pasang plafon metal yaitu mengenai ongkos pengerjaannya. Seperti diketahui, di Indonesia sendiri saat ini tersedia dua jenis pekerja bangunan, yaitu pekerja sistem harian serta pekerja sistem borongan.

Saran kami sebaiknya gunakanlah pemborong atau kontraktor karena harga borongan pasang plafon lebih murah ketimbang pekerja sistem harian. Jika harga borongan pemasangan plafon metal saat ini per meter perseginya adalah Rp 52.000, maka untuk memasang plafon metal 60 cm x 60 cm pada ruangan 35 meter persegi membutuhkan anggaran biaya sebesar Rp 1.820.000.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini proses pemasangan plafon metal harus dilakukan oleh tenaga ahli berpengalaman. Meskipun demikian, kalian jangan khawatir karena di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pasang plafon metal.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya pasang plafon metal untuk semua ukuran mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung total biaya pemasangan plafon metal di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.