Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC – Konstruksi plafon tidak hanya melindungi sistem kelistrikan di dalam rumah, namun juga melindungi dari rintikan atau rembesan air hujan. Salah satu jenis material plafon yang kerap digunakan di beberapa rumah minimalis modern yaitu plafon PVC.

Perlu diketahui, harga plafon PVC diklaim lebih murah dibandingkan dengan material sejenisnya seperti plafon gypsum ataupun triplek. Selain itu, plafon PVC juga sangat tepat apabila digunakan sebagai konstruksi langit-langit rumah karena bisa memberikan kesan artistik.

Bagi kalian yang hendak MEMASANG PLAFON PVC, ada baiknya buat perencanaan pembangunannya sejak awal dengan matang. Pasalnya, dengan perencanaan tersebut kalian bisa memperkirakan serta mempersiapkan apa saja kebutuhan materialnya hingga berapa besar biaya pembangunannya.

Namun, sebagian besar orang terutama yang awam di dunia konstruksi pasti belum tahu bagaimana cara menghitungnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kebutuhan plafon PVC mulai dari bahan material hingga biaya pembangunannya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan, bukan berarti plafon PVC tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Tentunya sebagai bahan material bangunan plafon PVC memiliki beberapa kekurangan. Sebelum membahas cara menghitung kebutuhan plafon PVC lebih lanjut, berikut akan kami berikan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  • Sudah tersedia dalam berbagai macam desain.
  • Proses pemasangannya tergolong mudah.
  • Di pasaran, plafon PVC sudah tersedia dalam beragam merek terkenal.
  • Cara perawatannya mudah dan murah.
  • Tidak mudah dimakan serangga.
  • Tidak mudah terbakar.
  • Tidak gampang rusak apabila terkena air.
  • Memiliki daya tahan tinggi sehingga tidak mudah pecah.

Kekurangan

  • Berbahan utama klorin sehingga dianggap bahaya bagi kesehatan manusia.
  • Apabila tidak memiliki motif serta warna, plafon PVC terasa membosankan.
  • PVC sulit untuk di daur ulang kembali.

Ukuran Standar Plafon PVC

Ukuran Standar Plafon PVC

Seperti dijelaskan di atas, material plafon PVC sendiri di pasaran memiliki cukup banyak jenis serta merek. Namun, untuk ukurannya plafon PVC sendiri sebenarnya sama, hanya saja sedikit berbeda pada ketebalannya.

Biasanya material plafon PVC yang beredar di pasaran memiliki panjang mulai dari 2 meter, 3 meter, 4 meter, 5 meter hingga 5 meter per lembarnya. Selain itu, produk tersebut juga memiliki lebar cukup bervariasi, seperti 24 cm (kotor) serta 20 cm (bersih) per lembar.

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung kebutuhan plafon PVC. Sebagai contoh kalian akan memasang plafon merek Shunda pada ruangan kamar berukuran 3 meter x 3 meter, maka cara menghitungnya yaitu seperti di bawah ini.

Bahan Material Pendukung

Bahan Material Pendukung

Sebelum menghitung kebutuhan plafon PVC, hitung terlebih dahulu estimasi biaya pembelian material pendukung pemasangannya. Material-material pendukung tersebut juga penting untuk dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan plafon di rumah. Daripada penasaran, simak baik-baik daftar harga material pendukungnya berikut ini.

Jenis MaterialKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah
Lem G1pcsRp 5.000Rp 5.000
Paku beton 7 cm12pcsRp 400Rp 4.800
Sealent white1botolRp 30.000Rp 30.000
Skrup gypsum0.3dusRp 70.000Rp 21.000
Kawat gantung1kgRp 19.500Rp 19.500
Benang nilon1rollRp 5.000Rp 5.000

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membeli kebutuhan material pendukung pemasangan plafon PVC yaitu sekitar Rp 85.300.

Bahan Plafon PVC

Bahan Plafon PVC

Selanjutnya yaitu menghitung kebutuhan pemasangan plafon mulai dari plafon PVC, lis hingga rangka hollow galvalum. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara menghitung kebutuhan plafon PVC untuk ruangan seluas 9 meter persegi di bawah ini.

Diketahui :

  • Harga plafon PVC Shunda per meter : Rp 30.000.
  • Harga lis plafon PVC per meter : Rp 18.000.
  • Harga hollow galvalum 4 x 4 : Rp 23.000.
  • Harga hollow galvalum 2 x 4 : Rp 16.000.

Perhitungan :

  • Plafon PVC Shunda : 10 lembar x Rp 30.000 per m1 x 3 meter = Rp 900.000.
  • Lis PVC : 3 batang x Rp 18.000 per m1 x 4 meter = Rp 216.000.
  • Hollow galvalum 4 x 4 : 3 batang x Rp 23.000 = Rp 69.000.
  • Hollow galvalum 2 x 4 : 5 batang x Rp 16.000 = Rp 80.000.

Dari data perhitungan di atas total biaya untuk membeli kebutuhan pemasangan plafon PVC di ruangan seluas 9 m2 yaitu sekitar Rp 1.265.000.

Ongkos Pekerja

Ongkos Pekerja

Terakhir yaitu menghitung ongkos atau upah pekerja bangunannya. Saran kami sebaiknya gunakan pekerja dengan sistem borongan karena akan lebih murah jika dibandingkan dengan sistem harian. Misalkan HARGA BORONGAN PASANG PLAFON saat ini yaitu sekitar Rp 45.000 per meter perseginya, maka perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

  • Ongkos pasang plafon PVC (model rata/flat) : 9 m2 x Rp 45.000 = Rp 405.000.

Jadi, jumlah total biaya untuk membeli kebutuhan pemasangan plafon PVC merek Shunda di ruangan berukuran 3 m x 3 m yaitu Rp 85.300 + Rp 1.265.000 + Rp 405.000 = Rp 1.755.300.

Tips Memilih Plafon PVC

Tips Memilih Plafon PVC

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kebutuhan plafon PVC mulai dari pembelian bahan materialnya hingga ongkos para pekerja. Agar konstruksi plafon di rumah bisa bertahan lama, ada baiknya ikuti beberapa tips memilih plafon PVC di bawah ini.

  • Pilih ukuran plafon PVC sesuai kebutuhan.
  • Gunakan merek terbaik.
  • Pilihlah material plafon PVC elastis.
  • Sebaiknya belilah material yang memiliki garansi sehingga jika terjadi kecacatan produk maka dapat ditukarkan kembali.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kebutuhan plafon PVC dapat disesuaikan dengan volume atau ukuran ruangan. Semakin besar ukuran sebuah ruangan, maka akan semakin banyak pula kebutuhan plafon PVC.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack terkait cara menghitung kebutuhan plafon PVC mulai dari bahan material hingga ongkos pekerja borongannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membeli material plafon PVC.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *