Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Jarak Reng Genteng Morando Yang Benar

Jarak Reng Genteng Morando

Jarak Reng Genteng Morando – Seperti diketahui, saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis genteng yang bisa digunakan sebagai material penutup atap rumah, salah satunya yaitu genteng morando. Genteng yang juga biasanya disebut sebagai gojer ini mempunyai bentuk bergelombang melengkung ke bawah dan juga sebagian melengkung ke atas.

Selain itu, genteng morando juga terkenal sangat kuat, bobotnya ringan, halus dan kokoh sehingga meskipun bobotnya cukup enteng, namun material ini sangatlah kuat. Jadi, genteng morando bisa dijadikan sebagai alternatif atap rumah untuk menggantikan genteng keramik yang harganya masih tergolong cukup mahal.

Akan tetapi, ketika hendak membeli dan memasang genteng morando, tentunya kalian harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi atau ukuran standarnya, entah itu dari segi produk maupun rangka penopangnya. Dimana hal ini penting untuk dilakukan supaya nantinya atap genteng morando tidak bocor maupun roboh.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin menggunakan genteng morando sebagai atap rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu ukuran standar jarak rengnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai standar ukuran jarak reng genteng morando semua jenis dilengkapi kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Morando

Seperti halnya genteng tanah liat pada umumnya, tentunya genteng morando mempunyai sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, sebelum membahas jarak reng genteng morando lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan

  • Mempunyai kekuatan yang tinggi.
  • Bobotnya cenderung lebih ringan ketimbang genteng sejenisnya.
  • Proses pemasangannya cukup mudah.
  • Dikenal sebagai penahan panas yang baik.
  • Lebih tahan lama.

Kekurangan

  • Harganya sedikit lebih mahal apabila dibandingkan dengan genteng tanah liat di kelasnya.
  • Sulit ditemukan di beberapa daerah di Indonesia sehingga seringkali seseorang perlu mendatangkannya dari wilayah lain dan pastinya membutuhkan ongkos kirim tidak sedikit.

Jenis Genteng Morando

Perlu diketahui, di Indonesia sendiri saat ini genteng morando terbagi menjadi dua jenis, yaitu genteng morando natural serta genteng morando yang diglazur. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai masing-masing jenis genteng morando tersebut.

Genteng Morando Natural

Genteng Morando Natural

Sesuai namanya, jenis genteng morando pertama ini belum diglazur sehingga bentuknya masih tampak seperti biasa layaknya genteng tanah liat pada umumnya. Apabila kalian ingin menggunakan genteng morando natural, sebaiknya lapisinya menggunakan cat sehingga bisa lebih tahan lama dan membuat tampilannya menjadi lebih bagus.

Genteng Morando Glazur

Genteng Morando Glazur

Kemudian jenis genteng morando yang diglazur ini mempunyai tampilan lebih cantik ketimbang genteng morando natural. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya genteng jenis ini mempunyai lapisan tambahan yang membuatnya tampak lebih mengkilap. Adapun beberapa pilihan warnanya diantaranya yaitu seperti cokelat, hijau, merah, biru hingga transparan.

Ukuran Standar Genteng Morando

Ketika hendak mengetahui jarak reng genteng morando, tentunya kalian harus mengetahui berapa ukuran atau dimensi standarnya. Seperti halnya genteng tanah liat pada umumnya, proses pembuatan genteng morando menggunakan mesin cetak yang kemudian di press sehingga menghasilkan ukuran presisi.

Di pasaran Indonesia sendiri, genteng morando mempunyai spesifikasi atau ukuran standar dengan panjang 33 cm, lebar 26 cm, tebal 2 cm serta berat 2.5 kg. Perlu diingat, spesifikasi tersebut hanya berlaku untuk jenis genteng morando natural saja. Pasalnya, untuk jenis genteng morando natural hanya mengalami pembakaran satu kali dan nilai penyusutannya lebih sedikit.

Jarak Reng Genteng Morando

Setelah memahami beberapa kelebihan dan kekurangan, jenis hingga spesifikasi standar genteng morando, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa ukuran jarak reng sebagai rangka penopangnya. Hampir sama seperti jarak reng genteng KIA, standar jarak reng genteng morando ditentukan berdasarkan spesifikasinya.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, spesifikasi antara jenis genteng morando natural dengan genteng morando glazur mempunyai sedikit perbedaan. Dimana adanya perbedaan tersebut nantinya akan mempengaruhi beberapa hal, salah satunya yaitu tentang jarak rengnya.

Untuk genteng morando natural, ukuran standar jarak reng kurang lebih sekitar 26.5 cm dengan total 19 biji per meter perseginya. Sementara untuk jenis genteng morando glazur mempunyai jarak reng sekitar 26 cm. Adanya perbedaan spesifikasi ini terjadi karena genteng morando glazur mengalami 2 kali pembakaran sehingga mengalami penyusutan lebih banyak.

Harga Genteng Morando

Di atas sudah dijelaskan mengenai standar ukuran jarak reng genteng morando untuk semua jenis dilengkapi dengan beberapa kelebihan beserta kekurangannya. Selain harus memahami berapa spesifikasi masing-masing jenis genteng morando, tentunya kalian juga harus mengetahui berapa besaran harganya.

Untuk saat ini, besaran harga genteng morando di pasaran Indonesia sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada jenisnya. Dimana harga genteng morando natural sendiri berada di kisaran Rp 2.000 per buah, sedangkan harga genteng morando glazur sedikit lebih mahal, yakni berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 6.500 per buah.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar jarak reng genteng morando semua jenis dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan beserta kisaran harganya di pasaran Indonesia. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli dan memasang genteng morando sebagai atap rumah.

Sumber gambar : tokopedia.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *