Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Jarak Reng Genteng KIA Yang Benar

Ukuran Jarak Reng Genteng KIA

Ukuran Jarak Reng Genteng KIA – Salah satu jenis genteng yang seringkali dijadikan sebagai material atap rumah tinggal di Indonesia yaitu genteng keramik. Dimana genteng keramik sendiri mempunyai bahan yang kurang lebih sama seperti genteng tradisional, yaitu terbuat dari tanah liat.

Akan tetapi, genteng ini menggunakan material tanah liat disortir yang kemudian dicetak dan di press menggunakan peralatan canggih serta modern. Karena dikelola menggunakan teknologi tinggi, kepresisian dan kerapiannya akan terlihat lebih baik ketimbang genteng tradisional.

Genteng keramik di pasaran Indonesia sendiri terbagi menjadi beberapa model dan merk, salah satunya yaitu KIA. Meskipun tergolong cukup sering digunakan sebagai material atap, namun masih ada cukup banyak orang di luar sana belum memahami berapa standar ukuran jarak rengnya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk mengunakan genteng KIA sebagai atap hunian, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukuran jarak rengnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai ukuran jarak reng genteng KIA beserta kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng KIA

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ukuran standar jarak reng genteng KIA lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa keunggulan dan kelemahannya. Adapun sejumlah kelebihan beserta kekurangan genteng KIA tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Kelebihan

  • Warna lebih tahan lama.
  • Tahan terhadap serangan cuaca.
  • Daya tahan superior.
  • Ramah lingkungan.
  • Tidak membutuhkan perawatan khusus.
  • Tidak menghantarkan panas.
  • Kedap terhadap suara.

Kekurangan

  • Kurang cocok untuk rumah minimalis.
  • Rangka atapnya mahal.
  • Proses pemasangan harus lebih teliti.
  • Mempunyai bobot cukup berat.

Dimensi Standar Genteng KIA

Dimensi Standar Genteng KIA

Untuk mengetahui ukuran jarak reng genteng KIA, tentunya kalian perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa spesifikasinya. Tujuannya yaitu agar nantinya kalian bisa lebih mantap dalam menentukan apakah akan menggunakan atap tersebut atau tidak.

Secara garis besarnya, ukuran yang dibawa genteng KIA tidak terlalu jauh berbeda seperti atap keramik pada umumnya. Dimana genteng KIA sendiri mempunyai panjang kurang lebih sekitar 31.2 cm serta memiliki lebar 32 cm.

Kemudian dari segi berat per unit, genteng KIA mempunyai berat kurang lebih sekitar 3.15 kg. Berat tersebut bisa menampung beban kuat tekan sekitar 180 Kgf. Artinya, kekuatan tersebut tentunya sudah sangat baik jika digunakan sebagai atap rumah.

Di pasaran Indonesia sendiri, saat ini genteng KIA sudah mempunyai beberapa jenis atau model yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan serta kebutuhan pelanggannya. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan beberapa model genteng KIA di pasaran Indonesia.

  • Coco Brown.
  • Diamond Black.
  • Jade Green.
  • Jasper Black.
  • Jasper Brown.
  • Jasper Grey.
  • Madras Red.
  • Opal Black.
  • Ruby Maroon.
  • Topaz Natural.
  • Unglazed.

Ukuran Jarak Reng Genteng KIA

Setelah memahami beberapa kelebihan dan kekurangan hingga spesifikasi genteng KIA, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa standar jarak reng sebagai rangka penopangnya. Dimana hal ini sangat penting yang perlu diketahui oleh seseorang ketika ingin memasang genteng sebagai atap rumah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kesalahan dalam menentukan jarak reng nantinya akan berakibat fatal terhadap kerapian, kerapatan serta kebocoran atap. Hampir sama seperti jarak reng genteng Kanmuri, standar jarak reng genteng KIA sendiri nantinya akan dipengaruhi oleh ukuran ataupun spesifikasinya.

Menurut rekomendasi yang terdapat di dalam brosur produk dari pabrik, standar ukuran jarak reng genteng KIA adalah 26.5 cm. Sementara kebutuhan genteng KIA sebagai bahan material penutup atap rumah tersebut adalah 14.5 biji per meter perseginya.

Sebagai informasi tambahan, genteng KIA juga mempunyai kekuatan penyerapan yang bisa mencapai maksimal 7%. Dimana dengan kekuatan penyerapan tersebut, pastinya saat hujan tiba ari tidak akan merembes menetes ke dalam rumah sehingga meminimalisir adanya kebocoran.

Harga Genteng KIA

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran jarak reng genteng KIA berdasarkan spesifikasi beserta kelebihan dan kekurangannya. Perlu diketahui, genteng keramik KIA merupakan salah satu genteng keramik Berglazur yang terkenal dengan harga tergolong cuku mahal.

Akan tetapi, harga jualnya di pasaran Indonesia sendiri pastinya sebanding dengan kualitas yang ditawarkannya. Bahkan genteng KIA juga dikenal menjadi salah satu pelopor genteng keramik di Indonesia sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi tentang kualitasnya.

Untuk saat ini, harga genteng KIA di pasaran Indonesia sendiri berada di kisaran Rp 119.000 sampai Rp 126.000. Melalui harga tersebut, nantinya pelanggan akan mendapatkan material penutup atap dengan kualitas bagus, tahan lama dan bisa bertahan terhadap segala macam cuaca.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran jarak reng genteng KIA dilengkapi dengan spesifikasi, kelebihan dan kekurangan hingga kisaran harganya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli genteng keramik KIA sebagai material penutup atap rumah.

Sumber gambar : sakaabadi.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *