Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Jarak Reng Genteng Kanmuri : Espanica, Milenio & Full Flat

Jarak Reng Genteng Kanmuri

Jarak Reng Genteng Kanmuri – Seperti diketahui, genteng merupakan salah satu bagian yang penting pada sebuah hunian. Selain berguna sebagai pelindung dari cuaca luar dan pondasi sebuah bangunan, genteng juga mempunyai peran dalam memperindah fasad rumah.

Pemilihan jenis dan materialnya harus diperhatikan supaya bisa memenuhi kebutuhan hunian, entah itu secara desain maupun fungsi. Nah, salah satu jenis genteng yang populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu genteng kanmuri.

Meskipun saat ini genteng kanmuri sudah cukup terkenal di kalangan banyak orang, namun masih ada sebagian besar orang yang belum memahami tentang cara pemasangannya, khususnya mengenai ukuran jarak rangka rengnya. Dimana ukuran rangka tersebut nantinya ditentukan berdasarkan tipe genteng kanmuri.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memasang genteng kanmuri sebagai material atap rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu ukuran jarak rengnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai jarak reng genteng kanmuri untuk semua tipe dan ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Kanmuri

Sebelum pembahasan poin utama mengenai jarak reng genteng kanmuri lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Genteng kanmuri merupakan salah satu anak dari genteng keramik yang diproduksi oleh Lyman Group, dulunya dikenal sebagai Sartya Djaya Raya (SDR).

Seperti halnya material bahan bangunan pada umumnya, genteng kanmuri juga pastinya mempunyai sejumlah keunggulan serta kelemahan tersendiri. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan genteng kanmuri.

Kelebihan

  • Warna lebih tahan lama karena dilapisi cat lebih tebal sehingga tidak mudah terkelupas karena cuaca ekstrem.
  • Dibuat menggunakan teknologi canggih dengan bahan-bahan yang tidak berbahaya sehingga ramah lingkungan.
  • Genteng kanmuri dibuat menggunakan proses cetakan presisi dan pembakaran sempurna sehingga tahan lama.
  • Tidak perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin.
  • Mempunyai sifat isolasi cukup tinggi sehingga mampu menangkal hawa panas.
  • Daya serap rendah, karena hanya menyerap 7% air yang biasanya langsung kering ketika diserap.
  • Mempunyai range aksesoris paling lengkap untuk seluruh kebutuhan detail atap yang tidak dimiliki oleh atap jenis lainnya.

Kekurangan

  • Pemasangan genteng kanmuri harus lebih teliti karena menggunakan kerapatan yang presisi.
  • Harga genteng kanmuri cenderung lebih mahal dari jenis genteng lainnya.

Jarak Reng Genteng Kanmuri

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan genteng kanmuri, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti tentang sejumlah spesifikasi terkait dengan bahan material tersebut, khususnya mengenai jarak standar reng sebagai rangkanya. Cukup berbeda dengan jarak reng genteng metal, jarak reng genteng kanmuri ditentukan berdasarkan tipe atau jenisnya.

Maka dari itu, dengan mengetahuinya kalian jadi bisa memilih jenis genteng yang sesuai dengan kebutuhan atap rumah. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai ukuran jarak standar reng genteng kanmuri untuk masing-masing tipe atau jenisnya berikut ini.

Genteng Tipe Espanica

Genteng Tipe Espanica

Genteng kanmuri tipe pertama yaitu espanica. Dimensi atau ukuran genteng kanmuri espanica mempunyai panjang 32 cm dengan lebar 31.4 cm serta memiliki berat kurang lebih sekitar 3 kg. Jarak standar pemasangan rangka reng untuk genteng espanica yaitu sekitar 26 cm dan memiliki kemampuan dalam menahan beban kurang lebih sekitar 175 Kgf.

Genteng Tipe Milenio

Genteng Tipe Milenio

Kemudian jenis atau tipe genteng kanmuri selanjutnya yaitu milenio. Genteng jenis ini memiliki spesifikasi dimensi panjang 32 cm dan lebar 31.7 cm. Untuk jarak reng genteng tipe milenio yaitu berada di angka 26.7 cm. Sementara beban kuat tekan kanmuri milenio kurang lebih sama seperti espanica, yakni sekitar 175 Kgf dengan daya serap mencapai 7%.

Genteng Tipe Full Flat

Genteng Tipe Full Flat

Tipe genteng kanmuri terakhir yaitu full flat. Jika dilihat dari segi ukurannya, genteng ini memiliki panjang 34.8 cm dan lebar mencapai 25 cm. Sementara untuk bobotnya sendiri tergolong cukup berat, yaitu sekitar 3.8 kg. Ukuran standar jarak reng genteng kanmuri jenis full flat yaitu kurang lebih sekitar 28 cm dengan tingkat beban kuat sekitar 175 Kgf.

Tips Memasang Genteng Kanmuri

Di atas sudah dijelaskan secara rinci mengenai ukuran standar jarak reng genteng kanmuri untuk semua tipe dilengkapi dengan beberapa kelebihan beserta kekurangannya. Sebagai informasi tambahan, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam memasang genteng kanmuri supaya terhindar dari kebocoran.

  • Pastikan konstruksi di bawahnya harus baik dan rapi.
  • Pastikan juga bahwa para pelaksana pemasangan genteng kanmuri sudah mengerti instruksi dan standar prosedur pemasangan yang benar.
  • Sebelum mulai memasangnya, perhatikan segi elevasi (sudut kemiringan) material genteng kanmuri agar membentuk ketahanan terhadap hujan.
  • Perhatikan masalah pembersihan, terutama adukan semen yang seringkali tercecer di atas badan genteng.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar jarak reng genteng kanmuri untuk semua tipe dan ukuran dilengkapi dengan beberapa kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan genteng kanmuri sebagai bahan material atap rumah.

Sumber gambar : kanmuriroof.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *