Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Biaya Membuat Pondasi Rumah Sederhana (Tenaga & Material)

Perhitungan Biaya Membuat Pondasi Rumah Sederhana

Biaya Membuat Pondasi Rumah Sederhana – Seperti diketahui, bangunan atau rumah merupakan sebuah konstruksi yang terbuat dari berbagai macam bagian penting. Dimana salah satu bagian terpenting yang terdapat di dalam rumah tersebut yaitu fondasi atau juga disebut pondasi.

Pondasi sendiri berguna untuk menjaga agar konstruksi sebuah bangunan tetap tahan lama, kuat serta tidak mudah roboh walaupun terkena goncangan. Karena termasuk ke dalam bagian penting dalam rumah, maka pastinya kalian perlu menghitung perkiraan biaya pembangunannya dengan matang sejak awal.

Khusus untuk rumah dengan 1 lantai, sebenarnya kalian masih bisa membangunnya menggunakan pondasi dengan tipe sederhana. Tentunya proses pembuatan pondasi rumah tipe sederhana ini juga akan jauh lebih mudah dan cepat serta tidak terlalu membutuhkan anggaran dana terlalu besar.

Oleh sebab itu, apabila kalian ingin membangun rumah sederhana 1 lantai, alangkah baiknya hitung terlebih dahulu berapa besar biaya pembuatan pondasinya, baik itu dari segi upah pekerja ataupun materialnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci besaran biaya membuat pondasi rumah sederhana.

Jenis Pondasi Rumah Sederhana

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya membuat rumah pondasi sederhana, ada baiknya pahami terlebih dahulu jenisnya. Untuk rumah sederhana seperti hunian 1 lantai, umumnya bangunan tersebut menggunakan struktur pondasi tipe atau jenis dangkal.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab pondasi dangkal sangat cocok untuk bangunan sederhana yang biasanya memiliki tekstur tanah keras serta padat. Supaya dapat menahan beban berat di atasnya, pondasi jenis ini biasanya akan menggunakan material bangunan seperti batu kali, batu bata ataupun batu keras.

Ukuran Pondasi Rumah Sederhana

Seperti dijelaskan sebelumnya, penggunaan pondasi jenis dangkal dapat lebih fokus dalam menopang beban struktur dalam rumah sederhana. Secara garis besar, pondasi jenis dangkal pada pembangunan rumah sederhana ini dibuat dengan kedalaman antara 60 cm sampai 80 cm saja.

Pondasi pada rumah sederhana tersebut tidak perlu dibuat terlalu dalam karena bebannya tidak seberat pada rumah 2 lantai atau lebih. Sementara untuk lebar penampang bawah ataupun atas pondasi sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Biaya Membuat Pondasi Rumah Sederhana

Perhitungan Biaya Membuat Pondasi Rumah Sederhana

Setelah mengetahui jenis serta ukuran standar pondasi rumah sederhana, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pembuatannya. Pada perhitungan biaya membuat pondasi sederhana, terdapat beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan.

Sebab, proses pembuatan pondasi rumah tersebut meliputi beberapa tahapan, mulai dari pekerjaan galian tanah hingga pemasangan batu pondasi. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik perhitungan biaya membuat pondasi rumah sederhana di bawah ini.

Volume Pondasi Sederhana

Langkah pertama, kalian perlu mencari tahu berapa luas atau volume pondasi rumah sederhana terlebih dahulu. Karena pondasi rumah sederhana umumnya menggunakan pondasi batu kali, maka tata cara perhitungannya juga sama seperti saat menghitung volume pondasi batu kali.

Sebagai contoh kalian akan membuat pondasi rumah sederhana sepanjang 40 meter dengan luas penampang bawah dan atas pondasi masing-masing 0.8 m dan 0.5 m serta tinggi pondasi sekitar 0.8 m, maka cara menghitung total volume pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang Pondasi : 40 meter.
  • Luas penampang bawah : 0.8 m.
  • Luas penampang atas : 0.5 m.
  • Tinggi pondasi : 0.8 m.

Perhitungan :

  • Volume pondasi : Luas penampang x Panjang pondasi.
  • Volume pondasi : ((0.5 m + 0.8 m) x (0.8 m ÷ 2)) x 40 m.
  • Volume pondasi : (1.3 m x 0.4 m) x 40 m.
  • Volume pondasi : 0.52 m2 x 40 m = 20.8 m3.

Jadi, total volume pondasi rumah sederhana sepanjang 40 meter dengan luas penampang bawah dan atas masing-masing 0.8 m dan 0.5 m serta tinggi 0.8 m yaitu kurang lebih sekitar 20.8 meter kubik.

Upah Galian

Dalam menghitung biaya membuat pondasi rumah sederhana selanjutnya yaitu terkait pekerjaan galian tanahnya. Sebagai contoh harga borongan galian tanah pondasi saat ini adalah Rp 80.000 per meternya, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Upah galian : Panjang pondasi x Harga borongan.
  • Upah galian : 40 m x Rp 80.000 = Rp 3.200.000.

Biaya Pembuatan Pondasi

Tahap terakhir dalam menghitung biaya membuat pondasi rumah sederhana yaitu terkait ongkos pekerja bangunan plus materialnya. Kita asumsikan harga pembuatan pondasi per meter kubiknya saat ini adalah Rp 800.000 plus material, maka siapkan dana sebesar perhitungan berikut ini.

  • Biaya pembuatan pondasi : Volume total pondasi x Harga borongan.
  • Biaya pembuatan pondasi : 20.8 m3 x Rp 800.000 = Rp 16.640.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat pondasi pada rumah sederhana yaitu sekitar Rp 19.840.000 (Rp 3.200.000 + Rp 16.640.000). Namun, saran kami sebaiknya siapkan anggaran biaya melebihi estimasi di atas untuk berjaga-jaga apabila nantinya terjadi hal-hal di luar dugaan pada saat proses pembangunan berlangsung.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran biaya pembuatan pondasi rumah tergantung pada ukurannya. Namun, jika ingin lebih menghemat biaya, saran kami sebaiknya gunakanlah pemborong atau kontraktor karena harga borongan bangunan dinilai lebih murah.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar perhitungan analisa biaya membuat pondasi rumah sederhana, baik itu dari segi ongkos tukang hingga pembelian material bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat pondasi rumah sederhana.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *