Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Batako Press Per Biji Semua Merk & Harga 2023

Ukuran Batako Press

Ukuran Batako Press – Dalam proses pembangunan sebuah rumah, dinding mempunyai peranan yang sangat penting dan krusial. Dimana tanpa adanya dinding, tentunya kalian belum bisa menyebut suatu bangunan sebagai hunian yang layak.

Idealnya dinding dibangun dengan baik, rapi, kokoh dan kuat agar tidak mudah rusak, entah itu difungsikan sebagai struktural maupun non struktural. Nah, salah satu jenis material yang kini menjadi andalan bagi banyak orang yaitu batako, terutama batako press.

Seiring berjalannya waktu, batako press semakin menggeser pamor bata merah sebagai material pembuat dinding konstruksi bangunan. Terlebih lagi ukurannya yang cukup beragam membuat sebagian besar orang lebih memilih material tersebut.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana untuk membeli batako press di pasaran, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukurannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai standar ukuran batako press dilengkapi dengan kisaran harganya.

Apa Itu Batako Press?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai standar ukuran atau dimensi batako press lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Batako press merupakan sebuah material yang terbuat dari campuran semen dan pasir serta memiliki luas penampang lubang lebih besar dari seperempat dari isi batanya.

Karena terbuat dari semen, maka batako press juga seringkali disebut sebagai batako semen. Dimana batako jenis ini mempunyai dua atau tiga lubang disisinya untuk diisi oleh adukan pengikat maupun spesi. Nah, adanya lubang pada material bahan bangunan tersebut menjadikan ciri khas tersendiri bagi batako press.

Ukuran Batako Press

Ukuran Batako Press Per Biji

Setelah memahami sekilas pengertian batako press, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai ukuran standarnya. Secara garis besarnya, ukuran batako jenis ini sudah tertera di dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait bahan material konstruksi bangunan.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya saat ini di pasaran Indonesia batako press tersedia dalam berbagi macam spesifikasi, mulai dari bentuk hingga ukurannya. Adapun ukuran standar batako press di pasaran sendiri yaitu mempunyai panjang 36 cm – 40 cm, lebar atau tinggi 18 cm – 20 cm serta tebal 8 cm – 10 cm.

Adanya variasi ukuran batako press tersebut membuat pelanggan bisa menyesuaikan bahan material dengan kebutuhan konstruksi bangunannya. Namun, perlu diingat bahwa batako press juga mempunyai sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli serta memasangnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Batako Press

Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui standar ukuran batako press di pasaran Indonesia, namun tidak mengetahui bagaimana tata cara menghitung kebutuhannya. Sebenarnya pada pembahasan sebelumnya mengenai kebutuhan batako per meter sudah dijelaskan bagaimana rumus ataupun tata cara perhitungannya.

Sebagai contoh kalian ingin menggunakan batako press untuk dinding bangunan, maka kalian bisa mencari tahu total kebutuhannya dengan mengetahui kebutuhan material per meter perseginya. Misalkan kalian menggunakan batako press kecil dengan ukuran panjang 30 cm, lebar 15 cm serta tebal 10 cm, maka cara menghitung kebutuhan material untuk 1 meter perseginya akan seperti di bawah ini.

  • Kebutuhan batako press = 1 m2 ÷ (Panjang x Lebar batako).
  • Kebutuhan batako press = 1 m2 ÷ (30 cm x 15 cm).
  • Kebutuhan batako press = 1 m2 ÷ 450 cm.
  • Kebutuhan batako press = 10.000 cm ÷ 450 cm.
  • Kebutuhan batako press = 22.2 buah.

Dari data perhitungan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa untuk membuat 1 meter persegi dinding, membutuhkan kurang lebih sekitar 22.2 buah atau dibulatkan menjadi 23 buah batako press berukuran 30 cm x 15 cm x 10 cm.

Harga Batako Press

Di atas sudah dijelaskan mengenai pengertian hingga standar ukuran batako press dilengkapi dengan tata cara menghitung kebutuhannya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa besaran harga batako jenis ini di pasaran Indonesia.

Untuk saat ini, rata-rata para produsen ataupun penjual batako press menjual material tersebut dalam satuan biji. Dimana untuk saat ini harga batako press di pasaran Indonesia berada di kisaran Rp 1.050 sampai Rp 2.100 per biji atau per buah.

Adapun besaran harga batako press tersebut nantinya dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari jenis, ukuran dan lain sebagainya. Saran kami sebaiknya pilihlah material batako press yang berkualitas, meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar ukuran standar batako press kecil hingga hitam semua merk dilengkapi dengan cara menghitung kebutuhan hingga kisaran harganya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli batako press di pasaran.

Sumber gambar : shutterstock.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *