Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando Semua Jenis!

Cara Menghitung Kebutuhan Genteg Morando

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando – Sebagaimana diketahui, genteng tanah liat menjadi salah satu jenis material penutup atap rumah yang masih populer hingga saat ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya genteng tanah liat sendiri mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan material sejenisnya.

Selain itu, genteng tanah liat juga kini sudah tersedia dalam berbagai macam model, jenis ataupun bentuk, salah satunya yaitu genteng morando. Dimana genteng morando sendiri kini sudah bisa didapatkan dengan mudah di pasaran ataupun di produsennya secara langsung dengan ukuran yang sangat presisi.

Ketika hendak menggunakan genteng morando sebagai penutup atap rumah, tentunya kalian juga harus mengetahui berapa banyak total kebutuhannya. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui bagaimana tata cara menghitung kebutuhannya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana ingin membeli dan memasang genteng morando untuk atap rumah, ada baiknya hitung terlebih dahulu total kebutuhannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai cara menghitung kebutuhan genteng morando semua jenis.

Ukuran Standar Genteng Morando

Ketika ingin mengetahui tata cara menghitung kebutuhan genteng morando sebagai atap rumah, tentunya kalian juga harus memahami terlebih dahulu ukuran ataupun dimensi standarnya. Perlu diketahui, saat ini di pasaran Indonesia terdapat 2 jenis genteng morando, yaitu morando natural dan morando glazur.

Dimana material jenis morando natural mempunyai ukuran standar seperti panjang 33 cm, lebar 25 cm, tebal 2 cm serta berat 2.5 kg. Sementara untuk genteng morando glazur biasanya mempunyai dimensi sedikit lebih kecil. Hal tersebut dikarenakan genteng morando glazur mengalami pembakaran lebih dari satu kali sehingga kemungkinan mengalami penyusutan.

Di dalam penerapan genteng morando, tentunya hal tersebut akan sangat bergantung pada pemilihan jarak reng sebagai rangkanya. Pada umumnya, orang-orang memasang genteng morando menggunakan rangka reng dengan jarak 26.5 cm sehingga membutuhkan total 19 buah untuk satu meter perseginya.

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando

Tata Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando

Setelah memahami ukuran standar genteng morando untuk semua jenis, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana tata cara perhitungannya. Hampir sama seperti saat menghitung kebutuhan genteng metal, perhitungan kebutuhan genteng morando juga harus menggunakan sebuah rumus.

Salah satu tujuan dibutuhkannya rumus yaitu supaya nantinya perhitungan kebutuhan genteng morando bisa lebih tepat dan akurat. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung kebutuhan genteng morando untuk semua jenis berikut ini, entah itu berdasarkan luas atap maupun volume pondasi.

Menghitung Berdasarkan Luas Atap

Cara menghitung kebutuhan genteng morando pertama yaitu dilakukan berdasarkan luas atap sebuah bangunan. Misalkan kalian akan memasang genteng morando pada rumah berukuran 10 m x 12 m dengan jarak reng 26.5 cm, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 12 m.
  • Lebar : 10 m.
  • Jarak reng : 26.5 cm (19 buah genteng per m2).

Perhitungan :

  • Luas Atap Rumah
    • Luas = (Panjang x Lebar) x 2 (sisi atap).
    • Luas = (10 m x 12 m) x 2.
    • Luas = 120 m2 x 2.
    • Luas = 240 m2.
  • Kebutuhan Genteng Morando
    • Kebutuhan genteng = Luas atap rumah x Jumlah genteng per m2.
    • Kebutuhan genteng = 240 m2 x 19 buah.
    • Kebutuhan genteng = 4.560 buah.

Dari data perhitungan di atas, maka untuk membangun atap rumah berukuran 10 m x 12 m dengan jarak reng 26.5 cm membutuhkan kurang lebih sekitar 4.560 buah genteng morando.

Menghitung Berdasarkan Panjang dan Lebar Pondasi

Selain menghitung kebutuhan genteng morando berdasarkan luas atap rumah, perhitungan kebutuhan genteng morando juga bisa dilakukan dengan cara memperhatikan panjang serta lebar pondasi bangunan. Sebagai contoh kalian mempunyai rumah dengan panjang 8 m dan lebar 6 m dan ingin memasang genteng morando.

Sebaiknya tambahkan 1 m untuk panjang dan lebarnya sehingga mendapatkan ukuran rumah 9 m x 7 m. Kemudian untuk tata cara menghitung total kebutuhan material gentengnya yaitu cukup dengan mengalikan luas pondasi dengan angka 35. Perhatikan baik-baik perhitungannya di bawah ini.

  • Luas Pondasi Bangunan
    • Luas pondasi = Panjang x Lebar.
    • Luas pondasi = 9 m x 7 m.
    • Luas pondasi = 63 m2.
  • Kebutuhan Genteng Morando
    • Kebutuhan genteng = Luas pondasi x 35.
    • Kebutuhan genteng = 63 m2 x 35.
    • Kebutuhan genteng = 2.205 buah.

Jadi bangunan yang mempunyai panjang pondasi 8 meter dan lebar 6 meter membutuhkan kurang lebih sekitar 2.205 buah genteng morando. Namun, perlu diingat bahwa perhitungan di atas hanya pada inti bagian rumah saja. Sehingga jika terdapat bangunan lain seperti teras atau balkon yang ingin diberi atap genteng, maka perhitungannya akan berbeda.

Tips Memilih Genteng Morando

Di atas sudah dijelaskan mengenai tata cara menghitung kebutuhan genteng morando untuk semua jenis berdasarkan ukurannya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan sejumlah tips dalam memilih genteng morando supaya bisa mendapatkan material berkualitas.

  • Pastikan bentuk beserta ukurannya presisi.
  • Cek kemurnian genteng morando.
  • Dengarkan suaranya yang nyaring.
  • Perhatikan kerataan permukaan genteng morando.
  • Lihat ukuran pori-porinya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung kebutuhan genteng morando untuk semua jenis dan ukuran dilengkapi dengan sejumlah tips memilihnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang genteng morando sebagai atap rumah.

Sumber gambar : stlouissyntheticroofing.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *