Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter 2021 (Tenaga & Bahan)

Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter

Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter – Seperti diketahui, polycarbonate belakangan ini kerap dijadikan pilihan masyarakat sebagai bahan material penutup atap sebuah hunian. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya polycarbonate sendiri memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh material atap sejenisnya.

Salah satu keunggulan bahan material polycarbonate yaitu mudah untuk diubah menjadi berbagai macam bentuk sesuai kebutuhan serta keinginan. Selain itu, kualitas kejernihan atap polycarbonate juga dapat disejajarkan dengan kaca, termasuk memudarkan paparan sinar matahari.

Terlebih lagi di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa pemasangan polycarbonate, baik itu sebagai atap rumah ataupun sebagai kanopi. Biasanya para pekerja borongan tersebut mematok harga jasa pemasangan dengan hitungan per meter persegi.

Jika kalian berencana memasang polycarbonate sebagai atap atau kanopi di sebuah bangunan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu harga borongan pemasangannya. Nah, untuk membantunya kali ini Epropertyrack akan menjelaskan kisaran harga pemasangan polycarbonate per meter perseginya.

Keunggulan dan Kelemahan Polycarbonate

Keunggulan dan Kelemahan Polycarbonate

Seperti dijelaskan sebelumnya, alasan mengapa banyak orang lebih memilih polycarbonate ketimbang material atap lainnya yaitu karena memiliki sejumlah keunggulan. Meskipun demikian, bukan berarti polycarbonate tidak memiliki kelemahan sedikitpun.

Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP POLYCARBONATE.

Keunggulan

  • Kuat dan tahan guncangan atau benturan.
  • Mudah dibentuk.
  • Bening layaknya kaca.
  • Bobotnya cenderung lebih ringan dibanding material sejenisnya.
  • Warnanya cukup bervariasi.
  • Mempunyai perlindungan sinar UV.
  • Ramah lingkungan.
  • Mudah dibersihkan.

Kelemahan

  • Polycarbonate rentan terhadap goresan.
  • Tidak tahan terhadap cairan kimia.
  • Kebocorannya sulit untuk diperbaiki.
  • Menimbulkan suara berisik ketika hujan.

Ukuran Standar Polycarbonate

Ukuran Standar Polycarbonate

Perlu diketahui, biasanya harga borongan pemasangan atap polycarbonate per meter perseginya dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu ukurannya. Sebenarnya, ukuran polycarbonate yang beredar di pasaran Indonesia sendiri cukup beragam.

Namun, umumnya material polycarbonate memiliki ukuran standar 2.1 m x 11.8 m dengan ketebalan 4 mm sampai 10 mm per lembarnya. Akan tetapi, ukuran atau dimensi polycarbonate tersebut juga sebenarnya tergantung pada jenis serta merknya.

Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter

Daftar Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN KANOPI BAJA RINGAN, besaran tarif atau ongkos jasa pemasangan polycarbonate per meter perseginya juga dapat berbeda di sejumlah wilayah. Dimana perbedaan harga jasa pekerja borongan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penggunaan rangka atap, tingkat kesulitan, hingga risiko pemasangannya.

Meskipun demikian, biasanya selisih perbedaan harga pemasangan atap polycarbonate sebenarnya tidak akan terlalu jauh. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tabel daftar harga pemasangan polycarbonate per meter berdasarkan jenis bahan rangkanya di bawah ini.

Bahan Rangka Atap PolycarbonateHarga / M2
Rangka Baja Ringan 0.75 mmRp 400.000
Rangka Besi Hollow 0.75 mmRp 600.000
Rangka Galvalum 0.75 mmRp 650.000

Perlu diingat, harga jasa pemasangan atap polycarbonate per meter persegi di atas sudah mencakup ongkos tukang bangunan, rangka penopang atap hingga pembelian material polycarbonate.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Polycarbonate

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga pemasangan polycarbonate per meter perseginya di beberapa daerah. Berikutnya juga akan kami berikan bagaimana cara menghitung biaya pemasangan atap atau kanopi polycarbonate menggunakan pekerja borongan.

Sebenarnya perhitungan biaya pemasangan polycarbonate ini hampir sama seperti saat MENGHITUNG BIAYA PEMBUATAN KANOPI, mengingat material tersebut umumnya dimanfaatkan sebagai kanopi sebuah hunian. Agar lebih jelasnya, berikut adalah perhitungan biaya pemasangan atap polycarbonate.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Cara pertama, cari tahu terlebih dahulu berapa volume bidang pekerjaan pemasangan polycarbonate. Sebagai contoh kalian akan memasang kanopi polycarbonate berukuran 5 m x 3 m dengan overstek 1 m di bagian depan menggunakan rangka besi hollow 0.75 mm, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang kanopi : 5 m.
  • Lebar kanopi : 3 m.
  • Overstek : 1 m.

Perhitungan :

  • Volume kanopi : (Panjang + Overstek) x Lebar.
  • Volume kanopi : (5 m + 1 m) x 3 .
  • Volume kanopi : 6 m x 3 m = 18 m2.

Biaya Pemasangan Polycarbonate

Biaya Pemasangan Polycarbonate

Tahap selanjutnya yaitu menghitung biaya pemasangan kanopi polycarbonate berukuran 18 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Jika mengacu pada harga pemasangan polycarbonate di atas, maka total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasangnya yaitu seperti di bawah ini.

  • Biaya pemasangan : Volume Kanopi x Harga pemasangan per meter.
  • Biaya pemasangan : 18 m2 x Rp 600.000 = Rp 10.800.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya pemasangan kanopi polycarbonate rangka besi hollow 0.75 mm berukuran 18 meter persegi menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 10.800.000.

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga pemasangan polycarbonate per meter perseginya dilengkapi contoh perhitungan biaya pemasangannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang atap polycarbonate di rumah.

Harga Pemasangan Polycarbonate Per Meter

IDR 400000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga KalsiBoard

Jihan
3 min read

Harga Pasir

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *