Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi – Sebagian besar orang menganggap bahwa pembuatan sebuah kanopi pada hunian memang terlihat sangat mudah. Dapat dikatakan mudah apabila kalian sudah menyerahkan semuanya kepada penyedia jasa ataupun membeli dalam bentuk jadi.

Namun bagi kalian yang ingin membuat kanopi sendiri, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti desain, kebutuhan bahan material serta total biaya pembuatannya. Oleh karena itu sebelum membuat kanopi, alangkah baiknya ketahui harga dari semua bahan material untuk konstruksi tersebut.

Dengan mengetahui harga dari semua bahan pembuatan kanopi, kalian jadi bisa menghitung atau memperkirakan total biaya yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya. Sebenarnya menghitung total kebutuhan pembuatan kanopi mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui bagaimana prosedurnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah menghitung kebutuhan pembuatan kanopi mulai dari bahan material hingga estimasi biayanya. Tanpa berlama-lama lagi, simak baik-baik pembahasan tata cara menghitung biaya pembuatan kanopi di bawah ini.

Jenis-Jenis Kanopi

Jenis-Jenis Kanopi

Sebagaimana diketahui, di pasaran Indonesia kanopi tersedia dalam berbagai macam jenis. Tentunya setiap jenis tersebut memiliki fungsi serta keunggulannya masing-masing. Beberapa jenis kanopi tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Kanopi polycarbonate.
  2. Kanopi kaca.
  3. Kanopi zincalume atau spandek.
  4. Kanopi alderon.
  5. Kanopi onduline.
  6. Kanopi solar tuff.
  7. Kanopi go green.
  8. Kanopi fiber.

Kebutuhan Material Pembuatan Kanopi

Kebutuhan Material Pembuatan Kanopi

Sebelum membahas cara menghitung biaya pembuatan kanopi lebih lanjut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan material untuk konstruksi tersebut. Pasalnya tanpa adanya material-material ini, konstruksi kanopi tidak akan berdiri kokoh.

Rangka Kanopi

Salah satu bahan material utama pada saat pembuatan kanopi yaitu struktur rangka penopang atap. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan material seperti besi hollow, pipa, siku, baja ringan ataupun stainless untuk struktur rangka tersebut karena memiliki kekuatan serta daya tahan tinggi terhadap getaran.

Atap Kanopi

Selain itu, atap kanopi juga menjadi kebutuhan material terpenting dalam proses pembuatannya. Seperti dijelaskan di atas, kini sudah tersedia beragam jenis atap kanopi yang dapat digunakan sesuai selera serta kebutuhan. Saran kami sebaiknya gunakan material berkualitas sehingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

Sebenarnya tata cara menghitung biaya pembuatan kanopi cukup mudah untuk dilakukan. Sebagai contoh kalian akan membuat kanopi rumah minimalis menggunakan rangka baja ringan dan atap alderon dengan panjang 5 meter serta lebar 3,5 meter, maka langkah-langkah perhitungannya yaitu seperti berikut ini.

Menghitung Luas Kanopi

Menghitung Luas Kanopi

Langkah pertama yaitu hitung luas kanopi terlebih dahulu menggunakan rumus luas bangun datar. Seperti diketahui, kalian akan membuat kanopi dengan panjang 5 m serta lebar 3 m, maka luas kanopi yaitu panjang (5 m) dikalikan lebar (3 m) = 15 m2.

Mengetahui Harga Kanopi Per Meter

Mengetahui Harga Kanopi Per Meter

Setelah mengetahui luas, selanjutnya yaitu menghitung biaya kebutuhan atap kanopi, dalam hal ini yaitu kanopi jenis alderon. Misalkan HARGA KANOPI ALDERON dengan ketebalan 10 mm per meter perseginya yaitu sekitar Rp 150.000. Saran kami sebaiknya pilihlah jenis kanopi berkualitas agar nantinya material tersebut dapat bertahan lama meskipun menghadapi cuaca ekstrim sekaligus.

Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

Sampai pada tahap ini, kalian sudah memiliki dua data yang diperlukan dalam perhitungan, yaitu kanopi seluas 15 m2 dan harga atap kanopi alderon Rp 150.000. Dari kedua data tersebut maka kalian sudah bisa menghitung biaya pembuatan kanopi dengan cara perhitungan seperti di bawah ini.

  • Biaya pembuatan kanopi : Luas kanopi (15 m2) x Harga kanopi alderon (Rp 150.000) = Rp 2.250.000.

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa pembuatan kanopi jenis alderon seluas 15 meter persegi membutuhkan biaya kurang lebih sekitar Rp 2.250.000. Perlu diingat, besaran biaya tersebut belum termasuk ongkos atau harga borongan pekerja seperti tukang las. Oleh sebab itu, sebaiknya survei ke beberapa tukang las untuk mendapatkan harga kompetitif.

Tips Membuat Atap Kanopi

Tips Membuat Atap Kanopi

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung biaya kebutuhan pembuatan kanopi serta apa saja kebutuhan materialnya. Nah, berikut juga akan kami jelaskan beberapa tips membuat kanopi agar pada saat proses pemasangan tidak terjadi kelebihan atau bahkan kekurangan dana.

  • Hitung luas lahan yang akan dipasangi kanopi.
  • Menghitung jumlah kebutuhan material mulai dari kerangka hingga atap kanopi.
  • Gunakan bahan berkualitas meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.
  • Apabila menggunakan jasa borongan, sebaiknya gunakan kontraktor berpengalaman serta dapat dipercaya.

Akhir Kata

Sebenarnya total biaya untuk membuat konstruksi kanopi pada rumah minimalis besarannya tergantung dengan luas kanopi serta jenis material yang digunakan. Semakin luas ukuran kanopi, maka akan semakin mahal pula biaya untuk pembuatannya.

Demikian penjelasan terkait cara menghitung biaya pembuatan kanopi rumah per meter beserta kebutuhan materialnya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat kanopi di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *