Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Pasang Galvalum Per Meter

Harga Pasang Galvalum Per Meter

Harga Pasang Galvalum Per Meter – Beberapa tahun ke belakang ini kepopuleran atap galvalum telah membuat sebagian orang meninggalkan atap jenis konvensional seperti kayu atau triplek. Hal tersebut tentunya menarik sebab atap dari kayu ataupun triplek telah mendominasi rumah di Indonesia sejak dulu.

Keberhasilan galvalum menggeser kepopuleran penggunaan jenis atap terdahulu pastinya didasari oleh faktor penting. Salah satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih material galvalum sebagai atap rumah dibandingkan material jenis lainnya yaitu karena bebas dari rayap dan anti lapuk.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pemborong yang menawarkan jasa pemasangan galvalum sebagai atap sebuah hunian. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik rumah karena tidak perlu repot-repot untuk mencari bahan material pemasangan galvalum sendiri.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak memasang galvalum sebagai konstruksi atap suatu bangunan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa tarif atau harga jasa pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian harga pasang galvalum per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Galvalum

Kelebihan dan Kekurangan Galvalum

Setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristik masing-masing berbeda, termasuk galvalum. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan menggunakannya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan dan kekurangan galvalum.

Kelebihan

  • Bebas dari serangan rayap.
  • Anti lapuk.
  • Biaya perawatannya murah.
  • Mampu mempercepat pembangunan rumah.
  • Bobotnya ringan.
  • Proses pemasangannya relatif cepat.
  • Anti karat dan rayap.
  • Mudah jika dikombinasikan sesuai keinginan.
  • Tidak mudah terbakar.
  • Tidak memuai ataupun menyusut.
  • Harganya terjangkau.
  • Bisa di daur ulang.

Kekurangan

  • Bahan dasarnya membuat atap cepat panas.
  • Memerlukan tukang khusus saat proses pemasangannya.
  • Suaranya berisik ketika hujan.
  • Menghantarkan listrik.
  • Tampilannya kurang menarik apabila struktur atap diekspos.
  • Warna galvalum bisa mengalami kepudaran.

Ukuran Standar Galvalum

Ukuran Standar Galvalum

Seperti dijelaskan di atas, di pasaran Indonesia material galvalum dijual dengan beragam jenis serta ukuran. Oleh sebab itu, sebelum membahas harga pasang galvalum per meter lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu ukuran standar atau idealnya.

Galvalum yang beredar di pasaran biasanya memiliki panjang sekitar 3 meter, 4 meter, 5 meter hingga 6 meter serta lebar 0.75 meter hingga 1 meter. Sementara ketebalannya sendiri juga cukup bervariasi, mulai dari 0.25 mm, 0.30 mm, 0.35 mm, 0.45 mm dan 0.50 mm.

Pada dasarnya ukuran galvalum dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah. Akan tetapi, semakin tebal material galvalum, maka akan semakin mahal pula harga material galvalumnya.

Harga Pasang Galvalum Per Meter

Daftar Harga Pasang Galvalum Per Meter

Perlu diketahui, besaran harga pasang galvalum per meter bisa saja berbeda untuk beberapa wilayah. Perbedaan tarif atau jasa pemasangan tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor penting.

Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan atau kerumitan hingga risiko saat pemasangannya. Umumnya para pemborong atau kontraktor mematok harga pasang galvalum sekitar Rp 175.000 hingga Rp 200.000 per meter perseginya.

Harga tersebut sudah termasuk biaya pembelian material sampai ongkos jasa tukang pemasangannya. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot lagi mencari bahan-bahan pemasangannya sendiri karena sudah disediakan oleh pihak pemborong.

Cara Menghitung Biaya Pasang Galvalum

Cara Menghitung Biaya Pasang Galvalum

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang galvalum per meter untuk semua jenis serta ukurannya. Nah, selanjutnya juga akan kami berikan bagaimana cara menghitung biaya pemasangan atap galvalum.

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, hitung terlebih dahulu total volume atau luas atap sebuah bangunan yang akan dipasangi galvalum. Misalkan kalian akan memasang galvalum pada atap pelana dengan panjang 12 meter serta lebar 5 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 12 meter.
  • Lebar : 5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : 2 x (panjang x lebar).
  • Volume pekerjaan : 2 x (12 m x 5 m).
  • Volume pekerjaan : 2 x 60 m2 = 120 m2.

Biaya Pasang Galvalum

Tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung total biaya pemasangan atap galvalum. Tata cara menghitungnya yaitu mengalikan volume bidang pekerjaan atap kali harga pasang galvalum per meter.

  • Biaya pasang galvalum : Volume pekerjaan x harga pemasangan per meter.
  • Biaya pasang galvalum : 120 m2 x Rp 175.000 = Rp 21.000.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang galvalum pada atap seluas 120 meter persegi menggunakan PEKERJA BORONGAN BANGUNAN yaitu kurang lebih sekitar Rp 21.000.000. Perlu diingat, harga tersebut sudah termasuk upah tenaga borongan sampai biaya pembelian material.

Sebaiknya mintalah untuk menggunakan material galvalum berkualitas seperti GALVALUM PASIR meskipun harganya akan sedikit lebih mahal. Hal tersebut bertujuan agar nantinya konstruksi atap rumah menjadi lebih kuat serta tahan lama.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa harga borongan pemasangan atap galvalum berbeda di beberapa wilayah. Perbedaan tersebut bisa saja dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi lapangan pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Demikian penjelasan Epropertyrack seputar harga pasang galvalum per meter persegi untuk semua jenis serta ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang atap galvalum menggunakan pekerja borongan plus material.

Harga Pasang Galvalum Per Meter

IDR 175000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *