Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Sloof Per Meter 2022 : Tenaga & Material

Harga Borongan Sloof Per Meter

Harga Borongan Sloof Per Meter – Sebagaimana diketahui, proses pembangunan rumah memang cukup kompleks, entah itu 1 lantai, 2 lantai atau bahkan lebih. Terdapat berbagai macam bagian konstruksi yang memiliki peran penting terhadap ketahanan rumah nantinya, salah satunya yaitu struktur sloof.

Dimana sloof sendiri merupakan salah satu bagian penting di dalam konstruksi bangunan yang memegang peranan dalam menahan beban rumah. Selain itu, sloof juga termasuk ke dalam elemen yang tertanam di bawah tanah, tepatnya di atas pondasi bangunan.

perkakas

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pengerjaan sloof. Dimana para pekerja borongan maupun kontraktor tersebut mematok harga jasa pengerjaan dengan hitungan per meter.

Nah, apabila kalian berencana membuat struktur sloof menggunakan pekerja dengan sistem borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Oleh sebab itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan sloof per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Pengertian Sloof

Pengertian Sloof

Sebelum membahas poin utama mengenai harga borongan pengerjaan sloof per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sloof ialah sebuah elemen struktural dari suatu bangunan yang terletak di atas pondasi.

Dimana struktur sloof sendiri mampu menahan beban dari struktur lain yang berada di atasnya ke struktur pondasi dengan menolak membungkuk. Umumnya konstruksi sloof sendiri terbuat dari kolom, balok sloof serta balok ring yang berasal dari beton bertulang.

Fungsi Sloof Pada Bangunan

Secara garis besarnya, sloof mempunyai peran penting dalam menahan beban berat struktur di atasnya, kemudian menyalurkannya ke pondasi. Agar lebih mudah dipahami, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap rincian fungsi struktur sloof pada sebuah bangunan, entah itu rumah 1 lantai maupun rumah bertingkat.

  • Sloof dapat dikatakan sebagai tulangnya pondasi, karena sloof berperan sebagai penahan serta membantu pondasi menahan beban di atasnya.
  • Sloof menjadi tempat menempelnya pasangan batu merah, hebel ataupun batako.
  • Sloof serta pondasi berguna sebagai tempat berdirinya dinding supaya tidak mudah retak ataupun patah.
  • Sloof berfungsi guna menyalurkan beban dinding bangunan ke pondasi.
  • Sloof berguna sebagai pengunci dinding supaya jika terjadi pergerakan pada tanah, dinding tidak akan roboh.

Ukuran Standar Sloof

Ketika hendak mengetahui besaran harga borongan pengerjaan sloof per meter, kalian juga harus mengerti berapa ukuran ataupun dimensi standarnya. Perlu diketahui, sebenarnya ukuran struktur sloof pada bangunan dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah serta kebutuhan konstruksi bangunannya.

Untuk ukuran sloof rumah 1 lantai biasanya mempunyai dimensi 15 x 20 cm dengan besi tulangan sebanyak 4 buah diameter 10 mm (4d 10) serta besi begel menggunakan diameter 8 mm dengan jarak pemasangan 15 cm (d8-15). Sementara untuk sloof pada rumah 2 lantai biasanya menggunakan ukuran 20 x 30 cm dengan besi tulangan besi beton utama 6 d 12 mm dan begel d 8-10 cm.

Harga Borongan Sloof Per Meter

Harga Borongan Sloof Per Meter Semua Ukuran

Setelah mengetahui sekilas pengertian, fungsi hingga ukuran standar sloof pada rumah 1 dan 2 lantai, selanjutnya kalian tinggal mengetahui berapa besar upah jasa borongannya. Seperti halnya harga borongan bekisting per meter persegi, besaran upah jasa borongan pengerjaan sloof per meter juga bisa berbeda untuk beberapa daerah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat beberapa faktor penting yang memengaruhi besaran harga borongannya, mulai dari pemilihan jenis material, kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Biasanya pada pekerja borongan membuat sloof menggunakan beton dengan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 split (koral).

Selain itu, besaran ongkos jasa borongan pengerjaan sloof per meter juga ditentukan berdasarkan jenisnya, entah itu sloof praktis ataupun sloof struktur. Dimana sloof praktis biasanya digunakan untuk rumah 1 lantai atau rumah standar dengan beban tidak terlalu berat, sedangkan sloof struktur lebih dikhususkan untuk beban lebih berat seperti pada rumah 2 lantai.

Meskipun begitu, sloof struktur juga biasanya dimanfaatkan untuk bangunan yang terletak pada tanah labil. Daripada penasaran, di bawah ini akan berikan secara lengkap daftar harga borongan pengerjaan sloof per meter untuk semua jenis dan ukurannya, entah itu pada rumah 1 lantai maupun 2 lantai.

Jenis SloofHarga Borongan Per Meter
Sloof PraktisRp 105.000
Sloof StrukturRp 200.000

Perlu diketahui, besaran harga borongan sloof per meter di atas sudah mencakup beberapa komponen seperti bekisting, kebutuhan beton, tulangan besi hingga ongkos tenaga borongannya. Akan tetapi, kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga borongan di atas dapat berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Cara Menghitung Upah Borongan Sloof

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pengerjaan sloof per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui besaran harga borongan per meter lari, namun tidak mengerti bagaimana tata cara perhitungannya.

Sebenarnya perhitungan upah borongan sloof per meter ini hampir sama seperti saat menghitung kebutuhan besi sloof, karena harus mencari tahu total bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan membuat sloof pada rumah 1 lantai dengan panjang total sekitar 56 meter, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya seperti perhitungan berikut ini.

  • Upah borongan : Harga borongan sloof (sloof praktis) x Panjang total sloof.
  • Upah borongan : Rp 105.000 x 56 meter = Rp 5.880.000.

Dari data perhitungan di atas, maka untuk membuat sloof praktis sepanjang 56 meter pada rumah 1 lantai menggunakan pekerja sistem borongan membutuhkan anggaran dana kurang lebih sekitar Rp 5.880.000. Dimana di dalam besaran ongkos jasa tukang borongan tersebut sudah mencakup kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan sloof per meter untuk semua jenis dan ukuran dilengkapi contoh perhitungannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat sloof menggunakan pekerja sistem borongan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.