Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Bekisting Per M2

Harga Borongan Bekisting Per M2

Harga Borongan Bekisting Per M2 – Ketika membangun sebuah konstruksi bangunan, upah atau ongkos pekerja merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan selain bahan material. Upah tukang tersebut biasanya dihitung per hari atau borongan, tergantung kesepakatan awal antara para pekerja dengan pemilik bangunan.

Kedua sistem upah pekerja bangunan itu sendiri biasanya memiliki besaran nominal yang cukup bervariasi. Namun, kebanyakan orang lebih memilih pekerja dengan sistem borongan atau kontraktor karena dianggap HARGA SISTEM BORONGAN lebih murah dibandingkan dengan pekerja sistem harian.

Berbicara mengenai konstruksi bangunan, salah satu struktur yang memiliki fungsi cukup penting terhadap kekuatan serta daya tahan sebuah bangunan yaitu bekisting. Tentunya dalam membuat bekisting diperlukan adanya perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan matang sejak awal.

Oleh karena itu, sebelum mulai membangun rumah alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga borongan untuk membuat bekisting. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan bekisting per m2 untuk semua jenis-jenisnya.

Apa Itu Bekisting?

Apa Itu Bekisting

Sebelum membahas harga borongan bekisting per m2 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu bekisting. Di dalam dunia konstruksi, bekisting merupakan sebuah cetakan yang bersifat sementara.

Dimana penggunaannya berguna untuk menahan beton selama beton tersebut dituang serta dibentuk sesuai keinginan penggunaannya. Cetakan ini nantinya akan dibuka apabila telah memenuhi standar pada awal penetapan.

Fungsi Bekisting

Seperti dijelaskan di atas, bekisting perlu dilakukan untuk pengerasan beton supaya cukup kuat ketika menahan beban sendiri serta beban lainnya. Dengan kata lain, fungsi utama dari bekisting yaitu sebagai penahan beton sementara pada saat pengecoran sebuah struktur bangunan.

Di sisi lain, bekisting juga bermanfaat untuk membentuk beton sesuai dengan keinginan dan mempermudah dalam membuat struktur bangunan. Jadi karena fungsinya itulah membuat pekerjaan beton sangat dipengaruhi oleh kualitas bekisting.

Jenis Jenis Beksiting

Sebagaimana diketahui, jika dilihat dari segi bahan dasar pembuatannya bekisting terbagi menjadi 3 jenis, yaitu bekisting kayu, plat besi (knock down) serta bekisting fiberglass. Adapun penjelasan dari ketiga jenis bekisting tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Bekisting Kayu

Bekisting Kayu

Bekisting kayu mungkin menjadi salah satu jenis yang paling sering digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Jenis ini terbuat dari material dasar kayu terbaik untuk menahan beban konstruksi. Namun sayangnya penggunaan bekisting kayu hanya dapat dipakai satu kali saja.

Bekisting Plat Besi

Bekisting Plat Besi

Sesuai namanya, bekisting jenis knock down pada dasarnya terbuat dari plat baja dan besi hollow. Ketika menggunakan bekisting plat besi, konstruksi akan lebih awet serta tahan lama. Salah satu keunggulannya yaitu bisa memudahkan para pekerja, sebab bisa mempercepat pengerjaan suatu proyek.

Bekisting Fiberglass

Bekisting Fiberglass

Jenis terakhir yaitu ada bekisting fiberglass. Cetakan tersebut terbuat dari bahan fiberglass yang tahan terhadap air sehingga sangat cocok jika diaplikasikan pada konstruksi di bawah tanah. Terlebih lagi bahan fiberglass tidak mudah berkarat, ramah lingkungan, ringan, mudah dibersihkan serta mudah dipasang. Jika dilihat dari segi harga, maka bekisting fiberglass sedikit lebih hemat dibandingkan jenis plat besi.

Harga Borongan Bekisting Per M2

Daftar Harga Borongan Bekisting Per M2

Sebenarnya harga borongan bekisting per m2 ini juga biasanya terdapat di dalam RAB BORONGAN TENAGA COR DAK PER M2. Pasalnya, pekerjaan bekisting di dalam sebuah bangunan berkaitan erat dengan pekerjaan pengecoran, salah satunya cor dak.

Selain itu, pekerjaan bekisting pada sebuah konstruksi bangunan juga bisa dibagi menjadi beberapa spesifikasi. Daripada penasaran, di bawah ini sudah kami rangkum untuk kalian beberapa harga borongan bekisting per m2 untuk beberapa jenis pekerjaannya.

PekerjaanSatuanHarga Borongan
Bekisting pile capm2Rp 37.500
Bekisting luifel / shadingm2Rp 37.500
Bekisting kolom praktism2Rp 40.000
Bekisting ring balokm2Rp 52.000
Bekisting plat dakm2Rp 55.000
Bekisting sloofm2Rp 57.500
Bekisting balok dakm2Rp 58.000
Bekisting tanggam2Rp 115.000

Tips Memilih Pekerja Borongan

Tips Memilih Pekerja Borongan Bekisting

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai harga borongan bekisting per m2 untuk semua jenis pekerjaannya. Memang pekerja sistem borongan dinilai lebih hemat dibandingkan dengan pekerja sistem harian.

Meskipun demikian, pemilihan pekerja borongan atau pemborong juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Nah, agar kalian mendapatkan pemborong atau kontraktor berkualitas, berikut akan kami berikan beberapa tips memilihnya.

  • Carilah pekerja borongan dengan segudang pengalaman.
  • Cocokkan pekerja dengan keahliannya karena setiap tukang bangunan biasanya memiliki karakter serta keterampilan berbeda.
  • Komunikasi teratur, dimana pekerja borongan tersebut rutin berkomunikasi dengan pemilik rumah.
  • Terbuka dalam menyampaikan pendapat.
  • Kapasitas tukang borongan.
  • Tetapkan lama kerja atau tenggat waktu ketika mengerjakan sebuah bangunan.
  • Buat kontrak secara tertulis dengan pemborong.
  • Pilihlah kontraktor dengan masa garansi.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga borongan pekerjaan bekisting per meter persegi dibedakan berdasarkan spesifikasi pekerjaannya. Selain itu, harga tersebut juga biasanya cukup berbeda di beberapa wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian harga borongan bekisting per m2 untuk semua jenis pekerjaannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menggunakan pekerja borongan dalam membuat struktur bekisting.

Harga Borongan Bekisting Per M2

IDR 37500
9.3

Harga

9.5/10

Fungsional

9.4/10

Kualitas

9.4/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.0/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *