Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

30 Harga Borongan Pasang Plafon Kayu 2022 : Tenaga & Bahan

Harga Borongan Pasang Plafon Kayu

Harga Borongan Pasang Plafon Kayu – Dari sekian banyaknya jenis bahan material pembuatan plafon, kayu atau lambersering hingga kini masih diminati oleh sebagian besar orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya plafon kayu mampu menampilkan kesan yang berbeda untuk langit-langit sebuah bangunan, entah itu rumah tinggal ataupun gedung perkantoran.

Selain itu, plafon kayu juga sebenarnya bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti plafon gypsum ataupun jenis lainnya yang tampilannya cenderung monoton. Menariknya lagi, saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali pemborong atau kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan plafon kayu, entah itu untuk tenaga kerjanya saja ataupun borongan plus material.

Berbicara mengenai borongan pemasangan plafon kayu di rumah, biasanya para pemborong menentukan harga atau tarif pengerjaan dengan hitungan per meter persegi. Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik rumah karena pekerja borongan dinilai lebih murah dibandingkan dengan pekerja sistem harian.

Oleh sebab itu, apabila kalian berniat memasang plafon kayu di rumah menggunakan jasa pekerja borongan, ada baiknya cari tahu besaran harganya terlebih dahulu. Nah, untuk membantunya pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan selengkap-lengkapnya mengenai harga borongan pasang plafon kayu untuk semua jenis per meter perseginya.

Jenis-Jenis Plafon Kayu

Sebagaimana diketahui, plafon atau langit-langit rumah menjadi salah satu elemen penting dalam suatu ruangan, termasuk untuk memberikan sebuah kenyamanan pada penghuninya. Maka dari itu, memilih model plafon yang tepat juga perlu dilakukan supaya hasil akhir nantinya dapat sesuai keinginan.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis kayu yang kerap dijadikan sebagai plafon rumah. Adapun beberapa jenis kayu sebagai bahan material pembuatan plafon rumah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kayu Jati.
  • Kayu Merbau.
  • Kayu Bengkirai.
  • Kayu Keruing.
  • Kayu Agathis.
  • Kayu Ulin.
  • Kayu Kumea.
  • Kayu Momala.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kayu

Ketika kalian memutuskan untuk menggunakan kayu sebagai plafon rumah, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk sejumlah keunggulan serta kelemahannya. Dimana mengetahui karakteristik plafon kayu merupakan sebuah sarana preventif yang baik.

Oleh karena itu, sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan pasang plafon kayu per meter berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan plafon kayu.

Kelebihan

  • Mampu memberikan kesan natural pada sebuah ruangan.
  • Proses pemasangan plafon kayu tergolong mudah.
  • Plafon kayu termasuk ke dalam akustik yang baik sehingga mampu meredam kebisingan.
  • Mampu menampilkan kesan mewah.
  • Cocok diaplikasikan dimana saja.
  • Mampu meredam suhu dengan baik.

Kekurangan

  • Plafon kayu rawan berjamur.
  • Tidak tahan terhadap api.
  • Proses pengerjaan membutuhkan waktu lama.
  • Harga materialnya lebih mahal.

Harga Borongan Pasang Plafon Kayu Per Meter

Harga Borongan Pasang Plafon Kayu Per Meter

Seperti halnya harga borongan pasang plafon Kalsiboard, tarif jasa borongan pemasangan plafon kayu juga tentunya dapat berbeda di sejumlah wilayah. Dimana adanya selisih perbedaan harga borongan tersebut bisa disebabkan baik itu karena terpengaruh oleh kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan maupun risiko pemasangannya.

Untuk harga borongan pasang plafon kayu khusus tenaga kerjanya saja biasanya berada di kisaran Rp 50.000 sampai Rp 60.000 per meter perseginya. Selain itu, besaran ongkos jasa pemasangan plafon kayu tersebut juga belum termasuk pengerjaan finishing, seperti pengecatan dan lain sebagainya.

Sementara untuk harga borongan pemasangan plafon kayu plus material biasanya akan sedikit lebih mahal. Daripada penasaran, berikut adalah daftar harga borongan pasang plafon kayu untuk semua jenis per meter perseginya, mulai dari harga produk hingga ongkos jasa borongan pemasangannya.

Harga Plafon Kayu

JenisUkuranHarga / M2
Plafon Kayu Agathis1.1/1 x 9 x 100 cmRp 190.000
Plafon Kayu Keruing1.1/1 x 9 x 100 cmRp 260.000
Plafon Kayu Kumea1.1/1 x 9 x 100 cmRp 295.000
Plafon Kayu Bengkirai1.1/1 x 9 x 100 cmRp 360.000
Plafon Kayu Ulin1.1/1 x 9 x 100 cmRp 450.000

Harga Pasang Plafon Kayu

KeteranganHarga / M2
Pemasangan Menggunakan Finishing Latsur EksteriorRp 170.000
Pemasangan Menggunakan Bahan Melamik Standar Impra Metode SprayerRp 200.000
Pemasangan Adu ManisRp 80.000
Pemasangan ProfilRp 20.000
Pembuatan Lubang LampuRp 15.000

Harga borongan pasang plafon kayu di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pemborong ataupun kontraktor.

Cara Menghitung Borongan Pasang Plafon Kayu

Setelah mengetahui besaran harga borongan pasang plafon kayu untuk semua jenis per meter perseginya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung anggaran biaya pengerjaannya. Pada dasarnya, perhitungan biaya pemasangan plafon kayu hampir mirip seperti saat menghitung biaya pasang plafon triplek.

Hal ini dikarenakan nantinya kalian perlu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaan atap rumah terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung anggaran biaya untuk pekerjaan borongan pemasangan plafon kayu berikut ini.

Volume Plafon Rumah

Tahap pertama dalam menghitung biaya pasang plafon kayu yaitu menentukan luas atau volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan memasang plafon kayu Bengkirai finishing latsur eksterior pada ruang tamu berukuran 6.5 m x 5 m menggunakan pekerja borongan, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 6.5 m.
  • Lebar ruangan : 5 m.

Perhitungan :

  • Volume plafon rumah : Panjang x Lebar.
  • Volume plafon rumah : 6.5 m x 5 m = 32.5 m2.

Biaya Pasang Plafon

Langkah berikutnya yaitu tinggal menghitung berapa anggaran biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang plafon kayu Bengkirai finishing latsur eksterior pada ruangan seluas 32.5 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya sendiri yaitu dengan mengalikan harga borongan pasang plafon kayu dengan luas bidang pekerjaannya.

Diketahui :

  • Volume pekerjaan : 32.5 m2.
  • Harga plafon kayu Bengkirai : Rp 360.000.
  • Harga borongan pemasangan : Rp 170.000.

Perhitungan :

  • Biaya pemasangan : Volume pekerjaan x (Harga plafon kayu Bengkirai + Harga pemasangan).
  • Biaya pemasangan : 32.5 m2 x (Rp 360.000 + Rp 170.000).
  • Biaya pemasangan : 32.5 m2 x Rp 530.000 = Rp 17.225.000.

Dari data perhitungan di atas, maka total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang plafon kayu Bengkirai finishing latsur eskterior pada ruangan berukuran 6.5 m x 5 m menggunakan jasa pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 17.225.000. Perlu diingat, di dalam besaran anggaran biaya tersebut sudah meliputi biaya pembelian produk plafon kayu Bengkirai serta ongkos jasa pemasangannya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini harga atau tarif jasa borongan pemasangan plafon kayu dapat berbeda di beberapa wilayah. Adanya selisih perbedaan harga borongan tersebut bisa saja dikarenakan oleh pemilihan jenis material, tingkat kerumitan, kondisi bidang pekerjaan hingga risiko pemasangannya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar besaran harga borongan pasang plafon kayu untuk semua jenis per meter perseginya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika hendak memasang plafon rumah menggunakan jasa pekerja borongan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *