Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum

Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum

Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum – Dari sekian banyaknya jenis plafon rumah, jenis plafon yang kerap dijadikan pilihan yaitu plafon gypsum. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya plafon gypsum memiliki segudang kelebihan serta fungsi sehingga sering dijadikan sebagai pilihan unggulan.

Selain HARGA PLAFON GYPSUM terbilang murah, kualitas hingga bentuk plafon gypsum juga sangat bervariasi. Terlebih lagi plafon gypsum terbuat dari bahan sedimen bebatuan kokoh namun mudah untuk diolah dan di manipulasi sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak beberapa pemborong atau kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan plafon gypsum. Terdapat dua jenis pekerja borongan dalam proses pemasangan plafon gypsum, yaitu pekerja borongan tanpa bahan dan pekerja borongan plus bahan.

Oleh sebab itu, apabila kalian hendak memasang plafon gypsum menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang plafon gypsum per meter persegi untuk semua ukuran-ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Sebagaimana diketahui, setiap bahan material bangunan tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk plafon gypsum. Sebelum membahas harga borongan pasang plafon gypsum per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Harga plafon gypsum relatif murah.
  • Plafon gypsum mudah didapatkan di toko material ataupun bangunan.
  • Tersedia dalam berbagai macam motif.
  • Mampu menghasilkan tampilan menarik dan mewah.
  • Dapat dijadikan bentuk bertingkat.
  • Tata cara perawatannya sangat mudah.
  • Proses pemasangannya cepat.
  • Anti rayap.
  • Tahan terhadap api.
  • Ramah terhadap lingkungan karena bisa di daur ulang.
  • Mampu menahan panas dengan baik.

Kekurangan

  • Plafon gypsum tidak anti air.
  • Tampilannya mudah kusam apabila berada di tempat lembap.
  • Sensitif terhadap benturan.
  • Memerlukan perawatan secara berkala.

Ukuran Standar Plafon Gypsum

Ukuran Standar Plafon Gypsum

Secara umum, besaran HARGA TENAGA BORONGAN PASANG PLAFON bisa berbeda untuk beberapa wilayah karena beberapa faktor, salah satunya yaitu ukuran materialnya. Biasanya ukuran plafon gypsum di pasaran yang kerap digunakan pada konstruksi bangunan yaitu 122 cm x 244 cm ataupun 120 cm x 60 cm.

Untuk ketebalannya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan pemilik rumah, entah itu menggunakan plafon gypsum tebal 9 mm ataupun 12 mm. Pastinya ukuran serta ketebalan plafon gypsum tersebut juga akan mempengaruhi harga jual material di pasaran.

Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum

Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum Per Meter

Seperti dijelaskan di atas, harga borongan pasang plafon gypsum per meter persegi ini bisa berbeda di beberapa daerah. Perbedaan harga tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Selain itu, para pemborong atau kontraktor juga menyediakan dua jenis pilihan sistem pengerjaan, yaitu pekerja borongan tanpa bahan serta pekerja borongan plus bahan. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian harga borongan pemasangan plafon gypsum.

Harga Borongan Tanpa Bahan

Para pekerja borongan pemasangan plafon gypsum biasanya mematok harga dengan satuan per meter persegi. Untuk harga borongan pasang plafon gypsum tanpa bahan ini berada di kisaran Rp 65.000 hingga Rp 75.000 per meter perseginya. Ketika memilih menggunakan sistem ini, maka kalian diharuskan mencari bahan material pemasangan plafon gypsum sendiri seperti KEBUTUHAN RANGKA PLAFON HOLLOW, sekrup dan lain sebagainya.

Harga Borongan Plus Bahan

Sementara harga borongan pasang plafon gypsum plus bahan dipatok mulai dari Rp 155.000 sampai Rp 185.000 per meter perseginya. Apabila menggunakan jasa borongan plus material, kalian tidak perlu repot-repot mencari bahan materialnya karena sudah disediakan oleh pemborong atau kontraktor. Jadi dapat diartikan bahwa harga borongan plus bahan tersebut lebih efisien dibandingkan dengan pekerja borongan tanpa material.

Cara Menghitung Biaya Pasang Plafon Gypsum

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan pasang plafon gypsum per meter perseginya. Nah, selanjutnya juga akan kami jelaskan bagaimana tata cara menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangan plafon gypsum.

Volume Pekerjaan Plafon

Volume Pekerjaan Plafon

Langkah pertama yaitu mencari tahu total volume atau luas bidang pekerjaan yang akan dipasangi plafon gypsum. Misalkan kalian akan memasang plafon gypsum pada ruangan kamar dengan panjang 4 meter serta lebar 3 meter, maka cara menghitung volume pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 4 meter.
  • Lebar : 3 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 4 m x 3 m = 12 m2.

Dari data perhitungan di atas, total volume pekerjaan pada ruangan kamar dengan panjang 4 meter serta lebar 3 meter yaitu 12 meter persegi.

Biaya Pasang Plafon Gypsum

Biaya Pasang Plafon Gypsum

Tahap berikutnya yaitu menghitung total biaya pemasangan plafon gypsum menggunakan pekerja borongan plus bahan. Tata cara menghitungnya yaitu mengalikan luas bidang pekerjaan dengan harga borongan per meter perseginya, sebagai contoh harga borongannya Rp 170.000.

  • Biaya pasang plafon gypsum : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang plafon gypsum : 12 m2 x Rp 170.000 = Rp 2.040.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan ketika hendak memasang plafon gypsum pada ruangan seluas 12 meter persegi menggunakan pekerja borongan plus material kurang lebih sekitar Rp 2.040.000. Perlu diingat, harga borongan tersebut belum termasuk biaya pemasangan list plafon gypsum.

Oleh sebab itu, sebaiknya survei HARGA LIST GYPSUM di beberapa toko bangunan atau material terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan harga kompetitif. Saran kami sebaiknya gunakan bahan material berkualitas agar nantinya konstruksi dapat kokoh dan tahan lama.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga borongan pemasangan plafon gypsum berbeda-beda di beberapa wilayah. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaannya, tingkat kerumitan dan kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan pasang plafon gypsum per meter persegi, baik itu tanpa bahan ataupun plus bahan. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang plafon gypsum menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Pasang Plafon Gypsum

IDR 65000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *