Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang List Gypsum

Harga Borongan Pasang List Gypsum

Harga Borongan Pasang List Gypsum – Kurang lengkap rasanya apabila setelah selesai memasang plafon rumah, namun di bagian pinggir pertemuan antara plafon dengan tembok tidak diselesaikan. Sebab, bagian pinggir plafon tersebut bisa diselesaikan mengunakan profil atau list (lis) plafon gypsum.

Seperti diketahui, list gypsum pada dasarnya berguna untuk mempercantik tepi plafon sekaligus menyembunyikan pertemuan permukaan yang tidak rata. Oleh sebab itu, pemasangan list gypsum ini penting untuk dilakukan sehingga rumah akan terlihat lebih rapi dan tertata.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan list gypsum. Biasanya beberapa PEKERJA TENAGA BORONGAN tersebut mematok harga atau tarif tenaga pemasangan list gypsum dengan hitungan per meter persegi.

Jika kalian berencana memasang list gypsum di rumah menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang list gypsum per meter untuk semua jenis serta ukurannya.

Fungsi List Gypsum

Fungsi List Gypsum

Seperti dijelaskan di atas, list gypsum dipergunakan untuk kelengkapan keindahan interior ruangan yang dipasang setelah PEMASANGAN PLAFON pada pertemuan dinding ruangan dengan atap plafon. List gypsum sendiri terbuat dari tepung gyps casting dan serat fiber glass menggunakan cetakan berbahan resin fiber.

Karena bahan dasar pembuatannya itulah membuat list gypsum memiliki kualitas cukup baik serta mempunyai sifat lentur. Menariknya lagi, list gypsum di pasaran juga dijual dengan berbagai macam motif dan tekstur sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan List Gypsum

Kelebihan dan Kekurangan List Gypsum

Setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk list gypsum. Sebelum pembahasan harga borongan pasang list gypsum berlanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangan material tersebut.

Kelebihan

  • Harga list gypsum relatif murah dibandingkan list plafon jenis lainnya.
  • List gypsum mudah didapatkan.
  • Sudah tersedia dalam beragam motif dan tekstur.
  • Tampilannya menarik dan mewah.
  • Tata cara perawatannya tergolong sangat mudah.
  • Proses pemasangan list gypsum terbilang cepat.
  • List gypsum anti rayap.
  • Tahan terhadap api.

Kekurangan

  • List gypsum tidak anti air.
  • Tampilan luarnya mudah kusam.
  • Sensitif terhadap benturan.
  • Memerlukan perawatan secara berkala.

Ukuran Standar List Gypsum

Ukuran Standar List Gypsum

Perlu diketahui, besaran harga borongan pasang list gypsum bisa dipengaruhi oleh ukurannya. Maka dari itu, sebelum membeli dan memasangnya pastikan kalian memilih material atau produk sesuai kebutuhan bangunannya.

Untuk ukuran standar panjang list gypsum sendiri cukup bervariasi, mulai dari 2 meter, 2.20 meter hingga 2.40 meter. Sementara untuk lebar list gypsum juga sangat beragam, seperti 4 cm, 5 cm, 6 cm, 7 cm, 8 cm, 10 cm, 12 cm, 14 cm, 16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm sampai 24 cm.

Harga Borongan Pasang List Gypsum

Harga Borongan Pasang List Gypsum Per Meter

Selain ukuran, terdapat juga beberapa faktor lainnya yang akan mempengaruhi harga borongan pasang list gypsum. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan atau kerumitan hingga risiko proses pemasangannya.

Di samping itu, besaran harga borongan pemasangan list gypsum per meternya juga bisa berbeda untuk beberapa wilayah. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan daftar harga borongan pasang list gypsum per meter untuk beberapa ukurannya.

Ukuran List GypsumHarga Borongan
4 cm – 10 cmRp 25.000
12 cm – 16 cmRp 35.000
18 cm – 20 cmRp 50.000
22 cm – 24 cmRp 60.000

Cara Menghitung Biaya Pasang List Gypsum

Setelah mengetahui harga borongan pasang list gypsum per meternya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar total biaya pemasangannya. Agar lebih jelasnya, perhatikan baik-baik tata cara menghitung biaya pasang list gypsum berikut ini.

Keliling Ruangan

Keliling Ruangan

Langkah pertama yaitu mencari tahu total keliling ruangan yang akan dipasangi list plafon gypsum terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang list gypsum lebar 18 cm pada ruangan kamar berukuran 5 m x 4 m, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 5 m.
  • Lebar : 4 m.

Perhitungan :

  • Keliling ruangan : 2 x (Panjang + lebar).
  • Keliling ruangan : 2 x (5 m + 4 m).
  • Keliling ruangan : 2 x 9 m = 18 m.

Biaya Pasang List Gypsum

Biaya Pasang List Gypsum

Tahap selanjutnya yaitu menghitung biaya pemasangan list gypsum menggunakan pekerja borongan. Caranya yaitu mengalikan keliling ruangan dengan harga borongan list gypsum berukuran 18 cm.

  • Biaya pemasangan : Keliling ruangan x harga borongan.
  • Biaya pemasangan : 18 m x Rp 50.000 = Rp 900.000.

Jadi, total biaya yang perlu disiapkan untuk memasang list gypsum lebar 18 cm pada ruangan kamar berukuran 5 m x 4 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 900.000. Perlu diingat, biaya tersebut hanya untuk upah tenaga borongannya saja, belum termasuk pembelian bahan material.

Oleh sebab itu, kalian perlu membeli bahan material pemasangannya sendiri seperti list gypsum dan sekrup ataupun paku list. Saran kami sebaiknya gunakan produk berkualitas, meskipun HARGA LIST GYPSUM akan sedikit lebih mahal.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif tenaga borongan pemasangan list plafon gypsum bisa berbeda-beda di beberapa wilayah. Sebab, harga borongan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan pasang list gypsum per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang list gypsum menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Pasang List Gypsum

IDR 25000
9.3

Harga

9.4/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.3/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *