Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Harga Borongan Pasang Plafon Eternit Per Meter 2022

Harga Borongan Pasang Plafon Eternit
Advertisements

Harga Borongan Pasang Plafon Eternit – Seperti diketahui, saat ini jenis plafon rumah tersedia banyak sekali ragamnya dan setiap jenis pastinya mempunyai kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Dimana jenis-jenis plafon yang beragam tersebut semakin memudahkan para pengguna dalam menentukan pilihan terbaik sesuai dengan desain hunian secara keseluruhan.

Khususnya bagi yang suka bereksplorasi dalam desain rumah, tentunya kalian tidak ingin tampilan plafon di dalam maupun luar rumah membosankan. Terlebih lagi plafon bangunan merupakan salah satu elemen penting dalam dekorasi interior rumah sehingga pemilihan jenis bahan materialnya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Berbicara mengenai plafon rumah, mungkin plafon jenis eternit menjadi salah satu material lama yang hingga kini masih banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya plafon eternit sendiri memiliki beberapa keunggulan yang pastinya tidak dimiliki oleh material plafon sejenisnya.

Advertisements

Menariknya lagi, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa pemasangan plafon eternit. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pasang plafon eternit per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Eternit

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Eternit
Advertisements

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan pasang plafon eternit lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya. Perlu diketahui, plafon eternit ialah sebuah plafon yang tampilannya sekilas lebih mirip plafon kayu, tetapi dari segi kualitas mirip dengan plafon gypsum.

Dimana plafon eternit sendiri terbuat dari serat asbestosis sehingga mempunyai daya tahan cukup baik terhadap berbagai macam gangguan alam seperti api serta air. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah kelebihan serta kekurangan plafon eternit.

Kelebihan

  • Proses pemasangan plafon eternit tergolong mudah.
  • Memiliki daya tahan cukup tinggi dan kuat sehingga awet dan tahan lama.
  • Mempunyai sifat tahan air dan tahan api.
  • Mudah dalam proses pembongkaran maupun pemasangannya.

Kekurangan

  • Bahan dasar pembuatan plafon eternit membahayakan kesehatan.
  • Plafon eternit mudah retak dan patah.
  • Proses pemasangan plafon eternit harus dilakukan secara hati-hati.

Ukuran Standar Plafon Eternit

Ketika hendak mengetahui besaran harga borongan pasang plafon eternit per meter perseginya, pastinya kalian juga harus mengerti berapa ukuran ataupun dimensi standarnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ukuran plafon eternit nantinya akan memengaruhi besaran harga borongannya, seperti halnya jasa borongan pasang plafon kalsiboard.

Di pasaran Indonesia sendiri, biasanya plafon eternit dijual menjadi dua jenis ukuran, yaitu plafon berukuran 1 m x 1 atau 0.5 m x 1 m. Adapun proses pemasangan plafon eternit sendiri yaitu hampir sama seperti saat memasang plafon kayu, yaitu menggunakan kaso untuk 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm sebagai rangkanya.

Harga Borongan Pasang Plafon Eternit Per Meter

Harga Borongan Pasang Plafon Eternit Per Meter

Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan serta ukuran standar plafon eternit di pasaran Indonesia, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga borongannya. Seperti halnya harga borongan tenaga bangunan pada umumnya, besaran ongkos jasa borongan pemasangan plafon eternit dapat berbeda di sejumlah wilayah.

Adanya perbedaan harga borongan tersebut biasanya disebabkan karena sejumlah faktor, mulai dari kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangan plafon eternit. Untuk pemasangan plafon eternit tanpa material alias hanya untuk ongkos tenaga pekerja bangunannya saja, biasanya para kontraktor atau pemborong mematok harga mulai dari Rp 52.000 per meter perseginya.

Sementara harga borongan pasang plafon eternit untuk ongkos tenaga kerja plus bahan akan sedikit lebih mahal, yaitu mulai dari Rp 110.000 sampai Rp 150.000 per meter perseginya, tergantung merek dan jenisnya materialnya. Perlu diingat, besaran harga borongan pasang plafon eternit di atas belum termasuk pengecatan.

Cara Menghitung Borongan Pasang Plafon Eternit

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pasang plafon eternit untuk semua jenis dan ukuran per meter perseginya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui besaran ongkos borongan pemasangan plafon eternit namun tidak mengetahui bagaimana tata cara perhitungannya.

Secara garis besarnya, perhitungan ongkos borongan pasang plafon eternit sebenarnya hampir sama seperti saat menghitung biaya pasang plafon GRC, karena kalian harus mencari tahu luas bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, berikut kami jelaskan secara lengkap tentang cara menghitung borongan pasang plafon eternit.

Luas Plafon

Pertama-tama, silahkan cari tahu luas bidang pekerjaan plafon yang ingin mengunakan material eternit sebagai penutupnya. Sebagai contoh kalian akan memasang plafon eternit ukuran 1 m x 1 m pada ruangan kamar tidur berukuran 5 m x 5 m menggunakan pekerja borongan plus bahan, maka tata cara menghitung luas bidang pekerjaannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 m.
  • Lebar ruangan : 5 m.

Perhitungan :

  • Luas plafon : Panjang x Lebar.
  • Luas plafon : 5 m x 5 m = 25 m2.

Ongkos Borongan

Setelah mengetahui luas bidang pekerjaan pemasangan plafon eternit, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung ongkos pekerja borongannya. Tata cara menghitungnya yaitu tinggal mengalikan harga borongan pasang plafon eternit plus material per meter persegi dengan luas bidang pekerjaannya.

  • Ongkos borongan : Harga borongan x luas plafon.
  • Ongkos borongan : Rp 150.000 x 25 m2 = Rp 3.750.000.

Dari data perhitungan di atas, maka estimasi termahal untuk memasang plafon eternit ukuran 1 m x 1 m pada ruang kamar tidur seluas 25 meter persegi menggunakan pekerja borongan plus material yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.750.000.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga borongan pasang plafon eternit per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan jasa borongan saat memasang plafon eternit di rumah.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.