Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Cat Plafon Per Meter

Harga Borongan Cat Plafon Per Meter

Harga Borongan Cat Plafon Per Meter – Sebagaimana diketahui, plafon rumah merupakan salah satu elemen penting pada sebuah hunian. Tidak hanya sekedar berperan sebagai pembatas atap dan ruangan, plafon juga berfungsi sebagai elemen dekorasi, peredam bising ataupun panas serta mencegah kotoran masuk dari atas atap.

Di pasaran Indonesia sendiri, saat ini desain plafon rumah terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat disesuaikan dengan konsep interior supaya tampilannya terlihat lebih serasi. Selain itu, kebanyakan orang juga memberikan lapisan finishing berupa cat agar plafon rumah lebih cantik dan menarik.

Berbicara mengenai pengecatan plafon rumah, saat ini sudah tersedia cukup banyak jasa pemborong atau kontraktor yang bersedia memborong pekerjaan tersebut. Sama halnya seperti HARGA BORONGAN PEMASANGAN PLAFON, pekerjaan borongan pengecatan plafon juga dihitung per meter persegi.

Oleh sebab itu, apabila kalian hendak menggunakan jasa pemborong dalam pekerjaan pengecatan plafon di rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan cat plafon per meter untuk semua jenis-jenisnya.

Jenis Plafon Rumah

Jenis Plafon Rumah

Seperti dijelaskan di atas, kini sudah tersedia banyak sekali jenis plafon yang dapat dipilih sesuai kebutuhan serta keinginan pemilik rumah. Sebelum membahas harga borongan cat plafon per meter lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa jenis-jenis plafon di bawah ini.

  • Plafon gypsum.
  • Plafon triplek.
  • Plafon kayu.
  • Plafon metal.
  • Plafon PVC.
  • Plafon eternit atau asbes.
  • Plafon GRC.
  • Plafon akustik.
  • Plafon kalsiboard.
  • Plafon hardplex.
  • Plafon fiber flat.
  • Plafon super panel.

Cara Menentukan Warna Cat Plafon

Cara Menentukan Warna Cat Plafon

Salah satu jenis plafon kerap digunakan di rumah-rumah minimalis yaitu plafon gypsum dan PVC. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kedua jenis plafon tersebut memiliki model dan desain cukup seragam sehingga dapat disesuaikan dengan selera pemilik rumah.

Agar tidak mengurangi estetika sebuah ruangan, kalian juga harus pintar-pintar dalam memilih warna cat plafon. Oleh sebab itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa cara menentukan warna cat plafon supaya memberikan kesan hunian lebih mewah dan menarik.

  • Perhatikan desain interior sekitar.
  • Kurangi 50% kadar warna cat utama.
  • Memperhatikan pemilihan warna cat plafon muda.
  • Kombinasikan dua warna cat plafon mewah.
  • Gunakan warna cat lebih gelap apabila ingin suasana hangat.
  • Hindari warna gelap apabila plafon rumah terlalu rendah.
  • Gunakan warna cat terang untuk menciptakan kesan ruangan lebih luas.

Cara Menghitung Volume Plafon

Cara Menghitung Volume Plafon

Ketika hendak MEMASANG PLAFON PVC, kalian juga harus menghitung total volume pekerjaannya. Selain itu, perhitungan tersebut juga diperlukan ketika ingin mengecat salah satu konstruksi bangunan tersebut.

Maka dari itu, selain mengetahui harga borongan cat plafon per meter, kalian juga harus mengetahui bagaimana cara menghitung volume pekerjaannya. Sebenarnya perhitungannya cukup mudah untuk dilakukan, karena hanya perlu mengalikan panjang dan lebar ruangannya saja.

Sebagai contoh akan mengecat plafon pada ruangan dengan panjang 5 meter serta lebar 4 meter, maka perhitungannya akan seperti berikut ini.

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 4 m = 20 m2.

Harga Borongan Cat Plafon Per Meter

Harga Borongan Cat Plafon Per Meter Persegi

Perlu diketahui, harga borongan cat plafon per meter biasanya cukup berbeda untuk beberapa daerah atau wilayah. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya yaitu tingkat kerumitan pengecatan itu sendiri,

Meskipun berbeda-beda, namun secara garis besar selisih perbedaannya tidak akan terlalu jauh. Umumnya para pemborong atau kontraktor mematok harga borongan pengecatan plafon kurang lebih sekitar Rp 17.000 hingga Rp 25.000 per meter.

Misalkan akan melakukan pekerjaan pengecatan plafon pada ruang tamu dengan luas 20 meter persegi, maka kalian harus mempersiapkan biaya sekitar Rp 17.000 x 20 = Rp 340.000. Tentunya semakin luas volume pengecatan plafon, maka akan semakin besar pula biayanya.

Perlu diingat, harga borongan cat plafon per meter di atas merupakan tarif pengecatan plafon tanpa material. Jadi, pemilik rumah harus mencari bahan material pengecatan plafon sendiri, mulai dari cat plafon, kuas, roll dan lain sebagainya.

Tips Memilih Pekerja Borongan Cat Plafon

Tips Memilih Pekerja Borongan Cat Plafon

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan cat plafon per meter untuk semua jenis-jenisnya. Agar pekerjaan pengecatan plafon rumah tersebut bisa sesuai dengan harapan, sebaiknya ikuti beberapa tips memilih pekerja borongan cat plafon berikut ini.

  • Pilihlah pekerja borongan dengan pengalaman cukup banyak di bidangnya.
  • Pilihlah tukang cekatan dalam bekerja.
  • Sesuaikan pemilihan pekerja borongan cat plafon dengan anggaran dana.
  • Perhatikan sistem pembayaran pekerja borongan.
  • Cari kontraktor dengan masa garansi sehingga apabila hasil akhir tidak sesuai dengan kesepakatan, maka pemilik rumah bisa meminta untuk memperbaikinya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif atau ongkos pekerja borongan cukup berbeda-beda di beberapa wilayah. Perbedaan tersebut bisa saja disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya yaitu karena tingkat kesulitan pekerjaan pengecatannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian harga borongan cat plafon per meter untuk semua jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengecat plafon menggunakan pekerja sistem borongan.

Harga Borongan Cat Plafon Per Meter

IDR 17000
9.4

Harga

9.6/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.6/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *