Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Coating Batu Alam

Harga Borongan Coating Batu Alam

Harga Borongan Coating Batu Alam – Seperti diketahui, proses pemasangan batu alam untuk kebutuhan bangunan memang harus dilakukan dengan teliti dan rapi. Oleh sebab itu, proses pemasangan batu alam pada dinding ataupun lantai rumah harus dilakukan oleh pekerja bangunan berpengalaman.

Di sisi lain, konstruksi BATU ALAM pada sebuah bangunan juga harus dirawat secara berkala supaya bentuknya tidak berubah maupun warnanya tidak pudar. Salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk merawat dan melindungi batu alam dari berbagai macam kondisi yaitu dengan melakukan coating.

Untungnya saat ini di Indonesia sendiri sudah tersedia cuku banyak pekerja borongan atau biasa disebut dengan kontraktor yang menawarkan jasa coating batu alam. Akan tetapi, pastinya para pekerja borongan tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa borongan dalam melakukan pekerjaannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak melakukan coating pada konstruksi batu alam di rumah, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harga borongannya. Nah, untuk membantunya kali ini akan kami mengulas secara tuntas terkait rincian harga borongan coating batu alam per meter perseginya.

Apa Itu Coating Batu Alam?

Apa Itu Coating Batu Alam?

Sebelum pembahasan utama mengenai besaran harga borongan coating batu alam berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Coating atau pernis batu alam merupakan sebuah pekerjaan melapisi permukaan konstruksi batu alam menggunakan sebuah cairan maupun larutan khusus.

Dimana larutan coating tersebut dibuat menggunakan bahan dasar Acrylic Resin dengan formulasi khusus untuk diterapkan pada permukaan batu alam. Salah satu keuntungan menggunakan coating yaitu mampu membuat material batu alam lebih tahan terhadap cuaca, entah itu panas ataupun hujan.

Kelebihan dan Kekurangan Coating Batu Alam

Kelebihan dan Kekurangan Coating

Sebagaimana diketahui, setiap material bahan bangunan pastinya memiliki sejumlah karakteristiknya masing-masing, termasuk coating batu alam. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan penerapan coating batu alam.

Kelebihan

  • Mencegah warna batu alam memudar.
  • Meningkatkan daya tahan batu alam terhadap cuaca.
  • Meningkatkan daya tahan batu alam terhadap air serta jamur.
  • Permukaan konstruksi batu alam menjadi lebih mengkilap.
  • Melindungi batu alam terhadap goresan galus.

Kekurangan

  • Proses coating batu alam cukup lama.
  • Biaya coating batu alam tergolong mahal.
  • Risiko coating batu alam cukup tinggi.

Harga Borongan Coating Batu Alam Per Meter

Harga Borongan Coating Batu Alam Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN PEMASANGAN BATU ALAM, besaran harga borongan coating batu alam juga biasanya dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang konstruksi batu alam, tingkat kerumitan hingga risiko pelapisan coating.

Umumnya, para pekerja borongan mematok ongkos atau tarif coating batu alam mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000 per meter perseginya. Perlu diketahui, besaran harga borongan coating batu alam tersebut juga bisa dipengaruhi oleh jenis penggunaan coating.

Cara Menghitung Biaya Coating Batu Alam

Di atas sudah dibahas secara rinci mengenai daftar harga borongan coating batu alam per meter perseginya di beberapa daerah. Kurang lengkap rasanya jika kalian sudah mengerti harga borongannya, tetapi tidak mengetahui bagaimana cara menghitung biaya pengerjaan coating batu alam.

Secara garis besar, perhitungan biaya coating batu alam cukup mudah untuk dilakukan. Sebab, kalian hanya perlu mencari tahu volume bidang pekerjaan coating lalu mengalikannya dengan harga borongan. Daripada penasan, langsung saja simak baik-baik cara menghitung biaya coating batu alam di bawah ini.

Volume Dinding Batu Alam

Volume Dinding Batu Alam

Cara pertama yaitu mencari tahu total luas bidang pekerjaan konstruksi batu alam yang akan diberikan lapisan coating. Misalkan kalian akan melakukan coating pada salah satu dinding batu alam sepanjang 8 meter serta tinggi 3 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 8 meter.
  • Tinggi dinding : 3 meter.

Perhitungan :

  • Volume dinding batu alam : Panjang x Tinggi.
  • Volume dinding batu alam : 8 m x 3 m = 24 m2.

Biaya Coating Batu Alam

Biaya Coating Batu Alam

Langkah selanjutnya yaitu tinggal menghitung berapa besar biaya coating batu alam pada dinding seluas 24 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu kalikan volume atau luas bidang pekerjaan dinding batu alam dengan harga borongan coating per meter perseginya.

  • Biaya coating : Volume dinding x Harga borongan.
  • Biaya coating : 24 m2 x Rp 50.000 = Rp 1.200.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang dibutuhkan untuk melakukan coating pada dinding batu alam berukuran 8 m x 3 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.200.000. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut hanya meliputi ongkos tenaga kerja borongannya saja, belum mencakup biaya pembelian material coating.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif atau ongkos jasa borongan pengerjaan coating batu alam dihitung dengan satuan per meter persegi. Namun, besaran harga borongannya sendiri tergantung pada jenis coating yang digunakan untuk melapisi batu alamnya.

Demikian penjelasan versi Epropertyrack seputar daftar harga borongan coating batu alam per meter persegi disertai perhitungan biaya pengerjaannya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi saat ingin melakukan coating batu alam menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Coating Batu Alam

IDR 50000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *