Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Drafter Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Drafter Artinya

Drafter Artinya – Perlu diketahui, drafter sebagai juru gambar bekerja dengan cara membuat gambar teknik, seperti teknik arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, aeronautical dan lain sebagainya. Namun, secara garis besarnya profesi atau pekerjaan ini sebenarnya lebih dikenal dalam dunia perancangan bangunan serta interior.

Dimana para pelaku profesi ini bekerja dengan keinginan klien, namun tetap memberikan arahan pedoman umum dalam gambar teknik. Jadi, apabila seorang arsitektur mendesain atau merancang bangunan, nah tugas drafter ialah menggambar secara lebih detail lagi hasil rancangan dari arsitek dari segi interiornya.

Sebelum ditemukannya komputer dan software seperti AutoCad untuk menggambar, merek biasanya melakukan pekerjaannya dengan cara manual menggunakan alat dan bahan sederhana. Adapun beberapa alat-alat sederhana tersebut diantaranya yaitu seperti meja gambar, penggaris, pensil, pena rapido, penghapus hingga kertas putih berbagai ukuran.

Namun masih terdapat cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka masih belum memahami tentang profesi tersebut. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai drafter artinya apa dilengkapi dengan jenis, tugas dan tanggung jawab beserta kisaran gajinya.

Drafter Artinya Apa?

Drafter Artinya Apa

Sebelum pembahasan mengenai tugas dan tanggung jawab hingga keahliannya, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertian drafter dan artinya. Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, drafter artinya sebuah profesi yang berhubungan dengan dunia gambar menggambar.

Dimana pekerjaan ini biasanya bertugas untuk menyiapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan kerja teknik sehingga lebih mudah dalam pembentukan objek sebuah gambar tersebut. Selain itu, drafter juga biasanya sering dibutuhkan untuk berbagai industri manufaktur.

Secara garis besarnya, seorang yang bertugas sebagai drafter sebenarnya akan menggambarkan sisi lebih detail dari apa yang dikerjakan oleh seorang arsitektur. Bahkan para pelaku profesi ini juga berperan dalam memilih bahan interior yang digunakan serta biaya yang mungkin dikeluarkan.

Jenis Drafter

Setelah mengetahui apa itu drafter beserta artinya, selanjutnya kalian juga harus memahami apa saja jenis-jenisnya. Meskipun bekerja di dunia desain dan gambar menggambar, namun ternyata profesi ini tidak bisa di sama ratakan. Hal tersebut dikarenakan terdapat berbagai macam jenis-jenisnya, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Civil Drafters
    • Bekerja untuk membuat gambar topografi, peta kontur dan berbagi macam gambar untuk kebutuhan pekerjaan proyek sipil seperti jembatan, jalan hingga bendungan.
  • Architectural Drafters
    • Bertugas menyiapkan gambar teknik untuk pekerjaan arsitektur maupun sipil seperti membantu proyek bangunan ataupun sebuah gedung.
  • Aeronautical Drafters
    • Membuat gambar teknik pesawat terbang, roket, peluru kendali dan semua hal yang berhubungan dengan angkasa.
  • Electronics Drafters
    • Bertugas menggambar berbagai macam diagram perkabelan, skema dan layout untuk pekerjaan instalasi listrik serta sejumlah pekerjaan berkaitan dengan bidang tersebut,
  • Mechanical Drafters
    • Bertugas menyiapkan gambar-gambar secara detail mengenai perakitan berbagai macam jenis peralatan permesinan.
  • Electrical Drafters
    • Hampir sama seperti electronics drafters, namun gambar tersebut nantinya akan digunakan oleh para pekerja menarik dan memasang instalasi listrik pada pusat komunikasi, pembangkit listrik ataupun gedung-gedung.
  • Photovoltaic Drafters
    • Bertugas menyiapkan gambar yang menunjukkan lokasi inverter pad, berbagai macam gambar konstruksi plat, menyiapkan rincian spesifikasi PV perakitan sistem serta beberapa diagram perkabelan.

Tugas & Tanggung Jawab

Tugas Tanggung Jawab

Untuk memahami lebih dalam mengenai drafter beserta artinya, tentunya kalian juga harus mengerti apa saja tugas dan tanggung jawab seseorang ketika menjalani profesi tersebut. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai berbagi macam tugas dan tanggung jawabnya.

  • Melakukan perencanaan dekorasi dalam ruangan atau interior seperti penerangan dan wallpaper rumah sesuai permintaan klien.
  • Memberikan konsultasi bentuk dekorasi ruangan dan penentuan harga yang sesuai dengan kemampuan budgeting klien.
  • Menyediakan ruang nyaman setelah memahami selera hingga gaya hidup orang yang akan tinggal di bangunan tersebut.
  • Menawarkan bahan interior secara lebih konkret.
  • Mengontrol pelaksanaan pembuatan dekorasi dalam ruangan.

Pengetahuan & Keahlian

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang drafter, artinya kalian juga harus siap untuk mempelajari beberapa pengetahuan, keahlian serta keterampilan dalam menjalankan profesi tersebut, sama seperti halnya seorang konsultan proyek. Sebagai bahan gambaran, berikut adalah sejumlah pengetahuan beserta keahlian yang harus dimiliki oleh seorang drafter.

  • Pengetahuan ilmu desain interior.
  • Pengetahuan ilmu rancang bangun (arsitek).
  • Pengetahuan ilmu studi perumahan.
  • Kemampuan gambar.
  • Kemampuan negosiasi.
  • Penguasaan bahasa asing.

Gaji Drafter

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu drafter dan artinya beserta jenis, tugas, tanggung jawab hingga keahliannya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti berapa besar gaji seseorang yang menjalani profesi gambar menggambar di dalam dunia konstruksi bangunan tersebut.

Cukup berbeda dengan biaya jasa arsitek yang dibayarkan dengan hitungan per meter persegi, ternyata drafter mempunyai gaji yang dibayarkan setiap bulannya. Namun, perlu diingat bahwa gaji profesi tersebut sebenarnya dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu gaji drafter sipil serta spesialis.

Di Indonesia sendiri, saat ini gaji drafter sipil rata-rata berada di kisaran Rp 5.000.000 sampai Rp 6.000.000 per bulannya, sementara gaji drafter spesialis seperti elektrikal atau mekanikal akan sedikit lebih mahal, yaitu Rp 8.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulannya. Artinya, gaji seorang drafter ditentukan berdasarkan keahliannya.

Jenjang Karir Drafter

Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui drafter artinya apa beserta tugas dan tanggung jawab hingga kisaran gaji per bulannya, namun kalian tidak mengerti bagaimana jenjang karirnya. Sebagai seorang yang ahli gambar menggambar di dunia konstruksi bangunan, mereka mempunyai jenjang karir apabila bekerja di konsultan desain interior atau arsitek.

Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa setiap jenjang karir mempunyai besaran penghasilannya masing-masing. Secara garis besarnya, jenjang karir seseorang yang menjalani profesi drafter diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Junior Drafter
    • Karir pemula yang bisanya tidak langsung memegang klien sendiri, namun masih harus didampingi oleh seniornya. Kalian akan mengalami posisi ini apabila mempunyai pengalaman pekerjaan di bawah 4 tahun.
  • Senior Drafter
    • Seseorang berpengalaman yang memiliki tugas mencari klien dan langsung memegang klien sendiri untuk melakukan rancang desain.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar drafter artinya apa dilengkapi dengan jenis, tugas dan tanggung jawab, keahlian hingga kisaran gaji beserta jenjang karirnya. Semoga informasi di ata dapat dijadikan sebagai referensi ketika berkeinginan dalam menjalani profesi gambar menggambar rancang desain di dalam dunia konstruksi bangunan.

Sumber gambar : skillpointe.com, careercast.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *