Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Apa Itu Konsultan Proyek? Cara Kerja, Gaji & Tanggung Jawab!

Konsultan Proyek

Konsultan Proyek – Sebagaimana diketahui, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan sosial dari suatu daerah. Dengan adanya pembangunan infrastruktur yang baik pastinya akan membuak lebih banyak ruang bagi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan ekonomi.

Akan tetapi, setiap proses pembangunan sebuah infrastruktur pastinya tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Untuk itulah seorang konsultan pada sebuah konstruksi sangat dibutuhkan agar infrastruktur yang akan dibangun dapat berfungsi dengan optimal serta sesuai dengan harapan atau keinginan.

Dimana seorang konsultan konstruksi mempunyai peran yang sangat penting di dalam proses pembangunan infrastruktur. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dalam sebuah proyek pembangunan, dibutuhkan adanya penyedia software dan brainware dengan tujuan untuk melancarkan semua pelaksanaan pembangunan.

Namun sayangnya, masih terdapat cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum memahami apa tugas seorang konsultan di dalam dunia konstruksi bangunan. Oleh karena itu, untuk membantunya kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu konsultan proyek mulai dari pengertian, tanggung jawab, cara kerja hingga kisaran gajinya.

Apa Itu Konsultan Proyek?

Apa Itu Konsultan Proyek

Sebelum pembahasan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang konsultan proyek lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Konsultan proyek merupakan seseorang atau badan usaha yang mempunyai tugas untuk mengawasi pelaksanaan sebuah proyek sehingga pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan bisa selesai tepat waktu.

Pada umumnya, kebutuhan profesi ini direktur oleh pemilik proyek sebagai bala bantuan dalam meringankan sekaligus memastikan kualitas proyek konstruksi sesuai dengan standarnya. Seseorang yang bekerja sebagai seorang konsultan konsultan perencanaan konstruksi juga memiliki para ahli yang dipercaya pada bidang arsitek, teknik sipil, elektrikal dan lain sebagainya sebagai penguat konsultasi.

Jenis Konsultan Proyek

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, konsultan merupakan seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (Consultacy Service) di dalam bidang tertentu. Dimana di dalam dunia konstruksi bangunan sendiri, konsultan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu konsultan perencana dan konsultan pengawas.

1. Konsultan Perencana

Konsultan perencana di dalam dunia proyek konstruksi bangunan ialah pihak yang ditunjuk oleh pemberi tugas untuk melaksanakan pekerjaan perencanaan, entah itu dalam bentuk perorangan ataupun badan usaha. Ketika proses pembangunan berlangsung, pihak konsultan perencana bisa membuat jadwal pertemuan rutin dengan kontraktor untuk membahas hal-hal yang mungkin perlu mendapat pemecahan dari perencana.

2. Konsultan Pengawas

Sementara konsultan pengawas merupakan pihak yang ditunjuk oleh pemilik proyek (owner) untuk melaksanakan pekerjaan pengawasan, entah itu dalam bentuk badan usaha swasta dan pemerintah maupun perorangan. Konsultan pengawas sendiri membutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya masing-masing seperti teknik sipil, arsitektur, mekanikal elektrikal, listrik dan lain sebagainya.

Tanggung Jawab Konsultan Proyek

Tanggung Jawab Konsultan Proyek

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga jenis-jenisnya, maka selanjutnya kalian juga harus memahami apa saja peran dan tanggung jawab seorang konsultan proyek. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa tugas dan tanggung jawab seorang konsultan di dalam dunia konstruksi bangunan berikut ini.

  • Mengelola administrasi dalam kontrak kerja.
  • Melakukan pengawasan selama proyek konstruksi berjalan.
  • Melampirkan atau membuat laporan pekerjaan yang kemudian diserahkan kepada pemilik proyek.
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada pemilik proyek ataupun kontraktor.
  • Melakukan koreksi dan memberikan persetujuan terkait hasil gambar (shop drawing) yang diajukan oleh kontraktor sebagai pedoman pelaksanaan proyek.
  • Memilih serta menyetujui tipe dan merk bahan material konstruksi yang diusulkan oleh kontraktor supaya sesuai dengan harapan pemilik proyek namun tetap berpedoman dengan kontrak kerja konstruksi yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara Kerja Konsultan Proyek

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui pengertian, jenis hingga peran dan tanggung jawab seorang konsultan proyek, namun tidak mengerti bagaimana tata cara atau sistem kerjanya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, seorang konsultan konstruksi mempunyai para ahli di beberapa bidang seperti arsitek, teknik sipil, mekanikal elektrikal dan lain sebagainya sebagai penguat konsultasi.

Maka dari itu, sebelum memulai sebuah pekerjaan konsultan, sebaiknya kalian jangan lupa untuk membuat kontrak kerja untuk kedua belah pihak agar nantinya tugas jelas dan terhindar dari hal-hal tidak diinginkan di kemudian hari. Selain memberikan saran dan masukkan, seorang konsultan proyek juga bertugas membuat laporan akhir dari semua evaluasi yang telah dilakukan selama pembangunan konstruksi berlangsung.

Pada intinya, tugas konsultan secara umum yaitu menerjemahkan keinginan dan kebutuhan owner dengan mendampingi konsultan perencana dalam proses desain yang dituangkan ke dalam dokumen gambar, perhitungan serta dokumen pendukung lainnya. Setelah itu, mereka akan melakukan pengawasan dan bimbingan kontraktor pada fase pelaksanaannya.

Gaji Konsultan Proyek

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu konsultan proyek mulai dari pengertian, jenis, peran dan tanggung jawab hingga cara kerjanya. Sebagai informasi tambahan, kalian juga sebenarnya harus mencari tahu berapa besaran penghasilan atau gaji sebagai seorang konsultan di dalam dunia konstruksi bangunan.

Apabila dibandingkan dengan operator alat berat, maka besaran gaji seorang konsultan perencanaan proyek akan jauh lebih besar, yaitu mulai dari Rp 7.000.000 sampai Rp 30.000.000 per bulannya. Namun, ketika ingin menjadi seorang konsultan perencana profesional, tentunya kalian harus memulai sebagai asisten konsultan terlebih dahulu untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar apa itu konsultan proyek mulai dari definisi, jenis profesi, tugas dan tanggung jawab hingga cara kerja beserta kisaran gaji bulanannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika berencana menjadi seorang konsultan perencana atau pengawas profesional di dalam dunia konstruksi bangunan.

Sumber gambar : veritycommercial.com, medium.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *