Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Cara Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Cara Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan – Kuda kuda atap hunian memiliki peran penting dalam proses pembuatan bangunan, entah itu rumah ataupun gedung. Pasalnya, kuda kuda memiliki fungsi sebagai langkah awal untuk membuat kerangka penopang atap rumah, entah itu genteng, spandek ataupun jenis atap lainnya.

Di Indonesia sendiri, kuda kuda terbuat dari berbagai macam bahan dasar, mulai dari kayu, bambu hingga baja ringan. Kuda kuda baja ringan mungkin menjadi salah satu jenis material sering digunakan sebagai pengganti kayu karena dinilai lebih efisien dan praktis.

Untuk mendapatkan kuda kuda penopang yang berkualitas dan presisi, tentunya diperlukan adanya perhitungan matang sejak awal. Tentunya perhitungan kebutuhan kuda kuda baja ringan sebagai penopang atap ini memerlukan rumus agar hasilnya bisa sesuai sehingga lebih kuat serta tidak akan roboh.

Oleh sebab itu, jika berencana hendak menggunakan baja ringan sebagai kuda kuda hunian, alangkah baiknya hitung terlebih dahulu total kebutuhannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kuda kuda baja ringan untuk semua jenis atap bangunan.

Karakteristik Kuda Kuda Baja Ringan

Karakteristik Kuda Kuda

Seperti dijelaskan di atas, kuda kuda merupakan salah satu rangka baja ringan yang terdiri dari berbagai macam ukuran. Konstruksi tersebut nantinya akan dipasangkan di atas tumpuan struktural yang sudah dibuat sebelumnya sehingga mampu menahan beban berat di atasnya.

Selain memiliki sifat ringan dan mudah dibentuk, kuda kuda baja ringan juga ternyata harganya lebih terjangkau dibandingkan material sejenisnya. Terlebih lagi sifat utama baja ringan tahan karat serta anti ratap sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama.

Kelebihan dan Kekurangan Kuda Kuda Baja Ringan

Kelebihan dan Kekurangan Kuda Kuda Baja Ringan

Setiap jenis material bahan bangunan tentunya memiliki keunggulan serta kelemahannya masing-masing, termasuk kuda kuda baja ringan. Sebelum membahas cara menghitung kuda kuda baja ringan lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Memiliki bobot ringan sehingga mudah di pasang.
  • Memiliki sifat kuat dan tahan lama.
  • Mudah dibentuk dan disambung sesuai kebutuhan.
  • Memiliki tegangan tarik tinggi.
  • Bisa didaur ulang.
  • Anti rayap dan karat.

Kekurangan

  • Kurang fleksibel untuk konsep rumah tertentu.
  • Mudah terbawa angin.
  • Mampu mengurangi nilai estetika sebuah bangunan.
  • Proses pembuatannya tidak ramah terhadap lingkungan.
  • Jika salah perhitungan, maka akan berakibat sangat fatal.

Rumus Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Rumus Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Ketika hendak mencari total kebutuhan kuda kuda baja ringan, tentunya diperlukan rumus perhitungannya. Dengan mengetahui kebutuhan kuda kuda baja ringan, kalian jadi bisa memperkirakan berapa besar biaya pembangunannya.

Sebelum memulai menghitung kuda kuda atap, maka kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu panjang serta lebar rumah. Selain itu, terdapat 3 rumus yang akan digunakan ketika menghitung kuda kuda baja ringan, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Ketinggian : ½ x Lebar Bangunan x Tan a

Kemiringan : ½ x Lebar Bangunan x Cos a

Overstek : Panjang Overstek x Cos a

Cara Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Cara Menghitung Kuda Kuda Atap Baja Ringan

Setelah mengetahui rumus perhitungannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitungnya. Sebagai contoh kalian akan membuat kura kuda pada sebuah rumah berukuran 10 m x 15 m dengan sudut kemiringan 30 derajat sementara oversteknya adalah 85 cm, maka cara menghitung kuda kuda baja ringan tersebut akan seperti di bawah ini.

Ketinggian Atap

Langkah pertama yaitu mengukur ketinggian atap bangunan tersebut menggunakan rumus yang sudah dijelaskan di atas.

  • Ketinggian : ½ x 10 m x tan 30
  • Ketinggian : ½ x 10 m x 0.577
  • Ketinggian : 5 m x 0.577 = 2.885 m.

Kemiringan Atap

Lalu tahap berikutnya yaitu mencari kemiringan dari atap. Berikut adalah tata cara menghitung kemiringan atap kuda kuda baja ringan.

  • Kemiringan : ½ x 10 m x cos 30
  • Kemiringan : ½ x 10 m x 0.866
  • Kemiringan : 5 m x 0.866 = 4.33 m.

Overstek

Langkah terakhir yaitu menghitung overstek dari atap rumah. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan tata cara menghitung overstek sebuah bangunan.

  • Overstek : 85 cm x cos 30
  • Overstek : 85 cm x 0.866 = 73.61 cm atau 0.7361 m.

Ketika sudah mengetahui total kebutuhan kuda kuda baja ringan, saran kami sebaiknya carilah tukang atau pekerja berpengalaman. Selain itu, gunakanlah pekerja dengan sistem borongan karena HARGA BORONGAN PASANG BAJA RINGAN dinilai lebih murah daripada sistem harian.

Tips Membuat Kuda Kuda Baja Ringan

Tips Membuat Kuda Kuda

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kuda kuda baja ringan untuk semua jenis atap rumahnya. Selanjutnya agar proses pembuatan konstruksi tersebut berjalan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Selalu mengecek kualitas baja ringan.
  • Sesuaikan rangka kuda kuda baja ringan dengan jenis atap bangunan.
  • Persiapkan jumlah baja ringan sesuai kebutuhan.
  • Pilihlah baja ringan dengan garansi dari pabrik.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kebutuhan kuda kuda baja ringan tersebut tergantung dengan ukuran atau luas huniannya. Semakin besar ukuran rumah, maka akan semakin banyak pula kebutuhan kuda kuda baja ringannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara menghitung kuda kuda baja ringan untuk semua jenis atap hunian. Semoga tutorial di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menghitung kebutuhan material kuda-kuda baja ringan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *