Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Cara Menghitung Kebutuhan Granit 80×80 : Material & Biaya

Cara Menghitung Kebutuhan Granit 80x80 1

Cara Menghitung Kebutuhan Granit 80×80 – Sebagaimana diketahui, lantai merupakan bagian penting yang ada pada sebuah hunian. Tidak hanya menentukan tampilan, namun pemilihan material lantai yang tepat juga nantinya kan mempengaruhi keawetannya dalam jangka panjang, salah satunya yaitu dengan lantai granit.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini banyak orang lebih memilih menggunakan lantai granit ketimbang keramik biasa karena sejumlah keunggulannya, diantaranya yaitu seperti corak dan motifnya alami serta menarik. Selain itu, ukuran lantai granit di pasaran Indonesia juga sangat bervariasi, salah satunya yaitu ukuran 80 cm x 80 cm.

perkakas

Berbicara mengenai pengaplikasian material granit sebagai alas atau lantai pada sebuah bangunan, tentunya dibutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka merasa kebingungan mengenai tata cara menghitung kebutuhannya.

Oleh karena itu, sebelum membeli dan memasang granit lantai ukuran 80×80, ada baiknya pahami terlebih dahulu bagaimana tata cara menghitungnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan granit 80×80, entah itu dari segi material hingga biaya pembeliannya.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih lantai granit ketimbang keramik biasa yaitu karena sejumlah keunggulannya. Meskipun mempunyai beberapa keunggulan, namun bukan berarti granit lantai tidak memiliki kelemahan atau kekurangan sama sekali.

Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menghitung kebutuhan granit 80×80 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa keunggulan dan kelemahannya. Adapun sejumlah kelebihan dan kekurangan lantai granit tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Kelebihan

  • Tahan lama.
  • Cocok untuk area basah.
  • Bisa mengurangi gejala alergi.
  • Tahan terhadap berbagai macam cuaca.
  • Proses perawatan granit cukup mudah.

Kekurangan

  • Warna terkadang tidak menentu.
  • Harga granit cukup tinggi.
  • Mempunyai bobot yang berat.

Isi Satu Dus Granit Ukuran 80×80

Isi Satu Dus Granit Ukuran 80x80 1

Perlu diketahui, saat ini di pasaran Indonesia penjualan granit ukuran 80×80 biasanya dihitung dengan satuan ataupun kemasan per dus. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa produsen atau supplier yang menawarkan material granit ukuran 80×80 dengan satuan per biji atau per buah tergantung dari pesanan pelanggannya.

Pada umumnya, satu dus granit lantai berukuran 80×80 berisikan 2 keping, tergantung pada jenis ataupun merk materialnya. Dimana hal tersebut juga dapat diartikan bahwa di dalam satu dus berisikan 2 keping granit ukuran 80×80 yang bisa menutup permukaan lantai seluas 1.44 meter persegi.

Rumus Menghitung Kebutuhan Granit 80×80

Ketika hendak mencari tahu mengenai tata cara menghitung kebutuhan granit 80×80, tentunya kalian juga harus memahami bagaimana rumus perhitungannya. Sebenarnya rumus perhitungan kebutuhan granit 80×80 hampir sama seperti halnya perhitungan kebutuhan keramik lantai 60×60. Agar lebih jelasnya, sebaiknya simak baik-baik pembahasannya berikut ini.

Jumlah kebutuhan keramik : (A ÷ B) + (N x (A ÷ B))

Keterangan :

  • A : Luas ruangan (cm2)
  • B : Luas keramik (cm2)
  • N : 3% untuk horizontal dan 7% untuk diagonal

Cara Menghitung Kebutuhan Granit 80×80

Setelah mengetahui rumus perhitungan kebutuhan granit lantai ukuran 80×80, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitungnya. Seperti sudah dibahas sebelumnya, sebenarnya cara menghitung kebutuhan granit 80×80 hampir sama seperti saat menghitung keramik 40×40.

Dimana nantinya kalian harus mencari tahu luas bidang pekerjaan lantai yang akan dipasangi granit berukuran 80×80 terlebih dahulu. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penjelasan mengenai cara menghitung kebutuhan granit lantai ukuran 80×80 berikut ini, entah itu dari segi material maupun biaya pembeliannya.

Luas Pekerjaan

Pertama-tama yaitu cari tahu luas atau volume bidang pekerjaan lantai yang akan dipasangi granit ukuran 80×80 terlebih dahulu. Misalkan kalian akan memasang granit 80×80 pada ruang tamu berukuran panjang 5 meter serta lebar 4 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 meter = 500 cm.
  • Lebar ruangan : 4 meter = 400 meter.

Perhitungan :

  • Luas ruangan : Panjang x lebar.
  • Luas ruangan : 500 cm x 400 cm = 200.000 cm2.
  • Total luas granit : 80 cm x 80 cm = 6.400 cm2.

Kebutuhan Granit 80×80

Kemudian cara selanjutnya yaitu tinggal menghitung kebutuhan granit 80×80 pada ruang tamu berukuran 5 m x 4 m. Karena ruangan tersebut merupakan horizontal memanjang, maka kebutuhan granit nantinya harus ditambahkan sebesar 3%. Berikut ini adalah tata cara menghitung kebutuhan material granit 80×80.

  • Jumlah granit : (A ÷ B) + (3% x (A ÷ B)).
  • Jumlah granit : (200.000 cm2 ÷ 6.400 cm2) + (3% x (200.000 cm2 ÷ 6.400 cm2)).
  • Jumlah granit : 31.25 + 0.93 = 32.18 keping.

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan granit lantai 80×80 pada ruang tamu seluas 20 meter persegi yaitu sekitar 32.18 keping atau dibulatkan menjadi 34 keping. Jadi, apabila dihitung berdasarkan satuan dus, maka kalian kan membutuhkan granit 80×80 kurang lebih sekitar 17 dus (34 keping ÷ 2).

Biaya Pembelian Granit 80×80

Setelah mengetahui total kebutuhan granit 80×80, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung besaran anggaran biaya pembeliannya. Sebagai contoh harga granit lantai ukuran 80×80 di pasaran Indonesia saat ini adalah Rp 350.000, maka siapkan anggaran dana sebesar Rp 5.950.000 (17 dus x Rp 350.000).

Apabila kalian ingin lebih menghemat anggaran biaya dalam pembangunan rumah, saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja dengan sistem borongan. Hal ini dikarenakan besaran harga borongan tenaga bangunan dalam pemasangan granit lantai dinilai lebih murah ketimbang pekerja sistem harian.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung kebutuhan granit 80×80 mulai dari material hingga biaya pembeliannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli granit ukuran 80×80 di toko bangunan terdekat.

Sumber gambar : shopee.co.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.