Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Apa Itu Asphalt Sprayer ? Fungsi, Spesifikasi, Jenis & Cara Kerja

Apa Itu Asphalt Sprayer

Apa Itu Asphalt Sprayer – Salah satu aspek yang mempengaruhi keberhasilan di bidang pekerjaan jalan yaitu pembinaan jalan dan pengoperasian peralatan konstruksi yang sesuai dengan standar SOP kinerja konstruksi. Dengan dukungan alat pengoperasian yang bagus, maka dapat membantu mempercepat proses pembuatan konstruksi jalan.

Sebagaimana diketahui, aspal merupakan material utama yang digunakan dalam pembuatan jalan. Selain itu, terdapat juga beberapa jenis material lainnya yang mempunyai peranan penting dalam proses pekerjaan tersebut, mulai dari batu, pasir hingga beberapa jenis alat berat seperti dozer, excavato sampai asphalt sprayer.

Di permulaan paling atas biasanya akan disemprot menggunakan aspal cair. Nantinya aspal cair tersebut berguna sebagai lapisan pengikat atau prime coat sehingga dapat dilalui oleh kendaraan-kendaraan dengan beban yang begitu berat. Nah untuk menyebarkan aspal cair itu sendiri harus menggunakan alat berat bernama asphalt sprayer.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi mereka yang awam di dalam dunia konstruksi bangunan belum mengerti apa fungsi hingga bagaimana cara kerja alat berat tersebut. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu asphalt sprayer dilengkapi dengan fungsi, spesifikasi, jenis hingga cara kerjanya.

Apa Itu Asphalt Sprayer ?

Pengertian Asphalt Sprayer

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, biasanya aspal akan ditempatkan di permukaan paling atas sebagai bahan penguat jalan karena sifatnya mengikat material-material di bawahnya sehingga jalan lebih tahan lama. Dimana di permukaan paling atas pada sebuah konstruksi jalan tersebut biasanya akan disemprot dengan aspal cair.

Nah, aspal cair tersebut nantinya berperan sebagai lapisan pengikat atau prime coat sehingga konstruksi jalan bisa dilalui oleh kendaraan-kendaraan dengan beban yang begitu berat. Untuk menyebarkan aspal cair tersebut, tentunya dibutuhkan sebuah alat berat bernama asphalt sprayer.

Jadi, pada intinya aspal sprayer ialah sebuah alat berat berupa sprayer aspal cair yang seringkali digunakan di dalam pekerjaan pembuatan konstruksi jalan. Adapun alat atau mesin tersebut pastinya mempunyai spesifikasi serta kapasitas tertentu yang harus terpenuhi sehingga mampu membantu mempercepat proses pengerjaan konstruksi jalan.

Fungsi Asphalt Sprayer

Setelah mengetahui sekilas pengertian mengenai apa itu asphalt sprayer, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja fungsi ataupun kegunaannya. Secara garis besarnya, aspal sprayer berfungsi untuk menyemprotkan aspal cair di permukaan sebuah konstruksi jalan yang sedang dibangun.

Alat tersebut sangat dibutuhkan karena aspal cair inilah nantinya yang akan mengikat material di bawahnya sehingga jalan menjadi lebih kuat untuk dilalui oleh beban berat. Dengan kata lain, kecepatan properti semprotan aspal dari alat tersebut sangat membantu manusia dalam mempercepat proses pembuatan jalan, termasuk pengerjaan cor jalan.

Spesifikasi Apshalt Sprayer

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, sebuah alat atau mesin asphalt sprayer harus memenuhi beberapa spesifikasi maupun kualifikasi khusus, seperti tentang kapasitas tangki, sistem pemanasan, kecepatan pompa semprot dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, berikut kami jelaskan secara lengkap mengenai spesifikasi alat aspal sprayer.

  • Tangki aspal : 1.000 – 1.400 liter (Material Mild Steel Plate).
  • Material tangki : Terbuat dari material plate.
  • Kecepatan semprotan aspal : Menyenprotkan aspal cair menyampai 5 liter per menit.
  • Mesin penggerak : Diesel Engine.
  • Kopling : Tipe MA GA-12.
  • Mesin generator : 2.000 watt atau setara dengan 220 volt.
  • Ukuran alat : Panjang 4.270 mm, lebar 1.920 mm serta tinggi 2.750 mm.
  • Ukuran roda : 14 hingga 13.
  • Tangki pencucian (Solar/Kerosene).
  • Sistem Operasi Manual/Hand Operation.
  • Engine diesel.
  • Pompa aspal.
  • Burner.
  • Tangki solar.

Jenis Asphalt Sprayer

Selain harus mengetahui apa itu asphalt sprayer beserta apa saja fungsi dan kegunaannya, kalian juga pastinya harus mengerti apa saja jenis-jenisnya. Perlu diketahui, kebutuhan akan aspal sprayer tentunya semakin tinggi seiring dengan meningkatnya konstruksi pembangunan jalan di seluruh wilayah Indonesia.

Tidak hanya untuk memenuhi lalu lintas di jalan besar saja, namun alat tersebut juga seringkali dimanfaatkan pada pekerjaan pengaspalan di jalan-jalan kecil seperti pada pedesaan. Karena adanya perbedaan lebar jalan tersebut, maka aspal sprayer juga mempunyai beberapa jenis sesuai dengan kebutuhannya.

Di indonesia sendiri, saat ini terdapat tiga jenis asphalt sprayer yang beredar di pabrik, yaitu sprayer kapasitas 700 liter (kecil), 1.000 liter (sedang) hingga 1.200 liter (besar). Meskipun demikian, terdapat juga cukup banyak pabrik yang menerima pembelian aspal sprayer tergantung permintaan dari pembeli, entah itu dengan kapasitas lebih kecil ataupun lebih besar.

Desain & Fabrikasi Asphalt Sprayer

Memang benar bahwa desain asphalt sprayer memang selalu umum dengan badan besar untuk menampung aspal di dalamnya agar tetap terjaga kekentalannya. Oleh karena itu, sejumlah pabrik aspal sprayer pasti akan mengunggulkan mengenai fabrikasinya.

Dimana semakin detail aspal sprayer yang dibuat, mulai dari body hingga wheels hingga detail pada wheels pasti akan membuat alat tersebut semakin terjamin kualitasnya. Jadi, semakin akan seorang fitter dan wilder, maka sudah pati akan memikirkan detail-detail kecil dalam merancang serta membuat aspal sprayer sehingga sangat aman untuk digunakan.

Cara Kerja Asphalt Sprayer

Cara Kerja Asphalt Sprayer

Dari penjelasan mengenai apa itu asphalt sprayer dapat disimpulkan bahwa mesin tersebut merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyemprotkan aspal cair panas ke permukaan pada pekerjaan finishing jalan, lengkap dengan kecepatan yang sama. Biasanya aspal sprayer merupakan alat titipan yang wajib dimiliki oleh kontraktor jalan.

Dimana alat tersebut dilengkapi dengan burner untuk memasak aspal sehingga bisa atur sesuai dengan spesifikasi serta kebutuhan konstruksi pembuatan jalan. Selain itu, asphalt sprayer juga dilengkapi dengan asphalt pump tahan panas untuk menyemprotkan aspal cair panas ke permukaan jalan.

Tangki mesin ini juga sudah dilengkapi dengan pipa pemanas sehingga bisa bekerja lebih maksimal serta dengan penambahan operasi yang cukup lama. Adapun beberapa bagian semprotan yaitu terdiri dari multi nozle sehingga penyemprotan aspal cair panas bisa lebih optimal.

Harga Asphalt Sprayer

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu asphalt sprayer, fungsi, spesifikasi, jenis hingga sistem kerjanya. Nah, apabila kalian termasuk ke dalam kontraktor atau pemborong konstruksi jalan dan ingin membeli mesin tersebut, maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kisaran harganya di pasaran Indonesia.

Untuk saat ini, besaran harga aspal sprayer berada di kisaran Rp 100.000.000-an, tergantung pada kapasitas tangki, kecepatan mesin semprot dan lain sebagainya. Namun, pastikan kalian mencari perusahaan penyedia alat tersebut yang sudah terpercaya sehingga akan terjamin kualitasnya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar apa itu asphalt sprayer mulai dari pengertian, fungsi, spesifikasi, desain dan fabrikasi, jenis, cara kerja hingga kisaran harganya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli asphalt sprayer.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *