Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

30 Cleaning Equipment Semua Jenis : Manual & Mekanik

Cleaning Equipment

Cleaning Equipment – Perlunya memperhatikan efektivitas dan efisiensi tenaga serta biaya dalam bekerja, semuanya tidak terlepas dari peralatan yang digunakan. Karena mahalnya peralatan manual ataupun mesin, sehingga sudah menjadi kewajiban seseorang untuk menjaga dan peduli dalam menggunakan serta merawatnya.

Akan tetapi, sebelum melakukan pembersihan area umum, seorang public area attendant atau sering disebut juga dengan houseman terlebih dahulu harus menguasai jenis-jenis peralatan pembersih (cleaning equipment). Salah satu tujuannya yaitu supaya mereka tidak mendapat kesulitan saat melakukan pekerjaannya.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana belum mengetahui apa itu peralatan pembersihan, fungsi hingga jenis-jenisnya. Secara garis besarnya, apabila dilihat dari fungsinya maka peralatan pembersihan dibagi menjadi dua jenis, yaitu manual serta mekanik (tenaga mesin).

Oleh sebab itu, apabila kalian merupakan pekerja di dalam dunia pelayanan kebersihan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sekilas pengertian hingga jenis-jenisnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu cleaning equipment mulai dari pengertian, fungsi, klasifikasi hingga jenis-jenisnya.

Apa Itu Cleaning Equipment?

Apa Itu Cleaning Equipment

Sebelum pembahasan mengenai jenis-jenis peralatan pembersih atau cleaning equipment lebih lanjut, sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana cleaning equipment sendiri merupakan semua alat pembersih yang digunakan untuk membantu proses pembersihan suatu objek.

perkakas

Salah satu fungsi ataupun tujuan perlengkapan peralatan pembersih tersebut yaitu supaya suatu pekerjaan nantinya bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun orang ataupun lembaga yang bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan, keindahan keseluruhan area ruangan yaitu housekeeping.

Klasifikasi Cleaning Equipment

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dalam melakukan pembersihan suatu ruangan, tentunya dibutuhkan adanya peralatan pembersih atau cleaning equipment. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya penggunaan peralatan pembersih ini nantinya akan membuat suatu pekerjaan menjadi lebih efektif serta efisien.

Berbicara mengenai peralatan pembersih, sebenarnya komponen tersebut dapat dikategorikan ataupun diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Apabila dilihat dari sumber tenaganya, peralatan pembersih dibedakan menjadi 2 jenis, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Peralatan Pembersih Manual
    • Merupakan alat pembersih yang penggunaannya dioperasikan secara manual.
  • Peralatan Pembersih Tenaga Mesin
    • Merupakan alat pembersih yang memanfaatkan tenaga listrik atau tenaga mesin dalam pengoperasiannya.

Sementara jika dilihat dari penggunaannya, cleaning equipment terbagi menjadi beberapa kelompok. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik penjelasan masing-masing kelompok peralatan pembersihan di bawah ini.

  • Kelompok Broom and Brush
    • Merupakan peralatan pembersih untuk membersihkan kotoran lepas ataupun melekat dari berbagai macam permukaan seperti lantai, tembok, upholstery dan lain sebagainya.
  • Kelompok Container
    • Membawa atau menampung alat-alat lain dan bahan pembersih serta bisa digunakan untuk membawa air, mencuci dan masih banyak lainnya.
  • Kelompok Linen
    • Peralatan pembersih terbuat dari kain atau lena untuk operasional sehari-hari oleh petugas housekeeping.
  • Kelompok Mechanical (Machinal)
    • Cleaning equipment digerakkan dengan mekanik menggunakan sumber tenaga listrik.
  • Kelompok Protective and Supporting
    • Pengaman dan penunjang kegiatan pembersihan sehingga memungkinkan suatu pekerjaan pembersihan terlaksana dengan baik serta aman.
  • Kelompok Lainnya
    • Peralatan pembersih yang tidak termasuk ke dalam pengelompokan peralatan sebelumnya.

Jenis Cleaning Equipment Manual

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga klasifikasi cleaning equipment, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja contoh ataupun jenis-jenis peralatannya. Adapun beberapa jenis peralatan pembersih tergolong ke dalam klasifikasi manual diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Cary Caddy

Cleaning Equipment Cary Caddy

Cary caddy merupakan sebuah kotak perlengkapan pembersih yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan dan bahan-bahan pembersih guna keperluan room atau public area attendant dengan sifat kecil.

2. Container Bin

Cleaning Equipment Container Bin

Kemudian jenis cleaning equipment selanjutnya yaitu ada container bin yang berguna menampung sampah sementara sebelum dibawa ke tempat pembuangan atau diangkut mobil pengangkut sampah.

3. Interior Cloth / Cleaning Cloth

Cleaning Cloth

Interior cloth atau cleaning cloth merupakan sejenis kain untuk mengelap serta mengeringkan furnitur, keramik, porselin dan benda-benda lainnya yang perlu di dusting.

4. Jumbo – Pad / Scruber Pad

Cleaning Equipment Scruber Pad

Daftar jenis cleaning equipment selanjutnya yaitu ada jumpo – pad atau scruber pad seperti sponge dengan permukaan kasar dan berguna membersihkan dinding kamar mandi yang bisa dijangkau dengan tangan.

5. Pad Scourer

Cleaning Equipment Pad Scourer

Hampir sama seperti poin sebelumnya, namun pad scrourer terdiri dari dua bagian pada pegangan bertekstur halus dan sebaliknya lapisan kasar dengan fungsi membersihkan kamar mandi serta wastafel.

6. Pad – Boy – Red

Cleaning Equipment Pad Boy Red

Pad – boy – red ialah sebuah alat seperti sponge cukup kasar yang disambung dengan stick dan digunakan dalam membersihkan dinding kamar mandi yang tidak bisa dijangkau dengan tangan.

7. Telescop Stick

Cleaning Equipment Telescop Stick

Telescop stick dapat diartikan seperti sejenis stick dengan fungsi menyambung alat pembersih pada obyek pembersihan yang tinggi atau tidak terjangkau dengan tangan.

8. Window Washer

Cleaning Equipment Window Washer

Sesuai namanya, window washer menjadi salah alat untuk membersihkan atau mencuci kaca dan jendela. Biasanya alat ini juga bisa disambung dengan tangkai ataupun tongkat sehingga lebih membantu pada pekerjaan sulit.

9. Glass Wiper

Cleaning Equipment Glass Wiper

Selanjutnya ada glass wiper sebagai satu jenis cleaning equipment yang dipakai dalam membersihkan permukaan kaca dari air, debu ataupun kotoran lain yang menempel.

10. Bottle Sprayer

Cleaning Equipment Bottle Sprayer

Bottle sprayer menjadi peralatan pembersih untuk menyemprotkan cairan atau bahan pembersih pada suatu objek.

11. Hand Brush

Cleaning Equipment Hand Brush

Fungsi hand brush yaitu sebuah alat untuk menggosok kotoran serta noda-noda pada lantai serta tembok.

12. Ceiling Broom

Cleaning Equipment Ceiling Broom

Terdapat juga alat berupa ceiling broom digunakan dalam membersihkan debu serta sarang laba-laba di langit-langit atau permukaan tinggi.

13. Brush & Long Stick

Brush Long Stick

Brush & long stick seringkali digunakan untuk menghilangkan kotoran melekat pada lantai kering maupun basah serta bisa digunakan juga untuk menyapu lantai menggunakan tangkai panjang.

14. Pail

Pail

Pail merupakan sejenis ember penampung air dan larutan bahan pembersih.

15. Toilet Bowl Brush

Toilet Bowl Brush

Toiler bowl brush menjadi sebuah alat sejenis sikat untuk membersihkan bagian dalam toilet.

16. Public Area Trolley

Public Area Trolley

Jenis cleaning equipment selanjutnya yaitu kereta atau troli dengan fungsi menyimpan atau mengangkut perlengkapan public area guna memudahkan pekerjaan bagi public area attendant sehari-hari.

17. Lobby Duster

Lobby Duster

Lobby duster menjadi alat untuk menjebak debu di lantai atau area luas seperti lobby, supermarket dan lain sebagainya.

18. Floor Squeeze

Floor Squeeze

Sesuai namanya, floor squezee menjadi alat untuk mengeringkan atau menarik permukaan lantai tergenang air.

19. Dust Pan & Broom

Dust Pan Broom

Dust pan & broom dikenal sebagai sebuah alat untuk mengangkat ataupun mengumpulkan debu dan sampah. Selain itu, peralatan ini juga juga sering digunakan untuk membersihkan lantai dari sampah atau kotoran basah maupun kering yang sifatnya lepas (tidak menempel pada permukaan lantai).

20. Hand Glove

Hand Glove

Termasuk ke dalam klasifikasi cleaning equipment protective, hand glove dapat diartikan sebagai sebuah perlengkapan untuk melindungi tangan dari bahaya bahan kimia.

21. Wet Floor Caution

Wet Floor Caution

Jenis peralatan pembersih manual terakhir yaitu ada wet floor caution sebagai alat untuk memberi tanda peringatan supaya tamu atau siapapun yang lewat berhati-hati.

Jenis Cleaning Equipment Tenaga Mesin

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa jenis cleaning equipment manual beserta fungsi ataupun kegunaannya masing-masing. Nah, di bawah ini juga akan kami jelaskan secara lengkap beberapa jenis peralatan pembersih yang menggunakan tenaga listrik ataupun mesin.

1. Blower

Blower

Jenis cleaning equipment pertama yaitu blower yang digunakan untuk mengeringkan karpet pada saat disampo. Selain itu, alat ini juga sebenarnya bisa digunakan untuk menyapu.

2. Carpet Extraction Machine

Carpet Extraction Machine

Kemudian carpet extraction machine menjadi jenis peralatan untuk memeras atau menghisap air yang masih tertinggal di karpet.

3. Floor Machine

Floor Machine

Terdapat juga floor machine di dalam cleaning equipment tenaga mesin. Dimana alat ini digunakan untuk menyikat permukaan lantai. Selain itu, floor machine juga dapat berfungsi sebagai brushing machine, buffing machine, scrubing machine ataupun sebagai polishing machine.

4. Dry Vacuum Cleaner

Dry Vacuum Cleaner

Jenis peralatan pembersih selanjutnya yaitu dry vacum cleaner seperti alat penghisap debu melekat di permukaan lantai, karpet, mebel, sofa, dinding dan lain sebagainya.

5. Dry Foam Extraction

Dry Foam Extraction

Jenis cleaning equipment selanjutnya yaitu dry foam extraction untuk mencuci karper dengan sistem busa, tanpa dibilas lagi serta sisa busa kotor nantinya akan dihisap oleh mesin kembali.

6. Polishing Machine

Polishing Machine

Polishing machine menjadi jenis peralatan pembersih untuk menyikat ataupun mengkilapkan lantai, entah itu terbuat dari kayu, marmer maupun bahan lainnya.

7. Carpet Master

Carpet Master

Carpet master atau dalam bahas Indonesia ialah mesin penghalus karpet digunakan untuk menyisir bulu karpet tebal atau panjang.

8. Steam Machine / Stemer

Steam Machine

Steam machine merupakan sebuah mesin untuk membersihkan kotoran pada lantai dinding, ataupun sudut ruangan.

9. High Voltage Machine

High Voltage Machine

Jenis cleaning equipment tenaga mesin terakhir yaitu high voltage machine untuk mebersihkan lantai di sekitar kolam renang.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar apa itu cleaning equipment mulai dari pengertian, fungsi, klasifikasi, jenis, contoh hingga kegunaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak masuk ke dalam dunia housekeeping ataupun public area attendant.

Sumber gambar : shopee.co.id, tekopedia.com, bukalapak.com, amazon.in, blibli.com, id.aliexpress.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.