Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Lem Bata Ringan yang Bagus

Lem Bata Ringan yang Bagus

Lem Bata Ringan yang Bagus – Sebagaimana diketahui, saat ini bata ringan atau hebel menjadi salah satu material yang kerap digunakan sebagai pengganti fungsi bata merah. Salah satu alasan mengapa material tersebut lebih dipilih dibandingkan bata merah yaitu karena ukurannya lebih besar sehingga mempercepat proses pemasangannya.

Layaknya material pembuat dinding lainnya, apabila kalian ingin memasang bata hebel dalam konstruksi rumah, maka dibutuhkan adanya lem atau perekat yang bagus. Biasanya perekat bata ringan tersebut terbuat dari berbagai macam campuran bahan dasar, mulai dari semen, pasir serta air.

Lem bata hebel yang bagus sendiri saat ini tidak sulit untuk didapatkan karena telah dijual bebas di toko material ataupun situs jual beli online. Selain itu, harga perekat bata hebel sendiri juga bervariasi, dan biasanya berada di kisaran puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah saja.

Oleh sebab itu, jika kalian ingin membangun rumah menggunakan bata hebel, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa merek lem atau perekatnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa rekomendasi lem bata ringan yang bagus beserta harganya.

Apa Itu Lem Bata Ringan?

Apa Itu Lem Bata Ringan

Sebelum membahas daftar rekomendasi lem bata ringan yang bagus lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Di dalam dunia konstruksi bangunan, lem atau perekat sering juga disebut dengan nama mortar.

Dimana material tersebut merupakan campuran bahan pengikat semen (semen dan kapur), bahan pengisi (pasir) serta air. Tentunya kegunaan lem yaitu sebagai bahan pengikat atau perekat antara bata satu dengan bata yang lainnya.

Selain itu, perekat juga berguna untuk menutupi atau menghilangkan permukaan bata yang tidak rata serta sebagai penyalur beban sebuah struktur bangunan. Oleh sebab itu, pemilihan bahan perekat bata ringan tidak boleh dilakukan asal-asalan mengingat material tersebut memiliki fungsi cukup penting.

Lem Bata Ringan yang Bagus

Seperti dijelaskan di atas, di pasaran Indonesia sendiri lem bata hebel sudah tersedia dalam berbagai macam merek, entah itu di toko bangunan ataupun situs jual beli online. Tentunya setiap merek perekat bata ringan tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing.

Selain itu, harga masing-masing lem bata hebel juga cukup bervariasi, tergantung pada merek serta kualitasnya. Daripada penasaran, berikut adalah daftar rekomendasi lem bata ringan yang bagus untuk konstruksi dinding hunian.

1. GE Mortar

Lem Bata Ringan GE Mortar

Selain sebagai perekat bata ringan, GE Mortar atau Grand Elephant juga dapat digunakan sebagai lem panel lantai dan panel dinding. Salah satu keunggulan produk ini yaitu memiliki sifat efisien sehingga lebih mudah dan cepat dalam proses pengaplikasiannya.

Harga : Rp 95.000

2. Mortar Uzin

Lem Bata Ringan Mortar Uzin

Rekomendasi lem bata ringan yang bagus selanjutnya yaitu Mortar Uzin. Produk tersebut terbagi menjadi beberapa tipe, ada yang dijual dengan kemasan 40 kg, ada juga yang 50 kg. Bahan perekat bata hebel tersebut diproduksi dari campuran semen, pasir, filler serta zat additive khusus.

Harga : Rp 86.000

3. ECO Mortar

ECO Mortar

ECO Mortar diproduksi menggunakan bahan baku bagus entah itu lokal dan impor yang diolah dengan teknologi canggih serta modern. Selain itu, bahan perekat bata ringan ini juga mengklaim bahwa proses pengaplikasiannya jauh lebih bagus dan cepat dibandingkan jenis lainnya sehingga mampu menghemat waktu pemasangan bata ringan.

Harga : Rp 68.000

4. Powerbond

Powerbond

Powerbond terbuat dari bahan campuran berupa semen, pasir dan aditif lain yang diproduksi menggunakan teknologi m-tec Jerman. Proses pengaplikasiannya juga sangat mudah, cukup tambahkan air lalu hasil akhir akan lebih rapi, bagus dan ekonomis sehingga menghemat biaya material dan ongkos tukang.

Harga : Rp 85.000

5. Drymix

Drymix

Drymix terbuat dari komposisi yang terukur menggunakan mesin berteknologi modern sehingga menghasilkan material lem bata ringan yang bagus serta konsisten secara mutu ataupun kualitas. Umumnya Drymix dijual di pasaran dengan kemasan 40 kg per satu zaknya.

Harga : Rp 75.000

6. Mortar Utama

Mortar Utama

Hampir semua orang yang bekerja di dunia konstruksi bangunan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Mortar Utama atau MU. Selain dapat digunakan sebagai perekat bata ringan, tentunya MU juga bisa dimanfaatkan sebagai perekat pekerjaan pemasangan bata merah ataupun plester dinding.

Harga : Rp 98.000

7. Mortar SK

Mortar SK

Salah satu keunggulan dari Mortar SK sebagai lem bata ringan yang bagus yaitu tahan terhadap api. Selain itu, dengan sifat daya lengket yang tinggi membuat produk ini sangat direkomendasikan sebagai bahan material perekat bata hebel. Umumnya produk tersebut dijual dengan kemasan 40 kg per zak.

Harga : Rp 75.000

8. Mortar Citicon

Mortar Citicon

Semen Mortar Citicon sudah mengantongi sertifikat standarisasi ISO sebagai perekat bata ringan bagus serta terbaik sehingga standar dan mutu sudah pasti terjamin. Selain sudah tersedia di toko bangunan, lem bata hebel tersebut juga sudah tersedia di situs jual beli online dengan kemasan 40 kg per zak.

Harga : Rp 75.000

9. Sky Mortar

Sky Mortar

Semen Sky Mortar ialah perekat instan pada pemasangan semua jenis bata hebel, entah itu jenis AAC ataupun CLC. Keunggulan yang ditawarkan oleh semen perekat ini yaitu waktu pengerjaan menjadi lebih bagus dan cepat sehingga mampu menghemat biaya pembangunan sebuah hunian.

Harga : Rp 65.000

10. Aplus

Aplus

Aplus masuk ke dalam deretan rekomendasi lem bata ringan yang bagus selanjutnya. Tentunya Aplus merupakan bahan dasar semen yang sudah tercampur secara merata dalam keadaan kering. Proses penerapannya biasanya dilakukan secara manual menggunakan trowel.

Harga : Rp 70.000

11. Nobel Mortar

Nobel Mortar

Sesuai namanya, Nobel Mortar merupakan salah satu merek semen perekat hebel yang bagus dari CV. Nobel Bangun Perkasa. Nobel Mortar dibuat dari bahan dasar semen, pasir silika, filler dan aditif yang dicampur secara seragam atau homogen. Produk tersebut sudah bisa didapatkan dengan mudah karena telah tersedia di pasaran dengan kemasan 40 kg per zak.

Harga : Rp 85.000

Cara Menghitung Kebutuhan Lem Bata Ringan

Cara Menghitung Kebutuhan Lem Bata Ringan

Dalam membangun sebuah hunian, selain MENGHITUNG KEBUTUHAN HEBEL kalian juga harus menghitung berapa total kebutuhan bahan perekatnya. Perhitungan tersebut perlu dilakukan agar nantinya kalian bisa mempersiapkan besaran anggaran biaya untuk pembelian bahan materialnya.

Sebagai contoh kalian akan memasang bata ringan berukuran 10 cm x 20 cm x 60 cm pada dinding sepanjang 25 meter serta tinggi 4 meter, sementara kebutuhan airnya yaitu 1 liter per 5 kg semen. Secara perhitungan teknis di lapangan, satu meter persegi dinding akan menghabiskan 4 kg semen perekat. Berikut adalah rincian perhitungannya.

  • Luas total dinding : 25 m x 4 m = 100 m2.
  • Kebutuhan total lem : 100 m2 x 4 kg/m2 = 400 kg.
  • Kebutuhan total lem (zak) : 400 ÷ 40 = 10 zak (1 zak = 40 kg).
  • Kebutuhan air : 400 kg ÷ 5 kg = 80 liter.

Jadi untuk dinding seluas 100 meter persegi kurang lebih membutuhkan perekat bata ringan 10 zak serta air sebanyak 80 liter sebagai campurannya. Ketika hendak memasangnya, saran kami sebaiknya gunakan pekerja sistem borongan. Pasalnya, HARGA BORONGAN PASANG HEBEL PER METER dinilai lebih murah dan bagus dibandingkan pekerja sistem harian.

Tips Memilih Lem Bata Ringan

Tips Memilih Lem Bata Ringan

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa rekomendasi lem bata ringan yang bagus beserta harganya. Berikut juga akan kami berikan tips memilih bata perekat bata ringan supaya kalian mendapatkan produk berkualitas.

  • Pilihlah material dengan memperhatikan kualitasnya.
  • Jangan tergiur dengan harga murah.
  • Beli produk yang sudah populer mereknya.
  • Pilih produk bergaransi.

Akhir Kata

Meskipun HARGA HEBEL lebih mahal dibandingkan bata merah, namun jika dilihat dari segi pemasangannya hebel jauh lebih efisien. Sebab, material bata ringan tersebut memiliki ukuran lebih besar sehingga kebutuhan bahan perekatnya juga tidak akan terlalu banyak.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar rekomendasi lem bata ringan yang bagus beserta harga terbarunya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan acuan ketika hendak membeli bahan perekat terbaik untuk material bata ringan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Gunting Baja Ringan Terbaik

Jihan
4 min read

Alat Ukur Laser Terbaik

Jihan
3 min read

Gergaji Mesin Portable Terbaik

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *