Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Seng Gelombang

Ukuran Seng Gelombang

Ukuran Seng Gelombang – Seng dengan bentuk bergelombang merupakan salah satu material atap yang kerap digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya produk ini memiliki kualitas dan kekuatan yang tergolong tinggi.

Saat ini material tersebut tersedia dengan berbagai macam jenis, ada yang terbuat dari besi, plastik sampai dengan galvalum. Selain itu, warna dari seng gelombang ini juga cukup bervariatif sehingga pembeli dapat memilih sesuai dengan selera dan keinginan mereka.

Material seng gelombang ini juga bisa kalian dapatkan di pasaran dengan harga yang tergolong murah. Namun, tentunya besaran harga tersebut juga dapat dipengaruhi oleh ukuran, warna serta jenis seng gelombang apa yang kalian pilih.

Oleh sebab itu, sebelum membelinya penting untuk kalian ketahui mengenai seluk beluk dari material tersebut. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai pengertian, karakteristik, fungsi, kelebihan dan kekurangan sampai dengan ukuran seng gelombang.

Ukuran Seng Gelombang Lengkap dengan Karakteristik & Fungsinya

Perlu kalian ketahui, seng gelombang ini terbuat dari lembaran baja tipis yang sudah dilapisi oleh zinc. Material ini juga dibuat melalui proses peleburan dan pencetakkan atau yang juga biasa disebut dengan elektrolisa.

Sehingga dengan proses tersebut produk yang dihasilkan akan memiliki ukuran yang seragam dengan tingkat presisi yang tinggi. Selain itu, dengan adanya lapisan zinc pada seng gelombang juga membuat material ini awet dan tahan lama.

Karakteristik Seng Gelombang

Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan tipe seng yang didesain berbentuk bergelombang dengan pola yang sama. Desain yang bergelombang tersebut dibuat untuk kemudahan pada saat proses pemasangan dan kekuatan struktur seng yang lebih maksimal.

Selain itu, produk ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan material atap lainnya. Mengingat sifat seng yang semi penghantar panas, bentuk bergelombang tersebut juga berguna untuk memantulkan energi panas yang berlebih dari sinar matahari.

Ukuran Seng Gelombang

Ukuran Seng Gelombang SNI

Di pasaran sendiri, seng gelombang ini tersedia dengan berbagai macam jenis dan ukuran. Nah, berikut ini adalah beberapa ukuran seng gelombang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunan gedung atau rumah kalian.

Ukuran SengUkuran Feet (Kaki)
0.2 mm x 80 cm x 180 cm6 Feet
0.25 mm x 80 cm x 180 cm6 Feet
0.25 mm x 80 cm x 210 cm7 Feet
0.25 mm x 80 cm x 240 cm8 Feet
0.25 mm x 80 cm x 300 cm10 Feet
0.30 mm x 80 cm x 210 cm7 Feet
0.30 mm x 80 cm x 240 cm8 Feet
0.30 mm x 80 cm x 300 cm10 Feet

Kegunaan Seng Gelombang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi utama dari seng gelombang yaitu sebagai material untuk atap bangunan, entah itu rumah ataupun gedung. Seng gelombang juga kerap digunakan sebagai atap untuk garasi atau tempat parkir kendaraan yang ditopang dengan material BAJA RINGAN atau besi hollow. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan material ini untuk membuat kandang hewan ternak.

Kelebihan dan Kekurangan Seng Gelombang

Kelebihan dan Kekurangan Seng Gelombang

Setelah kalian mengetahui karakteristik, kegunaan dan ukuran seng gelombang, kalian juga harus mengerti beberapa kelebihan dan kekurangan dari material tersebut. Di bawah ini akan kami berikan sejumlah keunggulan seng gelombang yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya.

1. Kelebihan

  • Harganya tergolong lebih murah dibandingkan dengan material atap sejenisnya.
  • Memiliki tingkat kekuatan yang cukup baik.
  • Mudah untuk didapatkan di toko-toko material atau bangunan.
  • Proses pemasangan seng gelombang mudah dan cepat.
  • Dapat digunakan di seluruh daerah, baik di daerah cuaca panas ataupun hujan.
  • Dapat dilapisi cat dengan mudah.
  • Sudah tersedia dengan berbagai macam warna serta ukuran.
  • Tidak terlalu memerlukan perawatan dalam jangka panjang.
  • Memiliki bobot yang sangat ringan sehingga tidak membebani struktur bangunan di bawahnya.

2. Kekurangan

Meskipun memiliki cukup banyak keunggulan, tidak memungkiri jika material ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut yaitu ketika lapisan zinc pada lembaran seng gelombang terkelupas, maka material tersebut dapat terserang karat dengan mudah. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan kerusakan kepada seng gelombang.

Harga Seng Gelombang

Harga Seng Gelombang

Untuk harga seng gelombang ini juga cukup bervariasi, tergantung dengan jenis serta ukuran yang kalian pilih. Biasanya material ini di pasaran dijual per lembar dengan kisaran harga mulai dari Rp 45.000 sampai dengan Rp 120.000.

Tentunya harga yang tergolong murah tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh seng gelombang. Terlebih lagi proses pemasangannya juga juga dapat dikatakan mudah sehingga dapat dilakukan dengan cepat.

Akhir Kata

Ketika hendak membeli material seng gelombang untuk konstruksi atap rumah, sebaiknya tentukan ukuran materialnya terlebih dahulu. Setelah itu, kalian hanya tinggal menghitung berapa lembar seng gelombang yang dibutuhkan untuk konstruksi tersebut.

Itulah sekiranya yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai ukuran seng gelombang lengkap dengan karakteristik, fungsi, kelebihan dan kekurangan serta kisaran harganya. Perlu diingat, ukuran-ukuran di atas merupakan ukuran rata-rata yang tersedia di pasaran.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Apa Itu Batako

Jihan
2 min read

Pengertian Bouwplank

Jihan
3 min read

Besi Hollow

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *